BUDAYA

Ini Dia 7 Motif Batik Terpopuler di Indonesia Yang Mendunia. Mana Favoritmu?

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 02/10/2017 13:23 WIB


Ini Dia 7 Motif Batik Terpopuler di Indonesia Yang Mendunia. Mana Favoritmu?
Om Kumis - Apakah kamu sudah memakai batik hari ini? Motif apa? Ya, setiap tanggal 2 Oktober  kita memperingati Hari Batik Nasional dan kita merayakannya dengan memakai pakaian batik untuk menemani aktivitas seharian ini. Kamu sudah tahu kan, sejak tanggal 2 Oktober 2009 silam UNESCO telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Hal itu berarti bahwa batik adalah warisan budaya bangsa Indonesia yang sudah mendapat pengakuan dunia dan kita harus bangga dan wajib untuk melestarikan batik Indonesia. Taukah kamu, ada banyak sekali motif batik yang tersebar di seluruh nusantara. Setiap daerah memiliki motif batik yang berbeda-beda dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Setiap motif batik menajdi simbol dari budaya dan kearifan lokal dari suatu wilayah.

Dari sekian banyak motif batik yang tersebar di seluruh nusantara, ada beberapa motif batik yang sangat populer dan banyak dipakai oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Berikut ini Omkumis rangkumkan motif batik yang populer di Indonesia dan bahkan sudah mendunia. Yuk, simak di bawah ini.

1. Motif Parang

Kredit Foto: anotherorion.com

Motif batik Parang merupakan batik asli Indonesia dan merupakan salah satu motif paling tua di Indonesia. Batik Parang ini konon diciptakan oleh pendiri Keraton Mataram. Kata Parang berasal dari Pereng atau lereng. Sesuai bentuk lereng yang miring, batik Parang menggambarkan sebuah garis menurun dari tinggi ke rendah secara diagonal. Ada beberapa jenis motif Parang, misalnya saja Parang Rusak, Parang Klitik, Parang Tuding,Parang Slobog, Parang Barong,Parang Kusumo, dan Parang Curigo.

2. Motif Mega Mendung

Kredit Foto: pinterest.com

Batik Mega Mendung berasal dari Cirebon.  Sesuai dengan namanya, motif ini berbentuk menyerupai awan dengan corak warna bernuansa mendung. Batik mega mendung didominasi dengan warna biru, putih, dan abu-abu sebagai perlambang  warna langit yang mendung. Selan itu terkadang ada tambahan corak warna hijau dan merah. Meskipun terlihat sederhana, tapi batik ini terkesan mewah sehingga banyak disukai oleh masyarakat.


3. Motif Kawung

Kredit Foto: pinterest.com

Motif Kawung adalah salah satu motif batif yang tertua di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Batik ini memliki pola bulatan mirip buah Kawung atau buah aren (kolang kaling). Motif juga menyerupai gambar bunga teratai yang melambangkan umur panjang dan kesucian.


4. Motif Sekar Jagad

Kredit Foto: batik.or.id

Motif Sekar Jagad sangat populer di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Motif ini dibuat untuk melambangkan kecantikan dan keindahan serta keragaman. Sesuai namanya, Sekar berarti bunga dan Jagad berarti dunia, sehingga motif Sekar Jagad ini melambangkan keberagaman yang cantik dan indah.


5. Motif Batik Keraton

Kredit Foto: pinterest.com

Motif Batik Keraton berasal dari Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, batik kraton adalah jenis batik yang dikembangkan dan digunakan di lingkungan keraton. Bahkan dulunya batik ini hanya boleh dipakai warga keraton saja dan tak boleh dipakai oleh orang biasa di luar keraton. Motif ini melambangkan kearifan, kebijaksanaan, dan kharisma seorang raja.


6. Motif Sogan

Kredit Foto: pinterest.com


Batik motif Sogan adalah salah satu jenis batik yang paling populer dan banyak digunakan baik oleh masyarakat  Indonesia maupun manca negara. Batik Logan menjadi salah satu batik yang paling banyak diburu oleh turis luar negeri. Dilihat dari corak dan warnanya, batik Sogan ini memang sangat menarik dan enak dilihat. Batik Sogan terlihat klasik dan mewah yang kental dengan unsur tradisional.


7. Batik Pekalongan

Kredit Foto: kamerabudaya.com

Pekalongan terkenal sebagai daerah penghasil batik paling populer sehingga disebut sebagai "Kota Batik".  Berbagai motif batik Pekalongan sangat khas dan laris diburu oleh konsumen dari dalam negeri dan luar negeri. Batik Pekalongan memiliki ciri khas yang kental dengan nuansa alam yang natural. Motif Batik Pekalongan memiliki corak yang kaya akan warna yang variatif. Dalam satu sehelai kain batik Pekalongan terkadang terdapat kombinasi hingga 7 warna.