KESEHATAN

Nggak Suka Minum Susu? Inilah 7 Makanan Enak Pengganti Susu yang Kaya Kalsium

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 14/06/2017 21:50 WIB


Nggak Suka Minum Susu? Inilah 7 Makanan Enak Pengganti Susu yang Kaya Kalsium
Om Kumis - Kalsium adalah mineral yang paling banyak ditemukan dalam tubuh. Kalsium memiliki peran dan manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. Kalsium sangat berguna untuk menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit. Kekuatan tulang dan gigi, metabolisme tubuh, kerja jantung, dan pergerakan otot bisa terjaga dengan baik jika tubuh mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi.

Salah satu minuman yang merupakan sumber kalsium yang selama ini kita ketahui adalah susu. Namun, meski susu memiliki rasa yang enak dan juga menyegarkan, ternyata tak semua orang suka mengonsumsinya. Bahkan ada sebagian orang yang tubuhnya menolak susu atau memiliki alergi terhadap susu. Lalu bagaimana caranya supaya tubuh masih mendapat asupan kalsium yang mencukupi, sementara kita tak suka susu atau tubuh tak bisa menerima susu?

Tenang saja, meski kamu tak doyan susu masih ada cara lain untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh. Masih terdapat banyak makanan yang tak kalah kaya kandungan kalsiumnya dibandingkan dengan susu. mau tahu apa saja makanan kaya kalsium pengganti susu? Simak penjelasan Omkumis di bawah ini.

1. Almond

Kredit Foto: hungryforever

Almond diketahui memiliki kandungan protein, vitamin E, potasium, dan magnesium yang tinggi. Selain itu kacang-kacangan yang rasanya gurih ini juga memiliki kandungan gula yang rendah. Almond juga memiliki kandungan kalsium yang berguna untuk tubuh. Bagi kamu yang nggak doyan susu, kamu bisa mengganti kalsium dengan ngemil kacang-kacangan ini.


2. Ikan Salmon

Kredit Foto: pinterest.com

Bagi kamu yang suka makan ikan salmon, ketahuilah bahwa daging salmon mengandung banyak kalsium. Karena tingginya kalsium dalam daging salmon, itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa anak balita disarankan untuk mengonsumsi salmon. Selain itu dalam daging salmon juga terkandung vitamin D.

3. Biji Wijen

Kredit Foto: hairdefend.com

Selama ini biji wijen lebih dikenal dan dimanfaatkan sebagai perasa atau pelengkap hidangan saja. Namun tahukah kamu, ternyata kandungan kalsium yang terdapat dalam biji wijen sangatlah tinggi. Dalam satu ons biji wijen diyakini terkandung kalsium sebanyak 277 mg kalsium. Tinggi juga ya. Jadi kamu boleh ngemil biji wijen untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh.


4. Edamame

Kredit Foto: imgrum.org

Tentu kamu sudah tahu edamame atau kedelai Jepang yang rasanya gurih ini kan? Tau nggak, dalam edamame terkandung kalsium yang lumayan tinggi. Selain kalsium, kandungan protein dan vitamin B juga terdapat dalam edamame. Kamu hanya cukup merebusnya untuk kemudian kamu jadikan cemilan, maka kebutuhan kalsium kamu akan terpenuhi tanpa kamu harus meminum susu.

5. Tofu


Kredit Foto: vov.vn

Seperti diketahui, tofu terbuat dari kedelai sehingga dalam tofu pun terkandung kalsium yang tinggi. Selain kalsium, tofu juga mengandung protein yang tinggi. Bagi kamu yang vegetarian dan juga tak suka susu, mengonsumsi tofu setiap hari untuk mencukupi kebutuhan kalsium sangatlah tepat.


6. Ikan Sarden




Kredit Foto: livestrong.com

Ikan sarden memang lezat rasanya. Baik diolah dengan cara dipanggang, atau bahkan mengolah sarden kalengan, rasa ikan sarden tetaplah nikmat. Seperti ikan salmon, kandungan kalsium yang terdapat dalam ikan sarden termasuk tinggi. Bahkan dalam tulang ikan sarden terdapat kalsium yang tinggi.

7. Brokoli dan sayuran dengan daun hijau gelap


Kredit Foto: tanamanobat.net


Brokoli dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, daun pepaya, daun singkong, diketahui memiliki kandungan kalsium yang tinggi.Bagi kamu yang tak suka minum susu, ada baiknya kamu mengonsumsi brokoli dan sayuran berdaun hijau gelap untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian kamu.


Wah, ternyata banyak juga ya makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti susu. Jadi, kamu nggak usah khawatir kalau memang tak doyan susu. Konsumsi saja tujuh makanan seperti yang Omkumis tuliskan di atas. Kalau kamu mau tahu lebih banyak informasi tentang kesehatan, klik saja di sini.

Baca juga: