KESEHATAN

Inilah 5 Minuman Yang Cocok Untuk Sahur Agar Badan Tetap Fit Saat Berpuasa

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 28/05/2017 23:33 WIB


Inilah 5 Minuman Yang Cocok Untuk Sahur Agar Badan Tetap Fit Saat Berpuasa
Om Kumis - Bulan Ramadan telah tiba. Salah satu hal yang paling penting dan harus dilakukan ketika puasa adalah dengan memperhatikan menu sahur.
Menu sahur yang tepat dengan akan membuat badan tetap fit selama berpuasa seharian penuh. Selain menu makanan, minuman pun harus diperhatikan supaya kamu tidak terus menerus merasa kehausan selama seharian yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

Saat buka puasa, kita lebih menyukai minuman segar dan dingin seperti es buah misalnya. Hal ini wajar mengingat setelah seharian menahan haus, minuman segar dan dingin tentu akan membuat tenggorokan nyaman. Namun berbeda dengan buka puasa saat sahur, minuman yang tepat adalah minuman yang hangat dan manis. Selain itu saat sahur pun waktu mempersiapkan menu makanan dan minuman lebih sedikit, sehingga biasanya kita menyukai minuman yang praktis namun menyehatkan.

Bagi kamu yang ingin tetap fit selama berpuasa, ada baiknya kamu mengonsumsi minuman hangat yang ampuh untuk mencegah dahaga dan dehidrasi selama berpuasa seharian penuh. Mau tahu minuman apa saja yang cocok untuk sahur? Simak tips dari Omkumis di bawah ini.

1. Air Putih Hangat



Kredit Foto: star.com.tr

Minuman terbaik dalam kondisi apapun adalah air putih, termasuk saat sahur. Meskipun berpuasa, tubuh tetap membutuhkan minimal 8 gelas air putih. Saat sahur, minumlah air putih dengan suhu hangat dan jangan terlalu panas. Sebelum memulai menyantap menu sahur, usahakan minum air putih hangat setidaknya satu gelas. Setelah makan, air putih hangat akan membuat lambung kamu lebih nyaman. Selain itu, kamu tentu takkan kerepotan kan menyiapkan air putih hangat saat sahur. Ya, air putih hangat selain menyehatkan juga praktis dan ekonomis.


2. Susu Rendah Lemak

.
Kredit Foto: bild.de

Susu rendah lemak yang dikonsumsi saat masih hangat akan membuat sahurmu sempurna. Minum susu rendah lemak yang kaya akan mutrisi saat sahur akan membantu kebugaran tubuh tetap terjaga sepanjang hari, sehingga kamu tak terlihat lemas. Selain itu minum susu hangat saat sahur sangat ampuh untuk mencegah dahaga saat kamu berpuasa seharian penuh. Hal ini karena susu memiliki kandungan zat penghilang dehidrasi.


3. Sari Kacang Hijau


Kredit Foto: kompasiana.com

Sari kacang hijau juga menjadi minuman yang cocok dikonsumsi saat sahur. Meminum satu mangkok atau satu gelas sari kacang hijau membuat kamu cepat kenyang dan takkan merasa cepat lapar meski sedang menjalani puasa seharian. Hal ini karena sari kacang hijau memiliki protein yang tinggi sehingga saat bermanfaat untuk tubuh dan membuat kamu tetap fit sepanjang hari. Kamu boleh mengonsumsinya saat masih hangat atau dalam keadaan dingin.


4. Wedang Jahe

Kredit Foto: jianshu.com

Mengonsumsi wedang Jahe hangat saat sahur bisa menghangatkan dan menyehatkan tubuh. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, jahe memang memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh manusia. Minum wedang jahe hangat saat sahur akan meningkatkan suhu tubuh dan membuat lambung nyaman. Selain itu kamu juga akan terbebas dari masuk angin setelah meminum wedang jahe hangat yang menyegarkan ini.


5. Susu Kedelai

Kredit Foto: gustoblog.it

Kedelai diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Meminum satu gelas susu kedelai yang hangat saat sahur tentu bakal menyehatkan dan menghangatkan tubuh kamu. Sama seperti sari kacang hijau, meminum susu kedelai saat sahur akan membuat kamu kenyang dan tahan lapar seharian saat berpuasa. Selain itu perut kamu akan nyaman dan bebas dehidrasi.

Nah, ternyata tak susah kan menyiapkan minuman sehat saat sahur supaya badan kamu tak lemas meski seharian berpuasa. Selamat berpuasa dan semoga bulan Ramadan ini penuh berkah untuk kita semua. Mau tahu artikel menarik lainnya tentang kesehatan, langsung klik saja di sini.

Baca Juga :