CANTIK

Rambut Kamu Direbonding? Begini Cara Perawatannya Agar Tetap Lurus dan Nggak Gampang Rusak

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 11/07/2017 19:38 WIB


Rambut Kamu Direbonding? Begini Cara Perawatannya Agar Tetap Lurus dan Nggak Gampang Rusak
Om Kumis - Bagi perempuan, rambut adalah mahkota yang bisa menambah kecantikan dan membuat penampilan terlihat lebih menarik. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan rambut yang indah, salah satunya dengan rebonding. Ya, banyak perempuan yang ingin punya rambut lurus sehingga rebonding menjadi solusi jitu dan cepat untuk mewujudkan keinginan mereka itu.

Rebonding atau meluruskan rambut yang keriting atau gelombang secara permanen, saat ini sudah lazim dilakukan oleh banyak perempuan. Namun karena lurusnya rambut ini bukan terjadi secara alami, melainkan dengan bahan kimia, maka rambut kamu perlu mendapat perawatan ekstra supaya tetap lurus dan nggak cepat rusak.


Lalu bagaimana supaya rambut lurus hasil rebonding awet dan tahan lama alias tetap lurus dan nggak cepet rusak? Simak tips perawatan rambut hasil rebonding dari Omkumis di bawah ini.

1. Biarkan terurai dan hindari menguncir rambut terlalu kuat

Kredit Foto: poetreeinbloom.com

Setelah rebonding, sebaiknya biarkan rambut kamu terurai dan hindari untuk mengikatnya selama beberapa hari kedepan. Jika kamu menguncir atau mengikat tambut, usahakan jangan terlalu kuat atau kencang. Hal ini bisa meninggalkan bekas dan bikin  rambut jadi bergelombang ketika dilepas terurai. Bahkan mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat rambut kamu rontok. Selain itu, gunakan ikat rambut berbahan lembut.


2. Rajin melakukan hair mask

Kredit Foto: twitter.com

Rajin melakukan hair mask atau masker rambut adalah hal yang penting supaya rambut kamu tetap terjaga kelembabannya dan mencegah dari kekeringan. Efek dari rebonding yang mungkin timbul adalah rambut menjadi kering dan ujungnya mudah pecah. Selain membeli masker rambut yang bisa didapat dengan mudah di pasaran, kamu juga bisa melakukan hair mask sendiri dengan menggunakan bahan alami seperti lidah buaya


3 Gunakan vitamin rambut

Kredit Foto: pinterest.com

Jangan lupa untuk menggunakan vitamin rambut untuk menjaga rambut tetap lembab dan sehat. Saat ini berbagai macam produk vitamin rambut tersedia di pasaran dengan berbagai macam merk dan harga yang variatif serta bentuk yang beraneka ragam seperti kapsul, minyak, atau gel. Pilihlah yang cocok untuk rambut kamu.


4. Potong ujung rambut

Kredit Foto: twitter.com

Rutinlah untuk memotong alias memangkas ujung rambut kamu. Salah satu efek yang timbul sehabis rebonding adalah rambut
jadi kering dan bercabang serta gampang rusak di bagian ujungnya. Rambut bercabang yang dibiarkan saja dan tidak segera dipangkas bisa menjalar ke akar rambut. Jadi, rutinlah untuk memotong ujung rambut kamu supaya rambut kamu tetap sehat.


5. Sisiran

Kredit Foto: wombe.ru

Salah satu keungungan memiliki  rambut lurus adalah tidak terlalu ribet dengan urusan sisir menyisir, karena rambut lurus lebih mudah dirapikan bahkan dengan jari saja. Namun walaupun rambut kamu sudah lurus setelah direbonding, kamu harus tetap sering menyisir supaya tidak cepat kusut. Yang harus diperhatikan adalah, gunakan sisir bergigi lebar untuk mencegah sisir itu terjerat di rambut kamu yang kusut. Gunakan sisir kayu atau sikat lembut supaya rambut kamu tidak cepat rontok dan keriting lagi.

6. Keramas dengan shampoo yang lembut

Kredit Foto: oil-life.jp

jangan sembarang menggunakan shampoo, apalagi setelah kamu melakukan rebonding rambut. Pilihlah shampoo yang lembut dan sesuai dengan jenis rambut kamu. Setelah itu gunakan juga kondisioner yang lembut supaya rambut kamu tetap sehat dan tak gampang rusak.

Baca juga: