KESEHATAN

Suka Ngemil? 5 Camilan Ini Bisa Memicu Timbulnya Jerawat, Lho

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 13/07/2017 15:37 WIB


Suka Ngemil? 5 Camilan Ini Bisa Memicu Timbulnya Jerawat, Lho
Om Kumis - Apakah kamu termasuk orang yang doyan ngemil? Ya, ngemil adalah kegiatan yang mengasyikkan sehingga sangat disukai oleh sebagian besar orang. Aktivitas mengkonsumsi makanan ringan alias ngemil jadi kegiatan yang sering dilakukan saat senggang seperti menonton TV, bermain video game, atau saat bekerja depan komputer. Dalam situasi tertentu, ngemil bisa bikin rileks dan menenangkan pikiran.


Namun dibalik nikmatnya ngemil, ternyata banyak efek buruk bagi kesehatan yang mengintai. Beberapa camilan jika dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan kegemukan. Bahkan ada beberapa camilan yang tanpa kamu sadari bisa memicu tumbuhnya jerawat di wajah kamu. Wah, padahal beberapa camilan itu nikmat rasanya dan sering kita konsumsi sehari-hari.

Nah, bagi kamu yang suka ngemil, ada baiknya kamu mengenali beberapa camilan yang bisa memicu tumbuhnya jerawat. Mau tahu apa saja camilan itu? Langsung saja simak penjelasan Omkumis di bawah ini.

1. Kacang-kacangan

Kredit Foto: motivation.is

Kacang adalah camilan favorit sebagaian besar orang Indonesia. Ngemil kacang memang nikmat dan mengasyikkan, bahkan  terkadang susah untuk berhenti. Ternyata kacang adalah salah satu camilan yang bisa memicu munculnya jerawat. Kacang-kacangan diketahui memiliki kandungan minyak yang banyak sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

2. Cokelat

Kredit Foto: sportsroad.hk

Siapa yang tak suka cokelat? Cokelat adalah makanan yang disukai oleh hampir semua kalangan dari anak kecil hingga orang dewasa. Selain rasanya yang lezat, cokelat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga bisa membuat pikiran tenang alias rileks. Namun ternyata cokelat  bisa memicu timbulnya jerawat pada wajah. Penyebabnya adalah kandungan gula yang tinggi pada cokelat. Apalagi jika wajah kamu sudah jerawatan, sebaiknya berhenti ngemil cokelat, karena cokelat dapat memperparah jerawat yang telah ada.

3. Kentang Goreng

Kredit Foto: eastcoastdaily.com

Kentang goreng adalah salah satu camilan yang paling lezat, apalagi jika dicelupkan di saos. Namun ternyata ngemil kentang goreng bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini karena banyaknya kandungan minyak yang terserap dalam kentang. Jadi, jangan terlalu sering ngemil kentang goreng kalau ingin wajahmu bersih dari jerawat.


4. Gorengan

Kredit Foto: Istimewa

Ngemil gorengan adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Berbagai macam gorengan seperti pisang goreng, tahu, tempe, combro, singkong goreng, cireng, dan lain sebagainya memang sangat nikmat rasanya. Namun kurangi ngemil gorengan jika kamu ingin bebas dari jerawat. Banyaknya minyak yang terserap pada makanan itulah yang bisa menimbulkan jerawat, karena minyak pada gorengan akan membuat timbulnya penyumbatan pada kulit pori-pori.

5. Biskuit

Kredit Foto: pinterest.com

Biskuit adalah camilan yang cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari. Biskuit juga menyehatkan. Namun pilihlah biskuit yang mengandung sedikit gula, karena kebanyakan biskuit mengandung kadar gula yang tinggi. Nah, kadar gula yang tinggi inilah penyebab timbulnya jerawatan.

Nah, itu tadi lima camilan yang rasanya lezat namun ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah kamu. Semoga informasi Omkumis ini semakin menambah wawasan kamu ya. Kalau ingin tahu lebih banyak tentang informasi kesehatan menarik lainnya, klik saja di sini.

Baca juga: