CANTIK

Sadar Gak, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kulit Wajah Jadi Kering dan Kusam. Segera Tinggalkan!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 17/09/2017 15:19 WIB


Sadar Gak, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bikin Kulit Wajah Jadi Kering dan Kusam. Segera Tinggalkan!
Om Kumis - Memiliki kulit wajah yang bersih, mulus, cerah, kencang serta sehat adalah dambaan bagi setiap perempuan. Banyak cara dilakukan oleh para perempuan demi mendapatkan kulit wajah yang mulus dan segar merona. Mulai dari cara tradisonal hingga melakukan perawatan wajah di salon adalah hal biasa dilakukan demi menambah kecantikan.

Namun meski sudah melakukan berbagai macam perawatan wajah, masih banyak faktor lain yang menyebabkan kulit wajah jadi kering dan kusam. Mulai dari masalah hormonal hingga faktor cuaca dan tingkat polusi yang berpengaruh terhadap timbulnya masalah pada kulit wajah. Selain itu, ternyata ada beberapa kebiasaan sepele yang sering kita lakukan dan hal itu justru bikin kulit wajah jadi kering dan kusam.


Lho, kebiasaan sepele seperti apa? Daripada penasaran, berikut ini Omkumis berikan penjelasan singkat tentang kebiaasaan sehari-hari yang jadi pemicu kulit jadi kering dan kusam. Simak di bawah ini ya.

1 . Malas menggunakan pelembap

Kredit Foto: beautyessential.net

Sesuai namanya, pelembap berfungsi untuk untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu pelembap juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah serta mengunci minyak alami tubuh. Kulit wajah butuh kelembapan supaya tidak kering dan terlihat kusam. Jika kamu tak ingin wajah kamu terlihat kusam, rajinlah menggunakan pelembap secara rutin. Banyak orang yang menyepelekan fungsi pelembap dan malas memakainya dengan alasan nggak mau ribet. Silakan saja kalau mau kulit wajah kamu kering dan terlihat kusam. Tak sedikit perempuan yang malas menggunakan pelembap dengan alasan nggak mau ribet. Padahal, pelembab sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit wajahmu. Selain memberikan nutrisi, pelembap juga akan mengunci minyak alami tubuh.


2. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Kredit Foto: youthmanual.com

Selain pelembap, tabir surya atau sunscreen alias sunblock juga wajib kamu gunakan. Ingat, Indonesia adalah Negara tropis. Terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat kulit wajah menjadi cepat kering dan kusam. Banyak orang, mungkin termasuk kamu, yang malas menggunakan tabir surya dengan alasan nggak mau ribet dan cuaca yang tak terlalu panas. Segera hilangkan pikiran itu, karena meski cuaca tak terlalu panas atau bahkan mendung sekalipun, sinar matahari tetap mempengaruhi kulit. Untuk itu jangan malas lagi memakai tabir surya saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

3. Menggunakan scrub secara berlebihan

Kredit Foto: destinationksa.com

Banyak perempuan yang menggunakan scrub untuk membuat wajah menjadi bersih dan bercahaya. Ya, scrub memang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran agar kulit lebih lembut dan bercahaya. Tapi harus diingat, jangan berlebihan atau terlalu sering menggunakan scrub. Ingat, scrub digunakan untuk pengelupasan sehingga semakin sering menggunakan scrub maka semakin banyak sel kulit yang akan terangkat. Tak hanya sel mati saja, melainkan sel kulit yang sehat juga terancam terangkat, selain itu minyak alami tubuh akan hilang.


4. Terlalu Sering Cuci Muka

Kredit Foto: yallaafeed.com

Semua orang wajib mencuci muka setiap hari supaya wajah jadi bersih dan segar. Ya, mencuci muka adalah cara termudah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada wajah. Bagi perempuan yang memakai make up, cuci muka juga wajib dilakukan untuk membersihkan make up. Tapi harus diingat, ternyata kita tidak boleh terlalu sering mencuci muka. Lho, kenapa? Ya, terlalu sering mencuci muka justru membuat kulit wajah jadi kering, karena minyak alami yang menjaga kelembapan kulit wajah berangsur terkikis dan hilang sehingga wajah jadi kering dan kusam.

5. Tidak Membersihkan Wajah sebelum Tidur

Kredit Foto: cleaningface.com

Meski terlihat sepele, tidak membersihkan wajah sebelumtidur akan membuat kulit wajah kamu menjadi kering dan kusam. Banyak orang malas membersihkan wajah sebelum tidur karena sudah capek dan sudah terlalu ngantuk. Segera hentikan kebiasaan buruk itu mulai sekarang. Setelah seharian memakai make up, maka sudah seharusnya make up itu kamu bersihkan sebelum tidur karena make up yang menempel bisa merusak jaringan kulit wajah. Jangan malas membersihkan supaya semua kotoran terangkat dan proses regenerasi kulit berjalan dengan lancar.

Itu tadi penjelasan singkat tentang kebiasaan yang terlihat sepele dan sering dilakukan, tapi bikin kulit wajah jadi kering dan kusam. Mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk tersebut ya. Kalau mau tahu lebih banyak informasi tentang kesehatan, klik saja di sini.

Baca juga: