KESEHATAN

5 Olahraga Ringan Sebelum Tidur Ini Bikin Istirahatmu Makin Berkualitas

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 24/09/2017 23:41 WIB


5 Olahraga Ringan Sebelum Tidur Ini Bikin Istirahatmu Makin Berkualitas
Om Kumis - Apa yang biasa kamu lakukan sesaat menjelang tidur? Membaca buku, bermain smartphone, atau menonton televisi? Ketiga kegiatan itu terkadang justru bikin orang malah jadi susah tidur. Sebenarnya ada satu kegiatan bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu lakukan sesaat menjelang tidur, dan kegiatan ini bikin kamu lebih cepat tertidur. Apakah kegiatan itu? Ya, kegiatan yang bermanfaat sekaligus mengasyikkan itu adalah: olahraga.

Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, karena pada dasarnya olahraga adalah kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sehingga kita harus meluangkan waktu untuk berolahraga. Olahraga ringan bisa kamu lakukan dimana saja, termasuk di dalam kamar atau bahkan di atas kasur sesaat sebelum memejamkan mata untuk beristirahat. Tahukah kamu, berolahraga sebelum tidur bisa membuat kualitas tidurmu lebih maksimal, bisa membuang racun dalam tubuh dan menghilangkan stress.

Baca juga: Tersiksa Karena Susah Tidur? Yuk, Lawan Insomnia Dengan 7 Makanan Enak Ini

Lalu olahraga apa yang bisa dilakukan sebelum tidur? Tenang, berikut ini Omkumis akan memberikan tips tentang olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sebelum tidur. Yuk simak baibaik di bawah ini.

1. Stretching ringan

Kredit Foto: lovielimes.com

Olahraga ringan yang paling gampang dilakukan adalah dengan melakukan stretching ringan. Kamu bahkan bisa melakukannya di atas kasur. Stretching ringan yang dimaksud adalah gerakan seperti peregangan leher (neck strech) untuk merilekskan otot leher, mendorong tangan ke atas (Hands interlocked overhead), serta gerakan menyentuh jari-jari kaki dengan tangan (reach toes). Stretching ringan akan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks dan tidak tegang sehingga aliran darah menjadi lancar dan kamu bisa tidur nyenyak.

2. Push Up

Kredit Foto: ladycarehealth.com

Olahraga ringan selanjutnya sebelum tidur adalah dengan melakukan gerakan push up. Kamu tidak butuh tempat luas untuk melakukan push up, cukup di dalam kamar saja. Banyak manfaat yang didapatkan dari push up, misalnya saja menjaga kesehatan otot dan tulang, membentuk otot tubuh bagian atas, dan bisa untuk mengecilkan perut. Lakukan push up secara rutin.

3. Sit Up

Kredit Foto: yolife.gr

Selain puh up, kamu juga bisa melakukan gerakan sit up menjelang tidur. Olahraga ini sangat sederhana dan bahkan kamu bisa melakukannya di atas kasur. Olahraga ini bisa bikin otot perut kamu makin kencang, membakar lemak di bagian perut, meminimalisir resiko osteoporosis, dan juga untuk melancarkan sistem peredaran darah dan sistem metabolisme tubuh.

4. Lari di tempat

Kredit Foto: womensok.com

Olahraga lari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, misalnya saja untuk  menyehatkan jantung dan paru-paru, memperkuat otot kaki, dan juga sangat efektif untuk membakar kalori. Kamu tak perlu lari keliling perumahan saat malam hari, kamu bahkan bisa melakukan olahraga lari di kamar, yaitu dengan lari di tempat.

5. Yoga

Kredit Foto: living.al

Olahraga selanjutnya yang bisa kamu lakukan sebelum tidur adalah dengan melakukan gerakan yoga. Banyak sekali manfaaat yang bisa kamu dapatkan dari yoga, misalnya saja membuat tubuh jadi rileks, mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, dan juga untuk melancarkan peredaran darah. Kamu bisa melakukan yoga dimanas saja, termasuk di kamar dan bahkan di atas tempat tidur.


Nah, itu tadi lima olahraga ringan yang bisa sobat Omkumis lakukan menjelang tidur. Banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan jika kamu melakukannya secara rutin. Selain menyehatkan, niscaya kamu akan terhindar dari insomnia yang menyebalkan itu. Bagi kamu yang ingin membaca artikel tentang kesehatan dan tips-tips kesehatan lainnya, langsung saja klik di sini.

Baca juga: