KULINER

Lezat! Tau Gak, 4 Makanan Tradisional Khas Indonesia Ini Dibungkus Dengan Daun Bambu Lho

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 04/10/2017 15:10 WIB


Lezat! Tau Gak, 4 Makanan Tradisional Khas Indonesia Ini Dibungkus Dengan Daun Bambu Lho
Om Kumis - Indonesia adalah surganya para pecinta kuliner. Ribuan jenis makanan lezat mulai dari makanan berat hingga ringan dengan berbagai bentuk dan rasa yang variatif bahkan hingga ke cara penyajiannya bisa kamu temukan di seluruh pelosok tanah air. Setiap daerah di seluruh penjuru tanah air memiliki makanan khas masing-masing. 

Bagi kamu pecinta kuliner yang menggemari jenis makanan tradisional, tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa jenis makanan yang menggunakan pembungkus daun. Berbagai makanan, terutama makanan kecil menggunakan daun sebagai pembungkusnya. Penggunaan daun sebagai pembungkus makanan bisa menambah kelezatan makanan sekaligus membuat aromanya semakin sedap. Bahkan makanan ini rasa sedapnya bakalan hilang kalau nggak menggunakan bungkus daun.

Ada banyak jenis daun yang sering dipakai untuk membungkus makanan tradisional. Mulai dari daun pisang, daun jambu, daun jati, hingga daun bambu dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan. Nah, tahukah kamu apa saja makanan tradisional khas Indonesia yang dibungkus dengan daun bambu? Daripada penasaran, langsung saja simak rangkuman Omkumis di bawah ini.

1.  Kue Gambir


Kue Gambir adalah salah satu makanan khas Bali. Kue ini dibuat dengan menggunakan tepung ketan hitam dan diisi dengan unti atau olahan dari kelapa parut kasar yang telah dimasak dengan gula merah dan daun pandan sehingga menghasilkan perpaduan rasa manis dan gurih yang lezat.  Kue semacam dodol ini dibungkus dengan daun bambu sehingga menghasilkan aroma yang khas. Kue Gambir menjadi oleh-oleh makanan khas Bali. 


2. Koecang

Kredit Foto: kuningan.blogspot.com

Koecang adalah makanan khas daerah Kuningan, Jawa Barat. Makanan ini  terbuat dari beras ketan yang dipadatkan yang dicampur dengan sari apu. Yang bikin makanan sejenis bacang ini tambah lezat dan beraroma sedap dan khas adalah karena dibungkus dengan daun bambu atau daun Awi. Makanan ini menjadi jajanan khas Kuningan dan sangat cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.


3. Kue Lapis

Kredit Foto: merahputih.com

Kue yang memiliki rasa lezat dana legit ini terbuat dari tepung beras ketan, dengan taburan kelapa dan guyuran air gula aren atau gula jawa. Penganan nikmat ini dibungkus dengan daun bambu sehingga menimbulkan aroma yang khas dan menambah kelezatan rasa kue favorit banyak orang Indonesia ini.


4. Bacang

Kredit Foto: duniamayakuliner.blogspot.co.id

Bacang atau bkacang sebenarnya adalah penganan tradisional masyarakat Tionghoa. Namu  bacang sudah sangat populer di Indonesia sehingga sering disebut sebagai penganan tradisional yang umum dikenal dengan bacang beras atau bacang ketan. Bacang terbuat dari beras ketan sebagai lapisan luar dengan isian daging, jamur, kuning telur, dan berbagai makanan lainnya sesuai selera. Penganan ini semakin lezat karena dibungkus dengan daun bambu yang panjang dan lebar.

Nah, itu tadi 4 makanan tradisional lezat yang menggunakan daun bambu sebagai pembungkusnya. Nikmat sekali ya rasanya penganan tradisional diatas. Dari empat makanan tradisional berbungkus daun bambu di atas, mana yang jadi favoritmu? Kalau ingi tahu lebih banyak info tentang kuliner, klik saja di sini