KESEHATAN

Waspada! Inilah 6 Bahaya Tak Terduga Terlalu Sering Pakai Tusuk Gigi

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 13/09/2017 02:10 WIB


Waspada! Inilah 6 Bahaya Tak Terduga Terlalu Sering Pakai Tusuk Gigi
Om Kumis - Memiliki gigi yang bolong memang sungguh tak mengenakkan. Salah satu hal yang menyebalkan adalah saat sedang makan. Banyak sisa makanan yang masuk ke gigi yang bolong itu. Salah satu cara untuk mengangkat sisa makanan yang masuk ke gigi bolong tadi adalah dengan mencungkilnya dengan tusuk gigi. Apakah kamu juga sering melakukannya?

Tau nggak, mencungkil sisa makanan dengan tusuk gigi itu adalah kebiasaan yang tidak sehat dan membahayakan. Setelah memakai tusuk gigi, memang sepertinya gigi terlihat bersih, namun ternyata ada bahaya yang mengintai. Bagi kamu yang masih suka menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan, sebaiknya hentikan kebiasaan itu. Berikut ini Omkumis akan jelaskan bahaya keseringan menggunakan tusuk gigi setelah makan.

1. Menyebabkan gusi berdarah

Kredit Foto: gusiberdarah.com


Seperti diketahui, ujung tusuk gigi memiliki bentuk yang runcing dan tajam. Nah, ujung yang tajam itu bisa saja merobek gusi kamu, dan akibatnya terjadi pendarahan di area gusi. Gusi merupakan jaringan lunak di dalam mulut, dan gusi sangat rawan tersobek akibat benda yang tajam seperti ujung sikat gigi.

2. Infeksi gusi

Kredit Foto: ponila.com

Pendarahan pada gusi akibat tusuk gigi seperti yang dijelaskan di poin pertama di atas, jika tak segera diobati bisa saja mengakibatkan timbulnya penyakit. Salah satu resiko yang paling mungkin terjadi adalah peradangan pada gusi (gingivitis). Jika masih saja dibiarkan, kemungkinan timbulnya infeksi gusi akan lebih besar. Oleh sebab itu, segera hentikan kebiasaan menggunakan tusuk gigi setelah makan.


3. Membuat gigi jadi renggang

Kredit Foto: pinterest.com

Terlalu sering menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi bisa bikin gigi kamu lebih renggang, lho. Apalagi tusuk gigi sering digunakan di tempat yang sama. hal ini akan membuat kerapatan gigi semakin berkurang, menciptakan ruang yang lebih besar dan lebar antara satu gigi dengan gigi sebelah, dan menyebabkan pembentukan rongga. Hal ini justru membuat makanan akan lebih mudah terselip atau menyangkut lagi di gigi karena kerapatan gigi kamu sudah berkurang

4. Penurunan gusi

Kredit Foto: artdente.com.au

Keseringan menggunakan tusuk gigi sehabis makan juga bisa membuat posisi gusi jadi turun dari posisi sebenarnya, lho. Hal ini terjadi karena rusaknya gusi akibat terlalu sering terkena tajamnya tusuk gigi. Jika mencungkil sisa makanan dengan tusuk gigi terus dilakukan, lambat laun hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada akar gigi.


5. Merusak enamel gigi

Kredit Foto: pinterest.com

Enamel gigi adalah atau lapisan terluar dari gigi yang memiliki permukaan yang keras. Tapi meskipun keras, enamel gigi bisa terkikis dan rusak jika kamu keseringan mencungkil sisa makanan yang terselip dengan menggunakan tusuk gigi. . Enamel gigi yang rusak menyebabkan gigi mudah berubah warna dan menyebabkan gigi jadi sensitif

6. Napas bau

Kredit Foto: dumident.com

Makanan yang menyelip diantara rongga gigi jika dibiarkan terlalu lama tentu akan membusuk. Saat kamu mencungkilnya dengan tusuk gigi, maka bisa dipastikan napas kamu akan mengeluarkan bau tak sedap.


Nah sobat Omkumis, itu tadi bahaya yang mengintai jika kamu terlalu sering menggunakan tusuk gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di gigi. Lebih baik hentikan kebiasaan itu atau kamu akan menderita karena sakit gigi. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak lgi informasi tentang kesehatan, klik saja di sini.

Baca juga: