KULINER

Liburan ke Solo? Ini Dia 7 Camilan Khas Solo Yang Paling Banyak Dicari Untuk Oleh-Oleh

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 08/11/2017 11:44 WIB


Liburan ke Solo? Ini Dia 7 Camilan Khas Solo Yang Paling Banyak Dicari Untuk Oleh-Oleh
Om Kumis - Salah satu kota di Jawa Tengah yang menjadi tujuan wisata adalah Solo. Ya, Solo atau disebut juga Surakarta adalah salah satu kota yang masih kental akan kultur dan budaya Jawa sehingga Solo juga dikenal sebagai kota budaya. Banyak sekali destinasi wisata budaya di Solo yang bisa kamu kunjungi, terutama Keraton Solo dan juga kampung-kampung batik yang sangat terkenal.

Selain terkenal dengan budayanya, Solo juga terkenal sebagai surga kuliner. Banyak sekali makanan khas Solo yang bakal memanjakan lidah para pecinta kuliner. Selain makanannya yang enak-enak, Solo juga terkenal dengan camilan-camilan tradisional yang enak dengan harga yang murah. Bagi kamu yang sedang berlibur atau sedang singgah di Solo, kurang afdol rasanya jika kamu nggak membawa camilan khas Solo sebagai buah tangan alias oleh-oleh untuk kerabat atau sahabat.

Lalu apa saja camilan khas Solo yang paling populer dan paling bnayak diburu untuk oleh-oleh? Tenang, berikut ini Omkumis akan berikan rekomendasi tentang camilan khas Solo yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Yuk, simak di bawah ini.

1. Intip

Kredit Foto: surakarta.go.id

Intip adalah camilan khas Solo yang wajib kamu bawa untuk oleh-oleh. Bahkan rasanya kurang afdol jika mampir ke Solo tanpa pernah mencicipi intip ini. Intip adalah camilan yang terbuat dari kerak nasi sisa menanak nasi yang melekat pada panci. Setelah kerak nasi itu dijemur, kemudian digoreng. Iintip ini rasanya gurih asin dan renyah. Ada juga rasa lain sebagai variasi seperti tambahan caramel gula jawa, lezat! harga intip ini bervariasi namun masih sangat terjangkau, yaitu antara Rp.5.000 hingga Rp.20.000.


2. Ampyang

Kredit Foto: tokopedia.com

Camilan tradisional Solo yang juga wajib kamu beli untuk oleh-oleh adalah ampyang. Amyang adalah makanan tradisional khas Solo yang terbuat dari kacang tanah dan diberi gula jawa serta tambahan jahe. Ampyang atau yang merupakan nama lain dari Gula Kacang ini adalah camilan yang terkenal dengan cita rasa nya yang sangat khas, yaitu manis dan legit.


3. Brem Solo

Kredit Foto: tokopedia.com

Oleh-oleh berikutnya yang patut kamu bawa adalah brem solo. Makanan ringan berbentuk kepingan padat ini terbuat dari olahan bekas peragian air tape. Rasa brem solo sangat khas yaitu masam, dingin, dan lumer di mulut. kamu bisa membeli brem solo di setiap toko oleh-oleh.

4. Regginang

Kredit Foto: wikipedia

Siapa tak kenal dengan rengginang? Ya, rengginang adalah makanan ringan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng. Rengginang khas Solo ini bisa dibeli dalam dua rasa, yaitu manis dan gurih. Kamu bisa membeli rengginang yang masih mentah di toko oleh-oleh untuk kemudian digoreng di rumah.


5. Abon Mesran

Kredit Foto: tempatwisatakeluarga.com

Abon Mesran Solo menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Makanan ini terbuat dari olahan daging ayam atau daging sapi dengan rasa cenderung manis dan gurih. Banyak wisatawan yang membawa pulang Abon Mesran Solo karena makanan ini tahan lama alias awet dan bisa dikonsumsi kapan saja.


6. Roti Kecik Ganep

Kredit Foto: rotiganeptradisisolo1881.blogspot.co.id

Roti Kecik Ganep juga menjadi camilan favorit para wisatawan yang datang ke Solo karena camilan ini tahan lama dan bisa dimakan kapan saja. Roti Kecik Ganep diolah menggunakan tepung ketan dan menghasilkan rasa yang manis dan gurih. Kamu bisa membelinya di setiap toko oleh-oleh di Solo.


7. Serabi Solo

Kredit Foto: indonesiatour.id

Siapa yang tak kenal dengan kelezatan serabi Solo? Ya, serabi bisa dikatakan sudah menjadi ikon kuliner kota Solo. Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Solo tanpa pernah mencicipi kelezatan serabi Solo yang legendaris itu. Kamu bisa menemukan makanan khas Solo ini di banyak tempat, salah satu yang paling terkenal dan legendaris adalah Serabi Notosuman Nyonya Handayani. Kamu juga bisa membawa camilan yang manis dan gurih ini sebagai oleh-oleh yang paling berkesan.


Wah, bikin ngiler ya melihat camilan-camilan khas Solo. bagi kamu yang sedang berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk membeli ketujuh camilan diatas sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman kamu. Mau tau info menarik lainnya tentang kuliner, langsung saja klik di sini.