KULINER

Nih, 5 Cara Gampang Mengatasi Masakan yang Terlanjur Pedas

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 28/01/2018 02:00 WIB


Nih, 5 Cara Gampang Mengatasi Masakan yang Terlanjur Pedas
Om Kumis - Banyak makanan yang rasanya akan lebih lezat jika menambahkan unsur pedas dalam olahannya. Rasa pedas dalam makanan memang mengundang selera dan bisa menambah nafsu makan. Bagi sebagian orang, menikmati makanan dengan rasa pedas merupakan suatu keharusan. Tidak lengkap rasanya jika suatu masakan tidak ada rasa pedasnya. Menikmati makanan tanpa rasa pedas seakan menjadi hambar, tidak bergairah. 

Namun apa jadinya jika ternyata makanan itu terlalu pedas? Tentu kita nggak bisa merasakan lezatnya makanan. Standar pedas setiap orang berbeda-beda. Apalagi jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan yang rasanya terlalu pedas akan meningkatkan resiko berbagai masalah kesehatan, terutama masalah pencernaan. 

Lalu bagaimana jika makanan yang kita olah terlanjur pedas? Tenang, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Mau tau caranya? Simak tips mengatasi masakan yang terlanjur pedas dari Omkumis di bawah ini.


1 . Menambah rasa manis

Kredit Foto: pinterest.com

Bahan atau bumbu masakan dengan cita rasa yang manis dapat mengurangi hasil masakan yang sudah terlanjur pedas. Selain itu menambah rasa manis bisa membuat masakan menjadi semakin sedap. Bahan-bahan dengan sumber rasa manis untuk mengurangi rasa pedas dalam masakan diantaranya ada gula pasir, gula merah, madu atau kecap manis. Perhatikan jumlahnya saat menambahakan bahan-bahan tersebut agar tidak merubah rasa.


2. Menambah rasa asam

Kredit Foto: steemit.com

Rasa yang terlalu pedas akan dapat dikurangi dengan menambah rasa asam pada masakan. Kamu bisa mengurangi rasa pedas dengan menambahkan bahan-bahan seperti potongan nanas, air jeruk nipis, cuka, buah asam, potongan tomat merah, tomat hijau, atau jenis tomat lain. Campurkan dalam masakan supaya rasa pedasnya berkurang.


3. Menambah kaldu

Kredit Foto: fabbriniflowers.com

Selain menambah rasa sedap dan gurih serta harum pada masakan, kaldu ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pedas. Tambahkan kaldu kedalam olahan yang terlalu pedas. Namun perlu diingat saat menambahkannya jangan terlalu banyak karena masakan akan berubah menjadi hambar. Jika sudah terlanjur hambar masukkan sedikit gula dan garam untuk mengembalikan rasanya.


4. Menambah Potongan Sayur

Kredit Foto: dailynews.lk

Semua orang tahu bahwa sayur-sayuran memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Nah, saat masakan kamu terlalu pedas, manfaatkan sayuran untuk mengurangi rasa pedasnya.  Pilihlah sayuran-sayuran yang banyak kandungan gula alaminya. Seperti kentang, wortel, ketimun atau jenis sayuran lainnya. Tambahkan secukupnya saja agar komposisi dari sayur yang Anda buat tetap terjaga.


5. Menambah susu atau yoghurt

Kredit Foto: twitter.com

Selain nikmat diminum dan menyehatkan, susu dan yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pedas dalam olahan masakan. Kenapa susu dan olahannya seperti yoghurt dapat mengurangi rasa pedas pada masakan? Susu diketahui mengandung kasein dan capsaicin. Senyawa inilah yang bermanfaat  mengurangi rasa pedas.


Gimana sobat Omkumis, gampang kan mengurangi rasa pedas dalam masakan. Coba saja kelima cara diatas saat masakan kamu terlalu pedas.Semoga tips dari Omkumis ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dapatkan info-info menarik lainnya seputar kuliner, di sini.