WISATA

Bukan Cuma Dodol, 4 Kerajinan Khas Garut Ini Juga Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 28/06/2017 23:50 WIB


Bukan Cuma Dodol, 4 Kerajinan Khas Garut Ini Juga Cocok Dijadikan Oleh-Oleh
Om Kumis - Selama ini dodol identik dengan Garut. Ya, dodol memang makanan khas Garut yang legendaris. Tak hanya dikenal di daerah Garut dan Jawa Barat saja, namun camilan yang rasanya manis dan lezat ini sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri. Bahkan kurang afdol rasanya jika berkunjung ke kabupaten Garut tanpa mencicipi kelezatan dodol dan pulangnya nggak membawa dodol sebagai buah tangan alias oleh-oleh untuk kerabat atau sahabat.

Baca juga: Inilah Camilan Khas Jogja Paling Diburu Untuk Oleh-Oleh Lebaran. Nomor 3 Ekstrem Banget! 

Namun jika membawa oleh-oleh dodol Garut sudah dianggap terlalu mainstream, bagi kamu yang tengah berlibur ke Garut bisa mencari oleh-oleh khas Garut lainnya yang tak kalah populer. Selain terkenal dengan kelezatan dodolnya yang mendunia itu, Garut juga dikenal sebagai penghasil barang-barang kerajinan tangan yang unik dan berkualitas. Kerajinan khas kabupaten yang terkenal dengan wisata alamnya yang indah itu bahkan sudah sangat terkenal di mancanegara.

Nah, mau tahu apa saja kerajinan khas Garut yang cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh usai liburan? Yuk, langsung saja simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.


1. Kerajinan Kulit

Kredit Foto: womantalk.com

Siapa tak kenal dengan kualitas jaket kulit bikinan Garut? Ya, Garut adalah salah satu produsen jaket kulit terbaik di Indonesia. Garut juga terkenal sebagai pusat produksi dan tempat kerajinan dari bahan kulit domba dan sapi yang berkualitas. Nggak cuma jaket kulit saja, namun  kerajinan kulit seperti tas, sepatu, dompet, hingga gantungan kunci bikinan Garut juga sangat diburu oleh para pembeli dari berbagai daerah, termasuk dari luar negeri. Kalau kamu ingin mencari kerajinan kulit khas Garut, langsung saja datang ke kawasan Sukaregang, kecamatan Garut Kota yang letaknya tak jauh dari pusat kota. Kawasan ini terkenal sebagai sentra penjualan dan produksi kerajinan kuilit. Tak sekedar bisa memilih dan membelinya, kamu juga bisa melihat secara langsung cara membuatnya alias proses produksi kerajinan kulit.


2. Batik

Kredit Foto: klambiebatik.blogspot.com

Batik khas Garut disebut juga dengan Batik Garutan. Tahukah kamu, batik Garutan adalah batik paling terkenal kedua di Jawa Barat setelah batik Cirebon, sehingg aemnjadi buruan para pecinta batik. Batik Garutan memiliki ciri khas yaitu dengan motifnya dan bercorak cerah, sehingga banyak anak muda yang senang memakainya. Batik Garutan memiliki banyak motif seperti Rereng Peuteuy, Cupat Manggu, Rereng Kembang Corong, Adumanis, Rereng Merak Ngibing, Calung, Limar, dan masih banyak lagi. Kalau kamu ingin berburu batik Garutan untuk oleh-oleh, langsung saja datrang ke daerah Tarogong.


3. Akar Wangi

Kredit Foto: jabarprov.go.id

Garut selama ini dikenal sebagai penghasil tumbuhan akar wangi. Selain dijadikan pengikat parfum, akar wangi dibuat menjadi kerajinan yang menarik. Pajangan, hiasan dinding, taplak meja, vas bunga, hiasan meja, dan sebagainya bisa dibuat dari bahan akar wangi ini. Nah, tahukah kamu, Garut adalah salah satu penghasil minyak akar wangi terbaik di dunia. Jadi jangan ragu untuk berburu oleh-oleh kerajinan dari akar wangi khas Garut ini.


4. Batu Akik Bungbulang

Kredit Foto: garutkab.go.id

Pecinta batu mulia atau batu akik pasti sudah tak asing lagi dengan batu akik yang berasal dari daerah Bungbulang, Garut. Batu akik asli Garut yang paling banyak diburu dan bernilai tinggi adalah batu mulia dengan warna hijau atau Ohen. Tak hanya batu berwarna hijau saja, Bungbulang juga terkenal sebagai penghasil batu pancawarna yang ngetop itu. Batu-batu nan cantik ini dijual dalam bentuk bongkahan, hingga yang sudah diasah menjadi cincin dengan harga yang bervariasi. Bagi kamu pecinta batu mulia, jangan lewatkan kesempatan berburu batu mulia di Bungbulang, Garut.

Nah, itu tadi kerajinan khas Garut yang cocok dijadikan oleh-oleh saat kamu liburan ke Garut. jadi, oleh-oleh dari Garut bukan melulu soal dodol ya, melainkan masih banyak kerajinan khas yang juga sangat  terkenal. Semoga informasi dari Omkumis diatas bermanfaat untuk sobat Omkumis yang sedang berlibur atau tengah melintasi Garut.

Baca juga: