KESEHATAN

Waduh, 4 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 25/08/2017 08:02 WIB


Waduh, 4 Kebiasaan Saat Mandi Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan
Om Kumis - Setiap orang harus mandi setidaknya dua kali dalam sehari demi menjaga kesehatan tubuh.  Mandi harus dilakukan untuk membersihkan badan dari segala kotoran yang menempel di tubuh. Selain itu mandi juga berguna untuk merelaksasi tubuh supaya kembali segar setelah seharian beraktivitas.

Nah, apakah selama ini cara mandi kamu setiap hari sudah baik dan benar? Tau nggak, bahwa cara mandi kamu selama ini berpengaruh  kesehatan tubuh dan kulit. Sadar nggak bahwa kamu mungkin juga sering melakukan kesalahan saat mandi. Ada beberapa kebiasaan saat mandi yang tanpa kita sadari ternyata berpengaruh buruk alias berbahaya bagi kesehatan kita, lho.

Lho, memang mandi ada caranya selain mengguyur badan dengan air dan membersihkannya dengan sabun? Nah, daripada penasaran, berikut ini Omkumis akan ungkap kebiasaan saat mandi yang harus kamu hindari supaya terhindar dari efek buruk yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Yuk,langsung simak di bawah ini.

1 . Terlalu Lama di Kamar Mandi

Kredit foto: cafe.ba

Banyak orang, mungkin termasuk kamu, yang senang berlama-lama di kamar mandi. Terrnyata kebiasaan ini bukanlah sebuah kebiasaan yang baik. Tahukah kamu,  menghabiskan waktu terlalu lama untuk mandi justru membuat kulit kering? Apalagi kalau kamu suka  kulit menjadi dehidrasi kulit. Walaupun mandi dengan air panas punya banyak manfaat untuk kesehatan, tapi jika terlalu lama mandi air panas  maka minyak alami kulit kamu akan terkikis bahkan hilang Selain itu bisa menyebabkan timbulnya ruam-ruam pada kulit karena pembuluh darah yang terbuka  akibat air panas.


2. Menggosokkan Handuk Terlalu Kuat

Kredit Foto: cambio.com

Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan setelah mandi adalah handukan alias  menggosokkan handuk ke kulit dengan keras dan cepat. Mungkinkamu berpikir bahwa dengan cara itu kulit kamu akan lebih cepat kering dengan sempurna. Tahukah kamu, menggosok handuk terlalu keras ke kulit justru akan membuat kulit kamu kering dan rusak. Sebaiknya, cukup tempelkan atau tepuk-tepuk handuk secara lembut ke kulit saat handukan kelembaban dan  kesehatan kulit kamu terjaga.


3. Keramas Setiap Hari Dengan Air Panas

Kredit Foto: twitter.com

Setelah lelah beraktivitas sepanjang hari, mandi dan keramas dengan air panas akan membuat badan dan kepala lebih rileks. Tapi ingat, jangan terlalu sering keramas dengan air panas apalagi jika kamu lakukan setiap hari. Kebiasaan itu justru membuat rambut kamu jadi kusam. Selain itu kulit kepala akan lebih mudah rapuh, dan akibatnya adalah rambut di kepala kamu tak bisa tumbuh dengan sempurna.


4. Melilitkan Handuk di Rambut Dengan Kencang

Kredit Foto: piramidhaber.com

Setelah keramas, banyak orang terutama perempuan berambut panjang, lebih suka melilitkan handuk di rambut. Mungkin kamu berpikir bahwa cara itu akan membuat rambut cepat kering dan tidak menetes kemana-mana. Tahukah kamu, kebiasaan itu justru bikin rambut kamu stress dan malah membuat rambut menjadi rusak.Kebiasaan mandi ini umumnya dilakukan hampir seluruh wanita. Mulai sekarang, jangan lakukan kebiasaan ini lagi, ya! Hal ini dikarenakan melilitkan rambut dengan handuk akan membuat rambut stres dan memperparah kerusakan rambut. Tidak hanya itu, menggosok-gosok handuk ke rambut atau memerasnya juga akan membuat rambut jadi pecah-pecah dan rusak. Sebaliknya, biarkan rambut kering secara alami. 


Nah, itu tadi penjelasan dari Omkumis tentang kebiasaan saat mandi yang harus segera ditinggalkan demi kesehatan kulit kamu. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang info kesehatan lainnya, langsung saja klik di sini.

Baca juga: