KESEHATAN

Tersiksa Karena Susah Tidur? Yuk, Lawan Insomnia Dengan 7 Makanan Enak Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 23/07/2017 01:56 WIB


Tersiksa Karena Susah Tidur? Yuk, Lawan Insomnia Dengan 7 Makanan Enak Ini
Om Kumis - Insomnia atau gangguan sulit tidur memang penyakit yang menyebalkan. Bagaimana tidak sebal, saat badan sudah terasa lelah dan ingin merasakan nikmatnya berbaring di kasur hingga tertidur pulas, tapi mata tak kunjung terpejam. Yang lebih menyebalkan lagi adalah jika tidak segera diatasi, insomnia dapat membahayakan kesehatan dan mengganggu kualitas hidup.


Banyak faktor yang menjadi penyebab insomnia, mulai dari stress hingga pola hidup yang tidak sehat. Insomnia memang harus dilawan jika kamu ingin terbebas dari masalah kesehatan akibat kurang tidur. Ada beberapa cara untuk melawan insomnia, mulai dari menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat.


Nah, kali ini Omkumis akan memberikan tips yang tidak susah bahkancenderung menyenangkan untuk melawan insomnia, yaitu dengan makan. Ya, makan! Ternyata ada beberapa jenis makanan enak yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi insomnia. Dan enaknyalagi, kamu tak perlu takut kegemukan jika mengonsumsinya sebelum tidur. Mau tahu apa saja makanan enak yang ampuh untuk melawan insomnia? Yuk, simak di bawah ini.

1 . Pisang

Kredit Foto: afamily.vn


Bagi kamu penyuka buah, terutama pisang, ada kabar baik. Mengonsumsi pisang diketahui bisa mengatasi insomnia danmembuat kamu tidur nyenyak. Hal ini karena selain mengandung karbohidrat, pisang diketahui karena mengandung magnesium, natrium dan kalium yang dapat merelaksasi otot sehingga memberi efek menenangkan.

2. Oatmeal

Kredit Foto: tv.ua

Banyak orang mengonsumsi oatmeal untuk sarapan. Selain untuk sarapan, oatmeal juga aman dikonsumsi sebelum tidur, bahkan oatmeal bisa dimakan untuk mengatasi insomnia. Oatmeal diketahui sebagai salah satu sumber karbohidrat yang dapat meningkatkan kualitas tidur.Selain itu Oatmeal juga mengandung kadar magnesium dan kalium tinggi sehingga memberikan efek menenangkan. Selain menyehatkan, oatmeal ternyata juga bisa membuat kamu tidur nyenyak.

3. Ubi merah

Kredit Foto: elmostrador.cl

Mengonsumsi ubi merah diketahui juga bisa mengatasi gangguan sulit tidur. Ubi merah diketahui mengandung kadar karbohidrat dan kalium yang cukup tinggi. Untuk camilan yang sehat sebelum tidur sekaligus mengatasi insomnia, konsumsilah ubi rebus atau panggang, bukan digoreng.

4. Almond

Kredit Foto: htv.com.vn

Salah satu penyebab sulit tidur adalah karena tubuh kekurangan magnesium.Nah, makanlah almond untuk mengatasinya. Almond diketahui sebagai makanan yang mengandung magnesium yang cukup tinggi. Mengonsumsi almond juga bisa mengurangi kadar stress, sehingga kamu bisa tidur nyenyak.


5. Buah kiwi

Kredit Foto: trendingforum.co

Mengonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur diketahui bisa meningkatkan kualitas tidur. Seperti diketahui, dalam buah kiwi terkandung zat besi dan kalium yang cukup tinggi sehingga ampuh untuk melawan insomnia. Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan, makan dua buah kiwi sebelum tidur bisa menambah durasi tidur sampai satu jam lebih lama.

6. Cokelat

Kredit Foto: medicaljargin.com

Siapa yang nggak suka cokelat? Selain rasanya yang lezat, cokelat adalah makanan yang banyak berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk melawan gangguan sulit tidur. Cokelat diketahui memiliki serotonin yang dapat membantu tubuh serta pikiran menjadi lebih rileks, sehingga kamu bisa tidur nyenyak.

7. Ikan

Kredit Foto: nonbox.ru

Ikan adalah makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan minyak pada daging ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna, bisa menghasilkan hormon melatonin yang baik untuk tubuh dan bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga kamu bisatidur nyenyak.

Nah, itu tadi sobat Omkumis 7 makanan enak yang bisa membantu kamu melawan insomnia. Ya. lawanlah insomnia supaya waktu istirahat kamu cukup dan tentunya membaut badan kamu tetap sehat dan bugar. Kalau ingin tahu lebih banyak info tentang kesehatan, klik saja di sini.

Baca juga: