KESEHATAN

Lebaran Bukan Ajang Balas Dendam Makan. Begini Caranya Supaya Tetap Sehat Saat Lebaran

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 24/06/2017 23:45 WIB


Lebaran Bukan Ajang Balas Dendam Makan. Begini Caranya Supaya Tetap Sehat Saat Lebaran
Om Kumis - Lebaran sudah tiba, betapa bahagianya bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta setelah sebulan penuh berpuasa. Bagi sebagian orang, mungkin termasuk kamu, Lebaran menjadi ajang balas dendam untuk melahap semua makanan yang lezat. Apalagi saat Lebaran tentunya banyak makanan lezat yang tersaji, mulai dari rendang, opor ayam, sambal goreng kentang dan ati, semur daging, hingga kue-kue kering yang menggugah selera serta berbagai minuman manis.


Sebenarnya sah-sah saja merayakan hari kemenangan dengan menyantap makanan yang lezat, namun tetaplah menahan diri dan jangan terlalu bernafsu untuk menyantap semua menu. Tetap ingatlah dengan kesehatan tubuh kamu, karena tak semua makanan itu baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi saat Lebaran menu makanan yang tersaji identik dengan makanan bersantan, pedas, gurih, dan juga manis. Kamu tentu tahu kan resikonya untuk kesehatan tubuh jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bersantan, pedas atau terlalu manis?


Nah, untuk itu hindari menjdaikan Lebaran sebagai momen balas dendam untuk memuaskan nafsu lidah dan perut. Berikut ini Omkumis berikan tips supaya tubuh kamu tetap sehat dan bugar saat Lebaran. Yuk, simak di bawah ini.


1. Tidur Cukup

Kredit Foto: pinterest.com

Saat Lebaran, tentunya kamu akan sangat sibuk sepanjang hari. Setelah Sholat Ied, kamu telah ditunggu berbagai kesibukan seperti silaturahmi ke rumah tetangga dan kerabat. Nah, mengingat padatnya kegiatan kamu saat Hari H Lebaran, berikan kesempatan untuk tubuh kamu supaya beristirahat dengan cukup di malam sebelum Lebaran. Dengan istirahat yang cukup tentu badan kamu akan terasa segar sehingga meskipun seharian beraktifitas, badan kamu akantetap bugar.

2. Kurangi Makanan dan Minuman Manis

Kredit Foto: twitter.com

Salah satu menu yang selalu ada saat Lebaran adalah kue-kue lezat yang rasanya manis. Selain itu tentunya tersedia juga minuman manis dan juga minuman bersoda. Ada baiknya kamu menahan diri untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Peningkatan kadar gula dalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman manis yang kamu konsumsi tentu juga akan berpengaruh buruk terhadap kesehatan kamu.


3. Kurangi Makanan Bersantan


Kredit Foto: wikipedia.org

Lebaran identik dengan makanan yang gurih dan bersantan seperti opor ayam, rendang, dan gulai. Siapa yang tak tergoda dengan aroma dan kelezatan dari makanan bersantan tersebut. Namun harus diingat, tetaplah menahan diri untuk tak terlalu sering mengonsumsi makanan bersantan karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan bisa meningkatkan resiko terkena serangan jantung, diare, stroke, hipertensi, dan juga meningkatnya asam lambung. Makanlah secukupnya saja.

4. Berhenti Makan sebelum Kenyang


Kredit Foto: diet-blog.com

Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, begitu pula dengan makan. Makan secara berlebihan hingga merasa perut begitu penuh bahkan kekenyangan bukanlah kebiasaan yang baik. Makanlah secukupnya saja dan berhentilah sebelum kenyang. Sekali lagi Lebaran bukanlah ajang balas dendam. Perut yang terlalu kenyang tidak baik untuk kesehatan dan meningkatkan resiko gangguan pencernaan, hipertensi, obesitas, dan meningkatkan asam lambung.

5. Minum Air Putih 8 Gelas Sehari

Kredit Foto: khoobsurati.com

Saat Lebaran tentu tersaji beraneka ragam minuman yang manis dan bersoda. Apalagi saat berkunjung ke rumah kerabat, tentu kamu disuguhi minuman manis. Bahaya terlalu banyak mengonsumsi minuman manis sudah dibahas di poin nomor dua diatas.Sementara minuman yang paling sehat adalah air putih. Oleh karena itu tetaplah untuk minum air putih  secara normal, yaitu setidaknya delapan gelas sehari.

6. Olahraga


Kredit Foto: imagesthai.com

Lebaran bukan alasan untuk meninggalkan olahraga. Tetaplah berolahraga demi kesehatan tubuh meski sedang merayakan Lebaran . Tentu kamu tak harus berolahraga berat, cukup melakukan olahraga ringan saja. Misalnya berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan olahraga ringan di dalam rumah seperti push-up dan sit up. Setelah menyantap makanan yang lezat dan berlemak, bakarlah tumpukan lemak  itu dengan berolahraga.

Nah, itu tadi tips dari Omkumis supaya kamu tetap sehat dan bugar saat merayakan Hari Lebaran. janganlah menjadikan momen Lebaran sebagai ajang untuk balas dendam menyantap semua makanan lezat yang belum tentu menyehatkan. Selamat merayakan Hari Lebaran bersama keluarga tercinta. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Baca juga: