KULINER

Inilah 7 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Ditunggu dan Pasti Ada Saat Lebaran

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 20/06/2017 19:12 WIB


Inilah 7 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Ditunggu dan Pasti Ada Saat Lebaran
Om Kumis - Wah, nggak terasa ya sebentar lagi Lebaran tiba. Apa sih yang paling ditunggu selain merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta? Ya, makan enak! Setelah berpuasa sebulan penuh, Lebaran adalah saat yang yang tepat untuk memanjakan lidah dengan menyantap makanan-makanan lezat khas Lebaran. Merayakan hari kemenangan, berkumpul bersama keluarga sambil makan enak adalah momen yang sempurna.

Ngomong-ngomong tentang makanan khas Lebaran, tentu kamu merindukan beberapa makanan yang selalu ada saat Lebaran. Ya, hampir di seluruh pelosok Indonesia ada beberapa jenis menu makanan yang selalu tersaji di meja makan saat Lebaran. Apa saja makanan itu? Yuk kita lihat rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Ketupat

Kredit Foto: lombokinfo.com


Ketupat identik dengan Lebaran, dan rasanya tak lengkap jika saat Lebaran nggak ada ketupat. Oleh karena itu ketupat selalu berada dalam urutan pertama daftar makanan khas Indonesia yang selalu ada saat Lebaran. Setelah ibadah Shalat Ied, pasti banyak yang menunggu saat untuk menyantap lezatnya ketupat yang dipadukan dengan sayur, opor, sambal goreng kentang, rendang, atau gulai.


2. Opor Ayam

Kredit Foto: wikimedia.org

Tak lengkap rasanya makan ketupat tanpa dipadukan dengan opor ayam. Ya, opor ayam adalah salah satu hidangan yang cocok dimakan bersama ketupat. Meskipun opor ayam banyak dijual di warung makan setiap hari, bukan hanya saat Lebaran saja, tapi tetap saja rasanya tak lengkap pas lebarang nggak menyantap opor ayam. Gurihnya kuah opor yang terbuat dari santan dan bumbu rempah-rempah semakin menambah nikmatnya rasa daging ayam yang empuk. Inilah salah satu penyebab harga daging ayam melonjak tinggi menjelang Lebaran, yakni karena tingginya permintaan pasar. Banyak orang membutuhkan daging ayam untuk dijadikan opor ayam pas Lebaran.


3. Sambal Goreng Kentang

Kredit Foto: pinterest.com

Makan ketupat dengan menu pendamping opor ayam memang sangat nikmat. Tapi lebih nikmat lagi kalau ditambah dengan sambal goreng kentang, wow sedap! Potongan kentang yang sudah diolah dengan rasa pedas akan semakin bertambah nikmat kalau ditambah dengan ati atau ampela. Boleh menggunakan hati sapi atau ati ampela ayam. Bagi penyuka petai, tentu tak lengkap rasanya sambel goreng kentang ati tanpa penyedap petai. Pedasnya sambel goreng kentang akan membuat nafsu makan bertambah.

4. Rendang


Kredit Foto: pinterest.com

Siapa yang menyangsikan kelezatan rasa rendang? Rendang diakui seabgai salah satu makanan terlezat di dunia. Menyantap ketupat saat Lebaran bakal terasa lebih nikmat jika ditambah dengan rendang. Masakan khas Sumatera Barat ini dimasak dengan bahan dasar daging sapi, santan, dan aneka rempah. Meskipun harga daging sapi mahal, tapi tak menyurutkan niat banyak orang untuk tetap membelinya demi bisa memasak rendang dan dihidangkan saat Lebaran.


5. Semur

Kredit Foto: delfi.it

Selain opor ayam, semur daging menjadi makanan khas yang selalu tersaji saat Lebaran. Semur menjadi menu pendamping yang cocok untuk menyantap ketupat ataupun nasi. Selain berisikan daging, semur bisa juga diisi dengan bahan lain seperti telur dan kentang. Rasa manis dan gurih dari semur ini yang ditaburi dengan bawang goreng semakin menggugah selera untuk menyantapnya.


6. Kue Kering

Kredit Foto: bloginformasi.com

Hampir tak ada Lebaran tanpa kue kering tersaji di meja. Ya, kue kering adalah makanan yang selalu ada saat Lebaran. Camilan beraneka rasa ini menjadi andalan untuk menjamu tamu atau untuk dimakan sendiri saat Lebaran. Tak perlu khawatir jika kam utak sempat bikin kue kering, saat ini di pasaran banyak sekali kue kering seperti nastar, kastangel, putri salju, dan masih banyak kue kering lainnya yang bisa kamu beli dengan gampang dan dengan harga yang variatif.


7. Kacang Goreng atau Panggang

Kredit Foto: pictaram.com

kacang goreng atau kacang panjang adalah camilan favorit sepanjang masa bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Bahkan ada guyonan yang mengatakan bahwa "makan kacang itu tidak bisa berhenti sebelum kacangnya habis". Kacang, baik kandang goreng maupun panggang, selalu ada di meja saat Lebaran. Selain dicamil sendiri, kacang juga menjadi camilan andalan untuk disajikan kepada tamu yang berkunjung.

Sobat Omkumis, itulah tadi tujuh makanan khas Indonesia yang selalu dirindukan dan selalu ada saat Lebaran tiba. Dari ketujuh makanan tersebut, yang mana menu favorit kamu? Kalau ingin tahu lebih banyak informasi tentang kuliner dan gaya hidup, klik saja di sini.

Baca juga: