KULINER

Mau Bikin Daging Kambing Jadi Empuk dan Nggak Alot? Manfaatkan 4 Buah Ini, Ampuh!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 01/09/2017 09:48 WIB


Mau Bikin Daging Kambing Jadi Empuk dan Nggak Alot? Manfaatkan 4 Buah Ini, Ampuh!
Om Kumis - Perayaan Idul Adha atau yang banyak orang sebut dengan  Hari Raya Kurban identik dengan daging sapi dan kambing. Setelah pemotongan hewan kurban, ibu-ibu biasanya disibukkan dengan kegiatan mengolah daging sapi atau kambing. Mulai dari mengolahnya menjadi makanan lezat seperti tongseng, gulai hingga membuat sate. Nah, yang menjadi masalah adalah jika mengolahnya tidak benar maka daging itu masih terasa alot atau bahkan masih berbau amis. 

Tentu jadi hal yang menyebalkan ketika makan daging alot dan masih berbau amis. Lalu bagaimana caranya membuat daging jadi empuk dan tidak berbau amis. Ada banyak cara mudah untuk membuat daging kambing atau sapi menjadi lembut, gampang diiris, dan tidak alot. Salah satunya adalah dengan menggunakan buah. Lho, kok buah?

Jangan bingung, selain enak untuk dimakan ternyata ada beberapa jenis buah yang bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Berikut ini Omkumis berikan tips untuk melunakkan daging dengan menggunakan buah. Yuk, langsung simak di bawah ini.

1. Nanas

Kredit Foto: olwomen.com

Nanas dikenal sebagai buah yang sering dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Nanas memiliki enzim bromelin yang sangat ampuh untuk membuat daging menjadi lunak. Cara memanfaatkannya sangat gampang. Parutlah nanas, kemudian lumurkan pada daging kambing. Lalu diamkan saja selama kurang lebih satu jam sebelum mulai mengolahnya. Dijamin, daging kambing akan menjadi empuk dan bau amisnya bakal hilang. 


2. Kiwi


Buah kiwi juga dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Buah kiwi diketahui memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bisa membuat daging menjadi empuk. Selain itu kiwi tidak membuat daging kemudian menjadi asam. Buah kiwi juga memiliki rasa yang manis sehingga daging menjadi lebih enak dan wangi saat diolah.

3. Pir 

Kredit Foto: timesofpakistan.pk

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Hal ini sering dilakukan oleh orang-orang Eropa dan Amerika. Pir dikenal memiliki enzim yang bisa membuat daging menjadi empuk. Cara menggunakannya sama seperti nanas, yaitu dengan melumurkan parutan buah pir ke seluruh daging. Diamkan setidaknya selama satu jam supaya daging menjadi empuk.


4. Jeruk Nipis

Kredit Foto: paraloscurisos.com

Jeruk Nipis merupakan salah satu buah yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada daging kambing, selain itu juga membunuh bakteri pada daging kambing. Jeruk nipis memiliki kandungan asam yang cukup tinggi yang bisa menjadikan daging lebih empuk
Cara menggunakannya sangat mudah. Lumuri daging kambing dengan perasan jeruk nipis, lalu diamkan setengah jam sebelum mulai mengolahnya.

Nah, ternyata nggak susah kan membuat daging menjadi empuk. Cukup gunakan empat buah di atas supaya daging kambing nggak alot. Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang artikel-artikel menarik tips-tips yang bermanfaat, langsung saja klik di sini.