KULINER

Hangat dan Sedap! 7 Minuman Tradisional Khas Indonesia Ini Cocok Diminum Saat Musim Hujan

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 10/10/2017 00:46 WIB


Hangat dan Sedap! 7 Minuman Tradisional Khas Indonesia Ini Cocok Diminum Saat Musim Hujan
Om Kumis - Musim hujan telah tiba. Perubahan cuaca dari musim panas ke musim hujan bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Oleh sebab itu kita harus menjaga kondisi badan supaya tetap sehat saat musim hujan. Saat musim hujan seperti sekarang ini, guyuran air hujan bisa turun sewaktu-waktu dan membuat cuaca menjadi dingin. Ada beberapa cara menjaga badan tetap hangat, salah satunya dengan mengonsumsi minuman hangat untuk mengusir rasa dingin yang menyerang tubuh.

Saat hujan turun, menyeruput minuman hangat akan terasa lebih nikmat dan efektif untuk mengusir hawa dingin. Rasa hangat akan menjalar ke seluruh tubuh dan membuat badan terasa lebih segar. Ada banyak minuman hangat yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi saat hujan turun, misalnya saja kopi, cokelat, teh, atau susu. Selain itu masih ada beberapa minuman tradisional yang sangat nikmat dikonsumsi untuk melawan hawa dingin.

Berikut ini Omkumis akan sajikan beberapa minuman hangat tradisonal khas Indonesia yang cocok untuk diminum saat musim hujan. Mau tahu apa saja minuman tradisional yang nikmat itu? Langsung saja simak di bawah ini.

1. Bajigur

Kredit Foto: khasiat.co.id


Bajigur adalah minuman khas dari Sunda. Bajigur sangat cocok diminum saat musim hujan dan menjadi minuman favorit banyak orang. Minuman lezat ini terbuat dari gula aren, kopi, dan santan dengan tambahan sedikit jahe dan daun pandan. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga bisa memberikan tambahan energi. Bajigur sangat cocok diminum ditemani dengan camilan seperti ubi, pisang, kacang rebus, dan singkong. Nikmat!


2. Sekoteng


sering ditambahi dengan susu supaya rasanya semakin manis. 
Kredit Foto: wikipedia

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah. Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan karena memberi kehangatan untuk tubuh. Minuman ini terbuat dari air rebusan jahe yang ditambahi dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Selain itu sekoteng sering ditambahi dengan susu supaya rasanya semakin manis. 


3. Wedang Ronde

Kredit Foto: inirecipes.id

Wedang ronde adalah minuman khas Jawa Tengah terutama daerah Solo, Salatiga, Semarang dan Yogyakarta. Minuman ini terbuat dari  air rebusan jahe, gula, pandan dan serai yang kemudian ditambah dengan taburan kacang tanah goreng, potongan roti, dan kolang-kaling. Sepintas wedang ronde ini mirip dengan sekoteng. Namun yang membedakannya adalah adanya tambahan ronde di minuman ini. Ronde adalah butiran berbentuk bola serupa biji salak yang terbuat dari ubi atau tepung ketan.

4. Sarabba

Kredit Foto: pinterest.com

Sarabba adalah minuman khas Makassar yang diracik dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk. Minuman yang mirip dengan bajigur ini sangat cocok untuk diminum saat musim hujan karena selain menghangatkan, sarabba juga memberikan tambahan energi dan memulihkan stamina.


5. Bandrek

Kredit Foto: kulinerdago.com

Bandrek adalah minuman tradisional khas Sunda. Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan datang. Minuman ini terbuat dari air rebusan jahe dan gula merah yang kemudian ditambahlan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti  cengkeh, sereh, gula, kapulaga dan ketumbar untuk memperkuat efek hangat. Selain itu bandrek sering ditambahi dengan susu supaya rasanya semakin manis. 

6. Angsle

Kredit Foto: malangtimes.com

Angsle adalah minuman tradisional khas Malang, Jawa Timur.  Minuman ini terbuat dari air rebusan jahe dan diberi tambahan  ketan putih, kacang hijau, roti, mutiara, daun pandan, jahe, kacang tanah goreng, santan, gula, irisan buah kolang-kaling, dan emping melinjo. Minuman sejenis kolak ini sangat cocok dikonsumsi saat musim hujan untuk menghangatkan tubuh.


7. Bir Pletok

Kredit Foto: beergembira.com

Bir pletok adalah minuman khas Betawi atau Jakarta. Meskipun namanya bir, tapi sesungguhnya minuman ini sama sekali tak mengandung alkohol. Bir pletok adalah minuman yang dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai. Bir pletok menjadi minuman favorit orang Betawi saat musim hujan datang.

Nah, itu tadi tujuh minuman tradisional khas Indonesia yang sangat cocok diminum saat musim hujan tiba. Selain menghangatkan tubuh, tujuh minuman di atas juga berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dari tujuh minuman tersebut, minuman apa kesukaanmu? Kalau ingin mendapatkan info menarik lainya tentang kuliner dan kesehatan, langsung saja klik di sini.