KESEHATAN

Hindari 4 Jenis Makanan Ini Saat Sahur Supaya Tubuh Tidak Lemas

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 28/05/2017 23:04 WIB


Hindari 4 Jenis Makanan Ini Saat Sahur Supaya Tubuh Tidak Lemas
Om Kumis - Bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah telah tiba. Suapaya aktivitas sehari-hari tidak terganggu pada saat menjalankan ibadah puasa, tentu diperlukan kondisi tubuh yang sehat dan bugar untuk menjalani ibadah puasa. Banyak orang yang terlihat lemas saat sedang berpuasa karena beberapa hal, salah satunya adalah akibat tidak memperhatikan menu makanan dan minuman yang dikonsumsi pada saat sahur. Makan sahur sangatlah penting, karena  sahur adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan cadangan energi bagi tubuh saat menunaikan ibadah puasa Ramadan.

Mengingat betapa pentingnya sahur, kita perlu secara cermat memilih menu makanan alias tak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman walaupun rasanya sangat lezat. Salah mengonsumsi makanan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan bisa mengganggu aktivitas keseharian. Alih-alih bugar setelah makan sahur, tubuh malah lemas dan tak bertenaga akibat salah memilih menu sahur. Belum lagi kalau pencernaan terganggu akibat salah memilih makanan.

Oleh karena itu, cermatlah memilih menu santap sahur dengan mempertimbangkan nilai gizi dan vitaminyang terkandung di dalam makanan dan minuman. Lalu makanan apa saja yang harus dihindari supaya badan tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa? Tenang saja, kali ini Omkumis akan berbagi tips supaya kamu tidak salah memilih menu sahur. Simak di bawah ini ya.

1. Makanan Bersantan

Kredit Foto: maubaca.com

Makanan bersantan seperti opor, soto babat, gulai, memang sangat lezat dan menggugah nafsu makan. Namun makanan lezat ini wajib dihindari saat sahur. Makanan bersantan mengandung lemak yang tinggi, dan hal itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Selain itu makanan bersantan dengan lemak dan minyak berlebih dapat menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Kalau kamu tak mau terlihat lemas saat berpuasa, kamu wajib menghindari makanan bersantan saat sahur.

2. Makanan Pedas

Kredit Foto: solusisehatku.com

Bagi kebanyakan orang Indonesia, tak lengkap rasanya makanan jika tanpa rasa pedas. Wajar saja karena cabai mudah diperoleh di negara kita yang tropis ini. Selain itu, rasa pedas bisa menambah nafsu makan. Namun meskipun enak, makanan pedas wajib dihindari saat sahur. Meskipun bisa menggugah selera makan, waspadai dampak negatif dibalik nikmatnya makanan pedas.  Makanan pedas dapat memicu meningkatnya asam lambung dan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan akibat gesekan pada lapisan permukaan lambung yang bisa menyebabkan luka. Oleh karena itu, lebih baik kurangi intensitas makan pedas supaya puasamu lancar tanpa terganggu oleh perut yang sakit.

3. Makanan Asin


Kredit Foto: pinterest.com

Makanan yang terlalu banyak garam sebaiknya kamu hindari saat sahur. Mengonsumsi makanan yang asin dapat membuat kamu merasa haus sepanjang hari karena makanan asin ternyata dapat menstimulasi rasa haus. Selain itu, makanan yang terlalu banyak garam bisa menyebabkan hipertensi. Oleh karena itu, hindari makanan yang terlalu asin saat sahur supaya kamu tidak gampang haus saat menjalankan ibadah puasa.

4. Makanan Yang Terlalu Manis


Kredit Foto: naturalsociety.com

Makanan manis dengan kadar gula yang tepat memang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi jika terlalu manis apalagi memakai pemanis buatan tentu akan berpengaruh buruk untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis pada saat sahur justru akan meningkatkan asam dalam tubuh. Akibatnya tubuh kamu akan terasa lemas sepanjang hari saat sedang berpuasa.


Wah, ternyata nggak boleh sembarangan memilih menu makanan saat sahur ya. Piihlah menu yang tepat dan sehat supaya tubuh kamu tetap fit sepanjang hari saat sedang menjalankan ibadah puasa. Mau tahu informasi tentang tips kesehatan lainnya? Langsung saja klik di sini.

Baca juga :