KESEHATAN

Menderita Karena Panas Dalam? Obati Saja Dengan 7 Jenis Buah Segar Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 24/05/2017 18:53 WIB


Menderita Karena Panas Dalam? Obati Saja Dengan 7 Jenis Buah Segar Ini
Om Kumis -
Bagi kamu yang pernah merasakan panas dalam, tentu tahu betapa tidak enak rasanya.Panas dalam adalah suatu keadaan dimana  tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Gejala panas dalam umumnya ditandai dengan sakit tenggorokan, timbulnya sariawan , bibir pecah-pecah, sering merasa haus, pencernaan terganggu, atau juga badan yang meriang.

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan timbulnya panas dalam adalah karena tubuh kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh, dan juga stress.  Saat ini banyak produsen obat yang menawarkan obat untuk meredakan dan menyembuhkan panas dalam. Namun bagi kamu yang lebih suka cara mengobati panas dalam dengan alami bisa mencobanya dengan mengonsumsi beberapa jenis buah.

Bagi kamu yang suka mengonsumsi buah-buahan, baik dimakan daging buahnya ataupun dijus, kamu harus tahu bahwa ada beberapa jenis buah yang bisa digunakan untuk meredakan dan menyembuhkan panas dalam. Tetapi wajib diingat, kamu harus mencuci buah sebelum memakannya. Mencuci buah pun tak boleh sembarangan, ada caranya. Baca tipsnya di sini : "Jangan Sembarang Mencuci Buah. Lakukan Cara Sehat Berikut Supaya Buah Aman Dikonsumsi".


Nah,mau tahu buah apa saja yang bisa digunakan untuk menyembuhkan panas dalam? Simak penjelasan Omkumis di bawah ini.


1. Apel

Kredit Foto: zenquiz.net

Apel dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Apel dalah buah yang kaya dengan kandungan vitamin C dan juga serat. Vitamin C dan serat sangat bermanfaat untuk mengatasi panas dalam.



2. Mangga

Kredit Foto: idehshot.com

Mangga adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Mengonsumsi manga baik dimakan langsung ataupun dijus bisa meredakan panas dalam. Selain itu mangga juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga sistem pencernaan.



3. Jeruk


Kredit Foto: nutrihealthline.com

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah jeruk diketahui sangat tinggi. Mengonsumsi jeruk manis selain menyegarkan, juga bisa membantu menghilangkan panas dalam. Selain itu, jeruk juga mengandung asam askorbat yang dapat menetralkan asam lambung.



4. Sirsak

Kredit Foto: sunflower.vn

Walaupun buah ini terkadang ada yang rasanya agak kecut, namun sirsak sangat bermanfaat untuk mengatasi panas dalam. Kandungan vitamin C dalam sirsak termasuk tinggi. Selain vitamin C, dalam buah sirsak juga terkandung kalium, karbohidrat, dan fosfor.



5. Pisang


Kredit Foto: makeupandbeauty.com

Pisang adalah jenis buah yang mudah didapatkan di sekitar kita. Selain memiliki kandungan vitamin C, pisang memiliki kandungan antacid untuk mencegah timbulnya panas dalam. Pisang juga kaya akan magnesium, kalsium, dan zat besi yang kesemuanya sangat bagus untuk kesehatan.



6. Anggur


Kredit Foto: careeraddict.com

Anggur adalah salah satu jenis buah yang harganya tidak bisa dibilang murah. Namun rutin mengonsumsi anggur sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anggur memiliki kandungan vitamin C yang lumayan tinggi dan berguna untuk meredakan panas dalam. Anggur juga bagus untuk memperlancar proses metabolisme tubuh.



7. Alpukat



Kredit Foto: thehealthyarchive.info

Alpukat dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan terutama untuk  menurunkan kolesterol. Selain itu alpukat adalah buah yang kaya akan serat dan juga vitamin C yang sangat diperlukan untuk menurunkan dan mencegah panas dalam.


Wah ternyata nggak musti minum obat ya untuk menyembuhkan panas dalam. Cukup makan buah saja, panas dalam yang mengganggu itu bisa hilang. Kalau mau tahu tentang informasi kesehatan lainnya, langsung saja klik disini.


Baca juga artikel menarik lainnya: