HOBI

Tau Gak, Ini Dia 5 Manfaat Luar Biasa Yang Kamu Dapatkan Dari Hobi Memelihara Burung

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 22/09/2017 01:03 WIB


Tau Gak, Ini Dia 5 Manfaat Luar Biasa Yang Kamu Dapatkan Dari Hobi Memelihara Burung
Om Kumis - Banyak orang yang mempunyai hobi memelihara hewan, salah satunya adalah memelihara burung. Coba lihat saja di sekitarmu, pasti banyak yang memelihara burung dengan berbagai jenis. Bukan jadi hal yang aneh melihat dan mendengar suara kicau burung di sekitar rumah kita. Ya, memelihara burung terutama burung kicau menjadi salah satu hobi paling populer masyarakat Indonesia, terutama kaum pria. Bahkan hobi ini sudah dilakukan oleh sejak jaman dulu banget, sudah turun temurun alias sudah jadi tradisi. 

Berbagai jenis burung dijadikan hewan peliharaan dan masing-masing orang memiliki burung favorit. Mulai dari Murai Batu, Cucak Ijo, Lovebird, Kenari, Pleci, Anis Merah, Cucak Jenggot, Kacer, Jalak Suren dan masih banyak lagi. Kini semakin banyak komunitas pecinta burung bertebaran di seluruh Indonesia. Bahkan saat ini semakin banyak diadakan lomba atau kontes burung berkicau dengan hadiah yang besar.

Bagi orang yang tak suka, memelihara burung terlihat sangat merepotkan dan seakan hanya menjadi hobi yang membuang waktu. Perawatan harian mulai dari memandikan, menjemur, memberi makan, hingga membersihkan kotoran burung harus dilakukan setiap hari.  Tapi bagi para pecinta burung, memiliki burung yang indah warnanya dengan suara yang merdu sungguh menyenangkan. Perawatan harian yang terlihat merepotkan itu justru adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi para penghobi burung. 

Mendengarkan kicauan merdu burung sepanjang hari, terutama di pagi hari, sungguh menentramkan hati dan pikiran. Bagi penghobi burung, kicauan merdu sang burung bisa menghilangkan stress. Selain itu, ternyata masih banyak manfaat lain yang didapatkan dari hobi memelihara burung. Mau tahu apa saja manfaat itu, yuk simak penjelasan singkat dari Omkumis di bawah ini.

1. Menghilangkan stress

Kredit Foto: loolak.com

Bangun di pagi hari dan mendengarkan burung berkicau dengan merdu tentu akan memberikan rasa tenang dan senang. Jika hati senang maka pikiran lebih fresh dan akan memunculkan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kemudian setelah kembali ke rumah dari menjalani aktivitas yang melelahkan sepanjang hari, mendengarkan merdunya kicauan burung akan membuat hari terasa damai dan tentram. Pikiran yang tenang akan membuat badan jadi rileks dan tentunya badan menjadi segar kembali. 


2. Membuat orang jadi lebih rajin dan bertanggung jawab

Kredit Foto: plus-sport.com

Memelihara burung akan membuat kamu jadi orang yang lebih rajin. Bagaimana tidak, perawatan harian burung harus rutin dilakukan. Mulai bangun pagi untuk memandikan dan menjemur burung. Kemudian membersihkan kandang dan kotorannya dan juga memberi makan dan minum burung wajib dilakukan setiap hari. Kamu tidak bisa bermalas-malasan jika ingin burung kesayangan kamu sehat. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa tanggung jawab yang besar dalam diri kamu karena kamu harus memastikan bahwa burung peliharaan kamu selalu fit.

3. Mendatangkan Keuntungan finansial

Kredit Foto: wikipedia.org

Memelihara burung juga bisa membuat penghasilan finansial kamu bertambah, lho. Kamu pasti tahu kan, semakin merdu kicauan burung biasanya harga burung juga semakin mahal. Nah, jika suara burung kamu merdu dan nyaring, ikut saja lomba atau kontes burung. Hadiah dari juara kontes burung biasanya nilainya lumayan besar lho. Selain itu kamu bisa melakukan aktivitas jual beli burung. Saat kamu membeli burung dengan harga murah, kemudian kamu rawat dan setelahnya memiliki suara yang merdu maka kamu bisa menjualnya dengan harga yang mahal. Selain itu kamu juga bisa membuat penangkaran atau peternakan burung. Anak burung atau bibit hasil ternak itu bisa kamu jual untuk menambah penghasilan kamu.


4. Membawa keberuntungan

Kredit Foto: pixabay.com

Bagi para pecinta burung tentu sudah paham bahwa selama ini beredar mitos bahwa memelihara burung dengan jenis tertentu bisa membawa keberuntungan. Misalnya burung perkutut yang dipercaya bisa mendatangkan berkah dan keberuntungan bagi pemiliknya. Meskipun hal itu mungkin hanya sekedar mitos, ada benarnya juga bahwa memelihara burung bisa membawa keberuntungan. Hati tenang dan tentram, badan rileks, pikiran tenang bisa didapatkan dari mendengar suara burung. Nah, bukankah sebuah keberuntungan jika memiliki badan sehat, hati tenteram dan pikiran yang fresh?


5. Meningkatkan hubungan sosial

Kredit Foto: wikimedia.org

Bagi para penghobi burung, tentu akan selalu berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari saat beli pakan burung atau saat ikut kontes burung. Percakapan tentang burung dan berbagi ilmu serta pengalaman dengan orang lai tentang cara merawat burung akan mendekatkan hubungan kita dengan orang lain. Nah, dari situ muncul rasa persahabatan atau persaudaraan diantara sesama pecinta burung.


Wah, ternyata memelihara burung bukanlah sekedar hobi yang biasa-biasa saja ya. Ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari hobi menyenangkan ini. Bagi kamu yang suka mendegar merdunya kicauan burung, jangan ragu untuk mulai memeliharanya. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang tips-tips tentang berbagai hal, langsung saja klik di sini.