KULINER

Sedap! Ini Dia 4 Makanan Enak Khas Indonesia Yang Dibungkus Dengan Daun Jati

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 26/07/2017 01:03 WIB


Sedap! Ini Dia 4 Makanan Enak Khas Indonesia Yang Dibungkus Dengan Daun Jati
Om Kumis - Para pecinta kuliner terutama penikmat berbagai macam makanan tradisional, tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa jenis makanan yang menggunakan pembungkus daun. Ya, daun adalah pembungkus makanan alami dan banyak digunakan untuk berbagai macam masakan tradisional khas Indonesia. Makanan yang dibungkus dengan daun akan beraroma sedap dan terasa lebih lezat.


Berbagai macam jenis daun diketahui sering digunakan untuk membungkus makanan. Salah satu daun yang paling banyak digunakan adalah daun pisang. Selain daun pisang, daun yang paling banyak digunakan untuk membungkus makanan adalah daun kelapa, daun bambu, daun mangkok, dan juga daun jati. Nah, berbicara tentang daun jati, tahukah kamu apa saja jenis makanan yang memakai bahan daun jati sebagai pembungkusnya?

Ada beberapa jenis makanan khas Indonesia yang terasa lebih enak dan beraroma wangi jika dibungkus dengan daun jati. Selain itu makanan akan lebih awet. Nah, mau tau tentang makanan apa saja yang sering dibungkus dengan daun jati? Yuk, langsung simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.

1. Tempe

Kredit Foto: campurbawurs.com

Selama ini tempe lebih banyak dibungkus dengan daun pisang atau plastik. Selain itu, daun jati juga sering digunakan untuk membungkus tempe, terutama di daerah Jawa. Soal rasa, jangan ditanya lagi. Tempe yang dibungkus dengan daun jati akan terasa lebih lezat ketimbang  tempe yang dibungkus dengan plastik. Aroma daun jati juga membuat tempe lebih enak, dan juga lebih awet.

2. Nasi Jamblang

Kredit Foto: infomakan.com

Bagi kamu yang pernah lewat atau mampir dan berwisata ke Cirebon, tak afdol rasanya jika tak menyantap nasi jamblang. ya, nasi jamblang adalah makanan khas Cirebon. Nasi jamblang adalah makanan yang terdiri dari nasi dengan berbagai lauk pauk yang lengkap seperti tempe, telur dadar,  sambal goreng, semur hati atau daging, perkedel, sate,  sambal cabai dan lain-lain. Yang menjadikannya khas adalah nasi itu dibungkus dengan daun jati. Saat bungkus nasi jamblang dibuka, aroma wanginya akan semerbak dan membuat nafsu makan bertambah.    Selain dibungkus, nasi beserta lauk pauk bisa disajikan diatas daun jati terasa lebih lezat

3. Getuk

Kredit Foto: sushizein.com

Getuk adalah camilan yang terbuat dari singkong dikukus dengan tambahan gula kelapa atau gula merah. Getuk adalah camilan khas Jawa yang juga masuk dalam kue jajan pasar. Selain dibungkus dengan daun pisang, getuk banyak dibungkus dengan daun jati, terutama yang banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah. Getuk yang dibungkus dengan daun jati menambah cita rasa dan memunculkan aroma yang sedap dan khas.

4. Tape Ketan

Kredit Foto: http://abbeart.blogspot.co.id

Tape ketan adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi menggunakan ragi. Rasa manis hasil dari fermentasi itu membuat tape ketan menjadi camilan favorit banyak masyarakat Indonesia. Selama ini yang paling sering dipakai sebagai pembungkus tape ketan adalah daun jambu air atau daun pisang. Namun di beberapa daerah terutama di Jawa Tengah, tape ketan juga dibungkus dengan daun jati. Daun yang dipilih adalah daun yang masih muda dan ukurannya tak terlalu lebar.

Wah, enak banget ya makanan tradisional khas Indonesia yang dibungkus dengan daun jati. Selain aromanya yang sedap, tentu rasanya semakin lezat. Bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak artikel tentang kuliner, klik saja di sini.

Baca Juga: