GAYA HIDUP

Bingung Membedakan Kopi Biasa Dengan Espresso? Ini Dia Jawabannya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 10/07/2017 00:44 WIB


Bingung Membedakan Kopi Biasa Dengan Espresso? Ini Dia Jawabannya
Om Kumis - Minum kopi saat ini sudah menjadi semacam gaya hidup, terutama bagi kaum urban. Saat ini berbagai jenis kopi dari berbagai daerah di seluruh dunia bisa kita dapatkan dengan mudah di kedai kopi alias coffee shop yang menjamur di lingkungan sekitar kita. Bagi kamu para pecinta kopi tentu pernah meminum espresso, dong? Nah, sekarang apakah kamu tahu bahwa ada perbedaan antara espresso dengan kopi biasa?



Banyak yang ngaku doyan ngopi dan bahkan sering nongkrong di kedai kopi tetapi belum tahu tentang perbedaan antara kopi biasa dengan espresso. Banyak yang bingung membedakan antara espresso dan kopi biasa karena memang bahan bakunya adalah sama, yaitu biji kopi. Ternyata memang ada beberapa hal mendasar yang membedakan antara kopi biasa dengan espresso, mulai dari pemanggangannya hingga penyeduhannya.

Masih bingung apa perbedaannya? Nggak masalah kalau memang kamu nggak tahu perbedaannya,  Omkumis akan memberikan jawabannya khusus untuk para penggemar kopi. Yuk, langsung saja simak di bawah ini.


Proses Pemanggangan

Kredit Foto: yelp.com

Sebelum diolah menjadi minuman, langkah pertama yang harus dilakukan terhadap biji kopi adalah dengan mengeringkannya dan kemudian memanggangnya terlebih dahulu. Yang membedakan untuk kemudian dijadikan sebagai espresso atau kopi biasa adalah waktunya.

- Kopi biasa: Proses pemanggangan biji kopi biasanya memakan waktu selama lebih kurang setengah jam hingga satu jam.

- Espresso:  Pemanggangan biji kopi memakan waktu lebih lama untuk membuat biji kopi lebih gelap dan memberi rasa yang lebih kuat.


Proses Penggilingan

Kredit Foto: coffeetv.co.kr

Setelah proses pemanggangan biji kopi selesai, langkah selanjutnya dalam proses pengolahan sebelum dijadikan minuman adalah dengan menggilingnya menggunakan  mesin penggiling kopi. Ada perbedaan dari bubuk yang dihasilkan dari hasil penggilingan biji kopi tadi, yaitu:

-Kopi biasa: Bubuk hasil penggilingan yang akan digunakan untuk membuat kopi biasa punya ukuran yang lebih lebih besar dan agak kasar.

-Espresso:  Bubuk yang dihasilkan untuk membuat espresso terlihat lebih halus dan lembut dibanding kopi biasa. Tekstur biji kopi espresso giling mirip dengan gula bubuk.


Proses Penyeduhan

Kredit Foto: kawa.pl

Langkah selanjutnya untuk membedakan antara kopi biasa dan espresso adalah dalam hal teknik penyeduhan. Menyeduh kopi espresso pasti berbeda dengan proses penyeduhan kopi biasa. Apa bedanya? Simak di bawah ini.

-Kopi biasa: Kopi biasa diseduh dengan air panas dengan kondisi hampir mencapai titik didih yang dituangkan di atas kopi bubuk atau bisa juga dengan alat penggilingan French press. Hal ini dilakukan untuk menjaga cita rasa dan aroma kopi. Waktu penyeduhan kopi biasa jauh lebih lama, antara 4 sampai 6 menit.

-Espresso: Espresso diseduh dengan memasukkan air yang sangat panas dan bertekanan tinggi melalui mesin khusus, sehingga espresso terlihat lebih kental dan berwarna lebih pekat. Kopi espresso diseduh dalam waktu singkat yaitu sekitar 20-30 detik saja, kemudian cairan kopi kental berwarna coklat tua dipisahkan dari ampas kopi.

Kandungan Kafein

Kredit Foto: hdimagelib.com

Perbedaan selanjutnya antara kopi biasa dan espresso terletak pada jumlah kandungan kafein yang mereka miliki. Kopi biasa memiliki kafein yang lebih rendah dibanding espresso karena jumlah air yang digunakan untuk membuat espresso lebih sedikit sehingga kensentrasi kopi lebih pekat dibanding kopi biasa biasa.Perbandingannya sebagai berikut.

- Kopi biasa: Satu cangkir kopi biasa dengan volume 240 ml mengandung sekitar 95 - 200 mg kafein.

- Espresso: Dalam takaran espresso dengan volume sekitar 30 – 45 ml mengandung hingga 64 mg kafein.


Baca juga: