KESEHATAN

Penting! Ini Dia 6 Menu Sarapan Pagi Yang Bikin Awet Kenyang

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 25/09/2017 01:49 WIB


Penting! Ini Dia 6 Menu Sarapan Pagi Yang Bikin Awet Kenyang
Om Kumis - Makan pagi atau yang biasa disebut dengan sarapan pagi punya banyak manfaat dan penting bagi kesehatan tubuh. Sarapan pagi diperlukan untuk memberikan energi untuk memulai hari baru dan untuk menunjang asupan nutrisi bagi tubuh dalam menjalani aktivitas selama sehari penuh. Sarapan akan membuatmu tidak mudah lemas karena kehabisan energi. Selain itu masih banyak manfaat yang didapat dari sarapan pagi, antara lain untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta bisa membantu pengendalian berat badan.

Yang mengherankan adalah meski sudah sarapan tapi tak berapa lama kemudian perut sudah keroncongan alias terasa lapar lagi, padahal saat sarapan tadi sudah makan banyak. Nah, kalau kamu mengalami hal ini berarti kamu harus memperhatikan lagi menu sarapan pagimu yang mungkin kurang tepat. Ada beberapa menu sarapan pagi yang bisa membuat kamu jadi awet kenyang alias kenyang lebih lama. 

Ada keuntungan saat kamu bisa memilih menu sarapan yang bikin awet kenyang, yaitu berat badan jadi lebih terkontrol. Saat perut masih terasa kenyang tentu saja  keinginan untuk makan lagi jadi berkurang, kan? Lalu makanan apa yang harus dikonsumsi saat sarapan pagi agar perut terasa kenyang lebih lama? Tenang, berikut ini Omkumis akan berikan daftarnya. Yuk, simak baik-baik di bawah ini.

1. Telur

Kredit Foto: livestrong.com

Telur adalah makanan yang paling praktis disiapkan untuk menu sarapan. Selain digoreng, telur rebus juga nikmat untuk dikonsumsi. Telur mengandung protein tinggi dan juga lemak, sehingga bisa membuat perut jadi kenyang lebih lama. Seperti diketahui, asupan protein yang tinggi bisa menunda rasa lapar. 


2. Oatmeal

Kredit Foto: pinterest.com

Mengonsumsi oatmeal saat sarapan pagi bisa membuatmu awet kenyang. Hal ini karena oatmeal adalah makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan juga kandungan proteinnya tinggi. Selain itu, oatmeal dapat membantu meningkatkan kadar hormon cholecystokinin (CCK), hormon yang bisa membantu untuk mengontrol rasa lapar. Mengonsumsi Oatmeal juga bagus untuk kesehatan jantung karena memiliki jumlah beta glucan yang tinggi.

3. Kacang-kacangan

Kredit Foto: aremafood.com

Menonsumsi kacang-kacangan seperti  kacang buncis dan kacang polong saat sarapan bisa membuatmu kenyang lebih lama karena memiliki kandungan proten dan serat yang tinggi. Makan kacang-kacangan dapat membantu untuk mengontrol nafsu makan. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung antioksidan, vitamin B, zat besi, serta lemak tak jenuh  yang bisa menjaga kadar kolesterol dalam keadaan stabil.


4.   Salmon

Kredit Foto: allevents.in

Salmon memiliki kandunga protein yang tinggi sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama setelah sarapan pagi dengan mengonsumsi salmon. Salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan kepekaan terhadap hormon leptin yang bertugas menekan nafsu makan. Selain itu kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dapat membantu mengurangi kenaikan berat badan, memperbaiki sirkulasi, meningkatkan metabolisme.lemak omega-3 juga 

5. Sup kaldu 

Kredit Foto: trik-tipsmenarik.blogspot.co.id

Sarapan pagi dengan semangkuk sup kaldu bening dengan tambahan sayuran yang kaya serat seperti seledri dan bayam, juga akan bikin awet kenyang. Menurut sebuah penelitian, makanan yang mengandung banyak air seperti sup kaldu bisa membuat perut terasa kenyang dan sangat bermanfaat untuk menekan nafsu makan.

6. Buah tinggi serat

Kredit Foto: familyandhealtdiggest.com

Sarapan pagi dengan mengonsumsi buah yang tinggi serat juga membuat rasa kenyang lebih awet. Pilihlah buah-buahan seperti apel atau alpukat supaya kamu nggak terasa cepat lapar. Apel kaya akan serat dan air sehingga makan apel sebelum sarapan dapat membantu kenyang lebih lama dan bisa mengurangi asupan karbohidrat lebih banyak. Sedangkan alpukat juga mengandung serat yang tinggi serta lemak tak jenuh tunggal dalam dosis tinggi. Makan alpukat juga lebih cepat mengenyangkan dan awet kenyangnya.

Itu tadi adalah menu sarapan pagi yang praktis, sehat,dan bikin perut kamu kenyang lebih lama. Nah, coba dilihat lagi menu-menu sarapan pagi di atas, apakah  selama ini kamu sudah mengonsumsinya saat sarapan atau belum? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak lagi informasi tentang kesehatan dan tips-tipsnya, langsung saja klik di sini.