KESEHATAN

Yuk, Makan Bawang Merah Mentah Secara Rutin dan Rasakan 7 Manfaat Dahsyatnya!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 19/07/2017 00:43 WIB


Yuk, Makan Bawang Merah Mentah Secara Rutin dan Rasakan 7 Manfaat Dahsyatnya!
Om Kumis - Bawang merah selama ini dikenal sebagai bahan wajib yang selalu ada di dapur untuk membuat masakan . Sebagian besar masakan pada umumnya memakai bumbu bawang merah untuk menjadikan masakan semakin sedap. Selain sebagai penyedap rasa makanan, ternyata bawang merah juga memiliki manfaat yang dahsyat untuk kesehatan tubuh.


Tahukah kamu, makan bawang merah mentah secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari berbagai masalah yang mengganggu kesehatan tubuh kamu lho. Bawang merah diketahui memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B6, Biotin, Asam Folat, kalsium, dan berbagai nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Jadi, mulai sekarang tak ada salahnya bagi kamu untuk makan bawang merah mentah secara rutin. Apa manfaat dahsyatnya? Yuk, simak penjelasan Omkumis di bawah ini.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kredit Foto: pinterest.com

Bawang merah dikenal sangat berguna secara efektif menurunkan kolesterol dan trigliserida yang terkandung dalam tubuh. Hal ini karena bawang merah mengandung Sufida Methylallyl dan asam amino sulfur. Selain itu dalam bawang merah terkandung senyawa belerang yang sangat berguna sebagai pengencer darah alami dan juga mencegah agregasi trombosit, sehingga tekanan darah selalu terkontrol. Dalam bawang merah juga terkandung senyawa Quercetin yang berguna untuk mencegah terjadinya pengerasan dinding arteri dengan sehingga penumpukan plak dapat dicegah. Makan bawang merah secara rutin bisa menurunkan resiko terkena serangan jantung.

2. Mengatasi Sembelit

Kredit Foto: pinterest.com

Makan bawang merah mentah secara rutin, paling tidak cukup satu bawang merah mentah sehari bisa membuat kamu terhindar dari sembelit. Hal ini bisa terjadi karena bawang merah mengandung serat larut, dimana serat itulah yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga mencegah terjadinya sembelit karena pencernaan lancar dan proses pembuangan racun dalam tubuh juga akan lancar.

3. Mengobati Penyakit TBC

Kredit Foto: hiamaq.com

Bakteri penyebab Tuberkulosis (TBC) adalah Mycobacterium. Bawang merah diketahui mengandung sifat antiseptik dan juga antimikroba yang sangat berguna untuk mengikat Mycobacterium bakteri yang menyebabkan tuberkulosis. Selain mengikat mycobacterium, bawang meraih juga memiliki efek anti-tubercular sehingga bisa mengatasi penyakit TBC.

4. Mencegah Terjadinya Kanker


Kredit Foto: twitter.com

Makan bawang merah mentah secara rutin diyakini bisa mencegah terjadinya kanker. Hal ini karena dalam bawang merah terkandung senyawa belerang dan senyawa lainnya yang bisa menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh sehingga tubuh terlindungi dari serangan kanker.

5. Mengatasi Masalah Pernapasan

Kredit Foto: menopauza.pl

Bawang merah diketahui memiliki sifat antiinflamasi, yang sangat berguna untuk melemaskan otot-otot saluran napas. Rutinlah makan bawang merah mentah untuk mengurangi gejala asma serta bronkitis. Selain melemaskan dan menenenangkan otot-otot saluran napas, sifat antiinflamasi bawang merah berguna berguna untuk mencegah batuk, pilek, flu, dan bersin-bersin. Selain itu bawang merah juga bisa untuk menghilangkan bau mulut.

6.  Mengatasi Anemia

Kredit Foto: eluniverso.com

Bawang merah diketahui memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi sangat berguna untuk mengatasi masalah Anemia alias masalah karena kekurangan darah. Jadi makan bawang merah mentah secara rutin sangat bagus untuk  mencegah dan mengatasi anemia.

7. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Kredit Foto: pinterest.com

Bawang merah dikenal sebagai antioksidan alami. Bawang merah adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk melakukan detoksifikasi alias membuang racun-racun berbahaya dalam tubuh. Proses detoksifikasi yang lancar akan membuat darah menjadi segar dan bersih kembali sehingga kesehatan tubuh kamu terjaga.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat makan bawang merah mentah secara rutin untuk kesehatan kita. ternyata bawang merah tak hanya berdungsi sebagai bumbu dapur saja. Sobat Omkumis, kalau kamu ingin tahu lebih banyak informasi menarik lainnya tentang keseahatan, klin saja di sini.

Baca juga: