KESEHATAN

Inilah 4 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Waktu Buka Puasa

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 29/05/2017 23:16 WIB


Inilah 4 Jenis Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Menunggu Waktu Buka Puasa
Om Kumis - Saat bulan Ramadan seperti sekarang ini, banyak orang yang memilih untuk meninggalkan kebiasaannya berolahraga. Mereka tak lag i berolahraga dengan alasan karena sedang berpuasa. Banyak yang beranggapan bahwa olahraga akan membuat tenggorokan merasa lebih cepat haus dan badan menjadi lemas karena olahraga tentu membutuhkan tenaga ekstra. Apakah kamu adalah salah satu orang yang menjadi bagian dari mereka yang menjadikan ibadah puasa sebagai alasan untuk tak berolahraga?

Jika iya, sebaiknya kamu segera buang jauh-jauh alasan untuk tak berolahraga karena sedang berpuasa. Olahraga tetap wajib dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh kita, walaupun sedang berpuasa. Ada beberapa olahraga ringan yang tetap bisa kamu lakukan tanpa kamu harus membatalkan puasa kamu. Kamu bisa melakukan olahraga ringan saat menunggu waktu berbuka puasa. Justru menurut beberapa penelitian,  waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa, adalah menjelang berbuka. Berolahraga di waktu menjelang berbuka puasa, diyakini dapat segera memberikan asupan nutrisi dan energi pengganti usai berolahraga. 

Jadi sekali lagi,  menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan bujanlah alasan untuk tak berolahraga. Kemudian olahraga apa yang tetap bisa dilakukan saat sedang berpuasa? Kali ini Omkumis akan berikan tips tentang jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Simak baik-baik ya.

1. Jogging

Kredit Foto: joggingitalia.it

Jogging adalah olahraga ringan dan murah yang mudah dilakukan. Banyak manfaat yang didapat dari olahraga lari ringa ini. Kamu bisa melakukan jogging di sore hari selama sekitar 20-30 menit sambil menunggu waktu berbuka puasa . Namun harus diingat, jangan terlalu memforsir tenaga kamu. Cukup lakukan dengan intensitas yang ringan atau sedang saja supaya kamu tidak terkena dehidrasi yang berlebihan. Disarankan untuk memilih tempat jogging yang teduh, misalnya di taman yang banyak pepohonan supaya kamu kamu tidak langsung terpapar sinar matahari yang bisa membuat kamu cepat haus.


2. Bersepeda


Kredit Foto: pinterest.com

Salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu buka puasa adalah dengan bersepeda. Banyak manfaat yang didapat dari bersepeda untuk kesehatan tubuh. Lakukan paling tidak 30-45 menit setiap harinya. Lakukan dengan insentisas sedang saja, dan tak perlu ngebut. Kalau tak mau terkena panas saat bersepeda di luar ruangan, kamu juga bisa bersepeda di dalam ruangan dengan sepeda statis di dalam ruangan.


3. Renang



Kredit Foto: zougla.gr

Renang adalah olahraga ringan yang menyenangkan untuk dilakukan sambil menunggu waktu buka puasa. Banyak sekali manfaat kesehatan yang didapat dengan melakukan olahraga di air ini. Namun harus  diperhatikan, lakukan dengan santai saja dan jaga supaya air tidak sampai masuk mulut dan tertelan. Lakukan olahraga ringan ini setidaknya 30 menit.

4. Jalan Cepat


Kredit Foto: pinterest.com

Jalan cepat adalah salah satu jenis olahraga ringan yang terbukti efektif untuk menurunkan lemak. Olah raga ini juga bisa kamu lakukan menjelang waktu berbuka puasa. Lakukan olah raga ini sambil menghirup segarnya udara sore hari. Lakukan kalan cepat paling tidak selama 30 menit supaya keseimbangan tubuh kamu semakin bagus dan tentunya badan semakin sehat.

Nah, sekarang paham kan bahwa sedang berpuasa bukanlah alasan untuk tak berolahraga. Rutinlah berolahraga supaya badan tetap sehat. Kalau mau tahu tentang informasi kesehatan lainnya, klik saja di sini.

Baca Juga: