Mobil Mewah Bekas Singapura Diselundupkan ke Batam

Admin
Admin,
Senin, 14/11/2016 09:33 WIB


Mobil Mewah Bekas Singapura Diselundupkan ke Batam
Om Kumis - Penyelundupan empat mobil mewah dari Singapura ke Batam digagalkan Tim Patroli Sea Rider Kapal Patroli Bisma 8001 Badan Pemeliharaan Keamanan Polri di Parairan Batam, Kepulauan Riau.

Mobil mewah itu rencananya akan didaratkan di wilayah Sagulung di sebuah pelabuan tak resmi.
Empat mobil mewah tersebut adalah Mini Cooper, Sedan Mercedes Benz,Honda Odyssey, dan Honda Civic.

Kredit Foto : Batampos.com

Menurut Kapolda Kepulauan Riau Brigadir Jenderal Sam Budigusdian mengatakan, awalnya ada informasi soal kapal yang membawa barang ilegal menuju Batam.
"Selanjutnya tim Sea Rider KP Bisma 8001 melakukan patroli dan melihat kapal dimaksud," kata Sam di Pelabuhan Batuampar, Batam, Minggu (18/9).

Kredit Foto : Batampos.com

Empat mobil selundupan itu dibawa menggunakan Kapal Motor Sea Master Three GT 32. Tim segera menghentikan kapal tersebut dan mengamankan nakhoda serta anak buah kapalnya. Nakhoda kapal tersebut berinisial ZN.
Saat diperiksa nakhoda tak bisa menunjukkan surat perintah pelayaran dan tidak ada dokumen atas mobil bekas dari Singapura yang dibawa tersebut. Selanjutnya kapal dibawa ke Pelabuhan Batuampar untuk pemeriksaan lebih lanjut.
“ZK mengaku untuk setiap unit mobil tersebut diberikan upah Rp5 juta," kata Sam.

Hingga saat ini belum diketahui pemilik dari mobil bekas tersebut.
Nakhoda kapal dijerat dengan Pasal 219 ayat 1 juncto Pasal 232 ayat 1 Undang-undang Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran dengan ancaman pidana paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp600 juta.

Ia juga dikenakan Pasal 102 huruf a Undang-undang nomor 17 tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang nomor 10 tahun 1995 tentang Kepabeanan dengan ancaman pencara maksimal 10 tahun dan denda Rp50 juta hingga Rp5 miliar.

"Kami masih terus terus mendalami kasus ini dengan mengejar pelaku lainnya," kata Sam.