KULINER

Inilah Camilan Khas Jogja Paling Diburu Untuk Oleh-Oleh Lebaran. Nomor 3 Ekstrem Banget!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 28/06/2017 00:52 WIB


Inilah Camilan Khas Jogja Paling Diburu Untuk Oleh-Oleh Lebaran. Nomor 3 Ekstrem Banget!
Om Kumis - Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta terkenal juga sebagai kota tujuan wisata yang sangat populer. Tak hanya ngetop di dalam negeri, Yogyakarta juga menjadi tujuan wisata favorit para pelancong dari luar negeri. Saat libur Lebaran seperti sekarang ini, Jogja tak hanya disesaki oleh para pemudik yang memang asli Jogja, melainkan juga dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai kota di sekitarnya. Jogja memang menawarkan keindahan yang eksotis. Mulai dari objek wisata alam yang indah, budaya, sejarah, hingga kuliner yang sangat layak untuk dinikmati dan dieksplorasi.

Baca juga: Inilah 7 Makanan Khas Indonesia Yang Paling Ditunggu dan Pasti Ada Saat Lebaran

Nah, setelah puas menjelajahi keeksotisan Jogja, tentu kamu ingin membawa buah tangan alias oleh-oleh khas dari kota pelajar itu. Banyak sekali oleh-oleh khas Jogja mulai dari barang kerajinan tangan, batik, hingga makanan yang cocok untuk diburu selama liburan di Jogja. Kali ini Omkumis akan berikan rekomendasi tentang camilan khas Jogja yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Apa saja camilan khas Jogja itu? Simak di bawah ini.


1. Bakpia

Kredit Foto: wikipedia.org

Tak lengkap rasanya kalo kamu ke Jogja tanpa pernah mencicipi bakpia. Ya, bakpia memang identik dengan Jogja. Bahkan bakpia menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa dari Jogja. Kelebihan dari makanan ini adalah rasanya yang enak dan tidak cepat basi. Bakpia terbuat tanpa bahan pengawet dan bisa bertahan antara seminggu hingga 10 hari. Saat ini tersedia banyak varian rasa untuk bakpia seperti keju, coklat,  kacang hijau,durian, dan nanas. Merk bakpia yang terkenal adalah Bakpia Pathok 25 dan Bakpia Kurnia Sari. Namun sekarang banyak bakpia dengan bermacam merk dengan harga yang variatif.


2. Yangko

Kredit Foto: wikipedia.org

Yangko adalah camilan khas Jogja yang terbuat dari campuran tepung ketan dan tepung gula dengan rasa manis dan gurih yang khas dan bikin ketagihan. Yangko yang bentuknya kenyal ini memiliki isian gula dan kacang. Namun seiring waktu, camilan khas daerah Kotagede ini kini memiliki banyak variasi rasa seperti durian, melon, atau strawberry. Bentuknya yang kecil dan berwarna-warni terlihat menggemaskan dan menggoda lidah untuk segera menyantapnya. Jadi, jangan lupa untuk membeli yangko sebagai oleh-oleh libur Lebaran di Jogja ya.

3. Belalang Goreng

Kredit Foto: wikipedia.org

Bagi kamu pecinta kuliner ekstrem, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan ekstrem khas Jogja yaitu belalang goreng. Camilan ini berasal dari Gunungkidul, salah satu kabupaten di Jogja yang terkenal dengan wisata alamnya seperti pantai dan goa yang masih alami dan eksotis. Kalau kamu ingin berwisata ke pantai di daerah Gunungkidul, di sepanjang jalan menuju pantai banyak terdapat penjual belalang goreng ini. Camilan ekstrem ini cocok juga untuk dibawa sebagai oleh-oleh.


4. Geplak
 
Kredit Foto: masfikr.com

Salah satu camilan khas Jogja yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh adalah geplak. Makanan yang identik dengan warna yang beraneka ragam, dan umumnya cerah, ini terbuat dari irisan daging kelapa yang kemudian dimasak menggunakan gula. Camilan yang berasal dari Bantul ini ini memang cocok untuk dijadikan buah tangan. Rasanya yang manis dan khas serta sifatnya yang mengenyangkan membuat geplak menjadi oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Jogja.


Nah itulah tadi empat camilan khas Jogja yang wajib kamu beli untuk oleh-oleh Lebaran. Harga camilan-camilan diatas tak terlalu mahal dan masih terjangkau kok. Selamat liburan di Jogja dan jangan lupa bawa oleh-oleh yang banyak untuk kerabat atau teman-teman kamu ya.

Baca juga: