KESEHATAN

Tak Cuma Buahnya, Ternyata Daun Sirsak Punya Banyak Manfaat Dahsyat Untuk Kesehatan

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 26/05/2017 00:43 WIB


Tak Cuma Buahnya, Ternyata Daun Sirsak Punya Banyak Manfaat Dahsyat Untuk Kesehatan
Om Kumis - Sirsak adalah buah tropis yang memilki rasa manis dan juga ada yang agak asam. Selain dimakan, sirsak juga sering dibuat jus untuk diminum. Sirsak dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan sirsak sering disebut sebagai buah obat karena saking banyaknya khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan serat, karbohidrat, kalium, Vitamin C, dan kalsium yang terdapat dalam sirsak diketahui bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, asam urat, dan juga hipertensi.

Selain buahnya, ternyata daun sirsak diketahui juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Bahkan daun sirsak bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit dari yang ringan hingga penyakit yang tergolong berbahaya. Dalam daun sirsak terkandung banyak zat gizi  atau senyawa seperti flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B and C, fitosterol, dan kalsium oksalat, yang kesemuanya itu sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. 

Lalu apa saja penyakit atau gangguan kesehatan yang bisa disembuhkan dengan memanfaatkan daun sirsak? Langsung saja simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini.


1. Menurunkan Tekanan Darah

Kredit Foto: bwell.be

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan jika dibiarkan saja. Hipertensi bisa bisa menyebabkan resiko terkena serangan jantung atau juga stroke. Manfaatkan daun sirsak untuk menurunkan tekanan darah yang berlebih. Dalam daun sirsak terkandung  senyawa antihypertensive yang dapat menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi kerja organ jantung. Caranya sangat mudah, yaitu cukup meminum rebusan daun sirsak setiap hari untuk mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi.

2. Mencegah Kerusakan Kulit

Kredit Foto: 7skybeauty.com

Di dalam daun sirsak mengandung banyak zat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari atau radikal bebas. Selain itu daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit eksim dan jerawat, karena dalam daun sirsak terkandung senyawa anti inflamasi dan anti bakteri yang mampu menghilangkan peradangan pada kulit akibat jerawat. Cara untuk merawat kulit dengan daun sirsak sangat mudah,yaitu tumbuk beberapa helai daun sirsak laluoleskan pada kulit yang berjerawat ataupun eksim.


3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kredit Foto: exirhayat.com

Daun sirsak bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka karena dalam daun sirsak terkandung senyawa etil asetat dan antioksidan yang bisa membuat luka cepat sembuh. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan menumbuk beberapa helai daun sirsak hingga halus, kemudian oleskan pada luka.


4. Mencegah dan mengobati diabetes

Kredit Foto: pinterest.com

Penyakit diabetes atau kencing manis termasuk salah satu penyebab angka kematian tertinggi di dunia. Selalu jaga kadar gula darah kamu supaya selalu dalam kondisi normal. Salah satu cara mencegah dan mengobati diabetes adalah dengan menggunakan daun sirsak. Dalam daun sirsak terkandung senyawa metanolik, streptozotocin yang bekerja dalam pankreas untuk menghasilkan insulin untuk menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara menggunakannya yaitu dengan menyeduh daun sirsak untuk kemudian diminum secara rutin.


5. Mencegah dan Mengobati Kanker

Kredit Foto: drozdogan.com

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan sulit untuk disembuhkan. Mengonsumsi daun sirsak secara rutin diyakini bisa mencegah dan bahkan mengobati kanker. Dalam daun sirsak terkandung senyawa Annonaceous acetogenins, yaitu senyawa yang bisa membunuh sel kanker di dalam tubuh secara alami. Ekstrak daun sirsak diyakini juga mampu untuk membunuh tumor.


6. Meredakan Demam

Kredit Foto: protothema.gr

Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang mampu menurunkan suhu tubuh serta mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh. Saat terserang demam, rebuslah beberapa helai daun sirsak dengan segelas air selama 10 menit kemudian minumlah air rebusannya dalam keadaan hangat.


Wah, ternyata banyak juga ya manfaat tersembunyi dari daun sirsak untuk kesehatan tubuh kita. Kalau mau tahu tentang informasi kesehatan lainnya, langsung saja klik di sini.

Baca juga artikel tentang kesehatan lainnya :