Forum Pemuda Internasional 2016 Digelar di Gianyar Bali

Admin
Admin,
Minggu, 06/11/2016 10:19 WIB


Forum Pemuda Internasional 2016 Digelar di Gianyar Bali
Om Kumis - Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid secara resmi membuka International Youth Forum (IYF) di Balai Banjar Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu, Gianyar, Bali, Minggu (9/10). Hilmar berharap melalui acara ini jalur kebudayaan bisa dipakai dalam menghadapi permasalahan dunia.
“Bali memiliki budaya yang sangat kaya. Kebudayaan tidak bisa dipisahkan dalam setiap elemen kehidupan. Nanti bisa dilihat anak 3-4 tahun menari, menganyam, dan lain sebagainya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Hilmar dalam keterangan tertulis seperti dilansir dari Kantor Berita Antara, Senin (10/10).

Kepada para peserta yang terdiri dari para pamuda, Hilmar mengatakan, banyak hal yang bisa didapatkan di Bali yang bisa menambah pengetahuan peserta.
Direktur Warisan Diplomasi Budaya Kemendikbud, Nadjamudin Ramly mengatakan, IYF merupakan wadah bagi para generasi muda untuk dapat lebih berperan aktif dalam perkembangan dunia dengan cara yang kreatif dan inovatif. “Bangun budaya dari Gianyar untuk alam semesta ini,” katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar, I Gusti Ngurah Wijanakepa mengatakan, acara ini menjadi kebanggaan bagi Gianyat. Ia mempersilakan para peserta untuk bisa mempelajari peninggalan budaya di Gianyar, terutama peninggalan Hindu-Buddha.

Kredit Foto :AntaraNews.com

IYF merupakan rangkaian dari kegiatan World Culture Forum 2016. Program ini menjadi wadah diskusi seluruh generasi muda dari berbagai belahan dunia. Setidaknya, terdapat 173 peserta yang berasal dari 39 negara yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

IYF akan terselenggara di empat desa adat di antaranya Desa Bedulu, Desa Tenganan, Desa Bongan, dan Desa Panglipuran, pada tanggal 9-14 Oktober 2016. Seluruh peserta dipastikan akan mendapatkan pengalaman baru terkait kebudayaan Bali dan ikut berkontribusi dalam berbagai diskusi untuk kehidupan dunia yang lebih baik.