Menari 24 Jam, 1.090 Pelajar Sulsel Pecahkan rekor MURI

Admin
Admin,
Sabtu, 05/11/2016 18:10 WIB


Menari 24 Jam, 1.090 Pelajar Sulsel Pecahkan rekor MURI
Om Kumis - Sebanyak 1.090 pelajar Sulawesi Selatan memecahkan rekor Museum Umum Rekor Indonesia untuk kategori menari selama 24 jam penuh jeda. Mereka menarik dalam acara Festival Pelajar Sulsel 2016 di Makassar.

Kredit Foto : AntaraNews.com

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan, tarian 24 jam tanpa jeda itu dibawakan oleh para pelajar Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan (SMA/SMK). Mereka menari berbagai macam tarian adat dari seluruh Indonesia.
Tidak terkecuali tarian empat adat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang sudah dikenal luas yakni tarian adat Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar.
"Tarian ini dimulai Sabtu 15 Oktober pagi dan berakhir Minggu (16/10). Tarian ini sempat menyita perhatian ribuan warga Sulsel yang berdatangan ke Pantai Losari," kata Irman di Makassar seperti diberitakan Antara, Minggu (16/10).

Selain menari selama 24 jam, rekor MURI yang dipecahkan dalam festival ini adalah pembuatan kue tertinggi yakni 19 meter dan merakit laptop oleh pelajar SMK yang diikuti oleh 1.003 orang siswa.
Dalam festival ini juga, Dinas Pendidikan Sulsel juga menggelar 31 kompetisi dan tujuh pementasan untuk melatih para siswa menjadi terbiasa dengan kompetisi atau persaingan.
"Ini merupakan salah satu yang terbesar yang pernah ada di Indonesia. Dan ajang ini selain sebagai ajang silaturrahmi juga sebagai bentuk upaya meningkatkan semangat kita dalam membangun prestasi yang lebih baik di dunia pendidikan," ujar Irman.

Kredit Foto : AntaraNews.com

Festival Pendidikan ini dibuka Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dengan dihadiri sekitar 7.000 peserta yang terdiri dari guru dan murid SMA/SMK, SMP dan SD).
Dalam festival ini juga dipamerkan beberapa karya pelajar seperti robot pemungut sampah bernama Ewako, modifikasi bidang otomotif, serta kemampuan siswa SMK merakit dan membuat program komputer.