KESEHATAN

Pernah Merasa Tiba-Tiba Mual? Mungkin Inilah 7 Penyebabnya

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 17/07/2017 01:19 WIB


Pernah Merasa Tiba-Tiba Mual? Mungkin Inilah 7 Penyebabnya
Om Kumis -
Apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana kamu tiba-tiba merasa mual tanpa tahu penyebabnya? Ada banyak kejadian dimana orang merasa perutnya serasa diaduk-aduk hingga merasa ingin muntah, tapi tidak muntah melainkan hanya mual saja? Ya, rasa mual biasanya akan disertai dengan muntah dan setelah setelah muntah rasa mual akan berkurang. Namun banyak juga yang tiba-tiba merasa mual, tapi tidak muntah.

Ada beberapa penyebab kenapa perut tiba-tiba terasa mual namun tak ingin muntah. Berikut ini Omkumis rangkumkan hal yang menyebabkan kamu tiba tiba merasa mual. Yuk langsung simak di bawah ini.

1. Kelaparan

Kredit Foto: trip4fun.com.au

Kelaparan bisa menjadi penyebab timbulnya rasa mual. Saat perut kamu lapar, kadar gula darah akan anjlok sehingga kamu menjadi pusing dan mual. Hal ini adalah pertanda bahwa tubuh kamu butuh asupan makanan untuk menjaga kadar gula darah stabil kembali.


2. Dehidrasi

Kredit Foto: vivipuro.it

Jika kamu merasa haus dan tiba-tiba terasa mual, itu adalah pertanda bahwa kamu sedang dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi merupakan penyebab mual karena lambung butuh air untuk berrfungsi dengan baik. Segera minum air supaya lambung bisa bekerja kembali dengan baik untuk memproduksi protein.


3. Alergi Makanan

Kredit Foto:news.mn

Salah satu hal yang biasa terjadi kalau kamu memiliki alergi terhadap makanan adalah timbulnya rasa gatal atau munculnya ruam pada kulit. Selain itu, alergi makanan ternyata juga memicu rasa mual.Mual adalah reaksi dari system daya tahan tubuh yang terganggu karena menganggap makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah sebuah ancaman.


4. Infeksi Telinga

Kredit Foto: newsguppy.com

Infeksi telinga bisa menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh. Mual dan pusing adalah reaksi dari terganggunya keseimbangan tubuh . Pada kasus yang lebih berat, infeksi telinga bisa menyebabkan terjadinya vertigo, dimana penderitanya merasa bahwa sekeliling terlihata berputar-putar. Saat mengalami vertigo, tak hanya pusing yang dirasakan melainkan juga rasa mual yang datang tiba-tiba.

5. Migren

Kredit Foto: pinterest.com

Migren atau rasa sakit kepala sebelah menyebabkan timbulnya rasa pusing yang berkepanjangan. Selain pusing di satu kepala saja yang dirasakan, migren menyebabkan mata menjadi kabur dan timbulnya rasa mual yang berkepanjangan.


6. Emosi Atau Stress

Kredit Foto: health-total.com

Salah satu efek yang timbul saat kamu sedang emosi atau mengalami stress adalah terganggunya system pencernaan. Rasa strees atau emosi membuat usus berkonstraksi secara berlebihan dan menimbulkan rasa muall


7. Asam Lambung Naik

Kredit Foto: pinterest.com

Seperti dijelaskan di poin 6 diatas, rasa mual bisa tiba-tiba muncul karena terganggunya system pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang dirasakan adalah naiknya asam lambung sehingga menyebabkan rasa mual dan ingin muntah.


Nah, itulah tadi beberapa penyebab timbulnya rasa mual yang datang secara tiba-tiba. Selalu jaga kesehatan ya sobat Omkumis. Kalau ingin tahu lebih banyak info menarik lainnya tentang kesehatan, klik saja di sini.