BASKET

Fenomenal! Ini Dia Evolusi Sepatu Air Jordan - Part 1

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 15/09/2017 12:14 WIB


Fenomenal! Ini Dia Evolusi Sepatu Air Jordan - Part 1
Om Kumis - Siapa tak kenal dengan nama Michael Jordan. Ya, pria yang sering disapa dengan MJ ini adalah mantan pebasket NBA dan bisa disebut sebagai pebasket paling terkenal di dunia. Pemain yang identik dengan nomor 23 ini adalah ikon Chicago Bulls, bahkan dialah ikon NBA. Michael Jordan bisa disebut sebagai pebasket terbaik yang pernah ada di dunia.

Chicago Bulls dibawanya meraih gelar juara NBA sebanyak enam kali. Dalam enam kali final yang dimenangkan Bulls, Michael Jordan selalu terpilih sebagai Pemain Terbaik. Pebasket berjuluk Air Jordan ini meraih gelar MVP Final NBA pada tahun 1991, 1992, 1993, 1996, 1997, dan 1998. Rekor enam kali MVP Final NBA pun bertahan hingga sekarang dan belum ada satupun pebasket yang menyamainya.

Selain terkenal dengan kehebatannya di lapangan basket dan juga prestasi yang ditorehkannya, Michael Jordan juga memiliki peninggalan yang legendaris yaitu sepatu "Air Jordan". Setiap penggemar basket atau pecinta sepatu tentu kenal dengan brand Air Jordan, sebuah brand sepatu bola basket hasil kerjasama antara Nike dan Michael Jordan. Sepatu ini dipruduksi Nike setelah mereka memberi kontrak eksklusif untuk MJ saat melakukan debutnya di NBA bersama Chicago Bulls.

Air Jordan menjadi pionir tren sepatu bola basket di dunia. Sejak pertama dikenakan oleh MJ, sepatu Air Jordan ini menuai kontroversi. Bagaimana tidak kontroversial, sepatu Air Jordan memiliki warna dominan merah dengan aksen hitam-putih, dimana hal itu melanggar regulasi yang ada di NBA bahwa pemain harus memakai sepatu berwarna putih. NBA mengancam akan menjatuhkan denda senilai 5000 dollar AS setiap MJ mengenakan sepatu itu dalam pertandingan NBA. Padahal harga Air Jordan hanya 65 dollar AS.

Nike pun tak menggubris ancaman NBA itu dan menantang bahwa mereka siap membayar denda itu. MJ tetap memakainya dalam setiap pertandingan bersama Chicago Bulls. Akibat kontroversi itu, sepatu Air Jordan justru laris diburu orang dan laku keras di pasaran. Air Jordan mencatatkan penjualan yang fenomenal. Nike menangguk untung besar, sedangkan nama Michael Jordan semakin meroket.

Sejak 1985 hingga saat ini Air Jordan sudah diproduksi sebanyak 23 seri. Berikut ini Omkumis akan menyajikan evolusi Air Jordan dari masa ke masa. Yuk, langsung simak di bawah ini.


#1  "The Notorious"



#2 "The Italian Stallion"



#3  "Jumpman"


#4  "The Shot"



#5


#6  "Promised Land"



#7 "The Dream Team"



#8  "Strap In"



#9  "The Perfect Harmony"



#10  "The Legacy Continues"



#11  "Space Jams"



#12   "The Dynasty Continues"