KESEHATAN

Merasa Ngantuk dan Lemas Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Mengatasinya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 04/06/2017 13:47 WIB


Merasa Ngantuk dan Lemas Saat Puasa? Begini Cara Ampuh Mengatasinya
Om Kumis - Salah satu tantangan berat saat sedang berpuasa di bulan Ramadan seperti sekarang ini adalah menahan ngantuk di siang hari. Kendala mengantuk di siang hari ini terutama dialami oleh para pekerja kantoran yang seharian berada di depan layar monitor komputer. Jika biasanya kamu bisa ngemil atau minum kopi untuk mengusir kantuk di siang hari saat bekerja, kebiasaan ini tentu tak bisa dilakukan lagi saat sedang berpuasa. Selain mengantuk, kendala lain yang jamak dialami adalah badan yang terasa lemas.

Rasa ngantuk dan lemas di siang saat sedang berpuasa adalah hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena  siklus tidur kamu yang berubah. Yang biasanya kamu bangun pagi, sekarang kamu harus bangun lebih pagi lagi untuk menyiapkan sahur, dan otomatis waktu istirahat kamu jadi berkurang. Rasa mengantuk dan lemas saat berpuasa disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau minuman selama berjam-jam sehingga kadar  gula darah menurun dan membuat otak kesulitan untuk berkonsentrasi.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa ngantuk dan lemas saat pada siang hari saat sedang bekerja, sementara kamu sedang berpuasa? Kali ini Omkumis akan memberikan tips untuk mengatasi rasa ngantuk dan lemas supaya kamu tetap bisa berkonsentrasi dan produktif saat bekerja. Simak di bawah ini.

1. Bergerak

Kredit Foto: indiatimes.com

Salah satu penyebab ngantuk adalah kurangnya pasokan oksigen ke otak. Nah untuk menghilangkan rasa kantuk itu cobalah untuk bergerak dengan berjalan-jalan selama beberapa menit. Aktivitas berjalan dapat memperlancar aliran darah dan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Jadi, jangan malas bergerak. Semakin kamu malas bergerak, maka kamu akan merasa cepat ngantuk dan lemas.


2. Tarik napas dalam-dalam


Kredit Foto: businessinsider.com

Saat kamu merasa ngantuk, tariklah napas dalam-dalam selama beberapa kali. Menarik napas dalam-dalam, bisa melancarkan suplai oksigen ke otak. Tegakkan posisi duduk kemudian tarik napas dengan dalam melalui hidung hingga perut pebuh oleh udara, dan kemudian lepaskan perlahan melalui mulut. Lakukan hal ini dan niscaya kamu akan lebih rileks sehingga bisa konsentrasi bekerja kembali.


3. Tidur Sebentar

Kredit Foto: time.com

Obat paling ampuh untuk mengatasi rasa kantuk tak lain dan tak bukan adalah dengan tidur. Tapi bagaimana jika sedang bekerja? Kamu bisa memanfaatkan jam istirahat siang kamu untuk tidur sebentar. Jika biasanya kamu makan siang pas jam istirahat, saat sedang berpuasa seperti sekarang ini kamu bisa menggantinya dengan tidur siang sebentar. Pejamkan mata kamu dan tidurlah sekitar 10-20 menit maka  niscaya tubuh kamu akan lebih segar. Tidur siang sebentar tapi berkualitas sangat efektif untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan kmau bisa kembali bekerja dengan produktif.


4. Tidur berkualitas di malam hari


Kredit Foto: pixabay.com

Saat berpuasa, waktu tidur tentu akan berkurang. Kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah untuk kesehatan tubuh. Oleh karena  itu  usahakan kamu bisa tidur secara berkualitas meskipun waktunya tidak sepanjang biasanya. Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh kamu tak gampang lemas dan tak cepat mengantuk, sehingga kamu tetap segar di siang hari dan bisa bekerja dengan produktif meskipun sedang berpuasa.


5. Cuci Muka

Kredit Foto: smarthokeeping.com

Salah satu cara paling praktis untuk menghilangkan rasa kantuk adalah dengan mencuci muka. Air dingin bisa membuat wajah kamu segar kembali dan tubuh jadi rileks. Selain itu untuk menuju toilet, tentunya kamu harus berjalan kan. Nah seperti dijelaskan di poin pertama tadi, aktivitas jalan-jalan bisa memperlancar aliran darah dan melancarkan suplai oksigen ke otak.


Nah, itu tadi tips dari Omkumis bagi kamu yang merasa ngantuk dan lemas di siang hari saat sedang berpuasa. Ingin tahu tentang tips-tips bermafaat lainnya? Klik saja disini.

Baca juga: