KESEHATAN

Sadar Gak, Kebiasaan Saat Makan Ini Justru Bikin Perut Jadi Cepat Lapar Lagi

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 22/10/2017 23:58 WIB


Sadar Gak, Kebiasaan Saat Makan Ini Justru Bikin Perut Jadi Cepat Lapar Lagi
Om Kumis - Apakah kamu pernah merasakan tiba-tiba merasa lapar, padahal kamu sudah makan beberapa saat lalu. Idealnya perut manusia akan merasa lapar sekitar lima atau enam jam sesudah makan besar, karena selama waktu itu makanan sudah dicerna secara maksimal dan zat gizi telah terserap melalui proses metabolisme. Nah, mungkin kamu merasa heran ketika belum ada dua jam makan besar tapi perut sudah keroncongan lagi.

Ternyata kamu tidak sendiri, karena banyak orang yang mengalami hal yang sama. Meskipun sudah makan banyak dan kenyang tapi tak berapa lama kemudian perut sudah terasa lapar menjadi keluhan banyak orang. Rasa lapar datang ketika tubuh mengirimkan sinyal ke otak bahwa ada kekurangan nutrisi dalam tubuh seperti berkurangnya kadar gula dan karbohidrat.

Ada beberapa faktor yangmenjadi penyebab perut terasa cepat lapar walau sudah diisi penuh. Salah satunya adalah karena kebiasaan saat makan yang kurang tepat dan juga pemilihan menu makanan.  Ya, tanpa kamu sadari beberapa kebiasaan yang mungkin kamu lakukan saat makan justru bikin perut jadi cepat lapar meski kamu sudah makan banyak dan kenyang, lho.

Mau tau apa saja kebiasaan saat makan yang kurang tepat  sehingga bikin perut cepat lapar? Yuk, simak baik-baik penjelasan Omkumis di bawah ini.


1. Makan terlalu cepat/terburu-buru

Kredit Foto: pinterest.com


Tahukah kamu, makan terlalu cepat alias terburu-buru justru akan membuat perut terasa lapar lebih cepat. Proses pencernaan makanan butuh waktu cukup lama sampai semua nutrisi terserap. Makan dengan terburu-buru akan  membuat nutrisi tak terserap secara maksimal sehingga hormon leptin, hormon yang mengirimkan sinyal kenyang ke otak tak sempat aktif. Ada baiknya kamu makan dengan santai dan tak terlalu cepat.


2. Makan setelah perut kosong dalam waktu lama

Kredit Foto: pinterest.com

Meski sudah kenyang, tapi makan setelah perut kosong dalam waktu lama akan bikin perut terasa lapar lebih cepat. Saat perut dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama, maka hormon ghrelin yang merangsang rasa ingin makan akan berproduksi.  Akibatnya kamu akan merasa cepat lapar. Oleh sebab itu, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong terlalu lama. Ada baiknya kamu ngemil supaya lambung tetap terisi.


3. Makan dalam keadaan stress

Kredit Foto: fb.ru

Banyak orang, mungkin termasuk kamu, yang ketika stress memilih untuk melampiaskannya dengan ngemil atau makan untuk meredakan tekanan dalam pikiran. Hal ini wajar karena saat stress hormon serotonin akan berkurang dan membuat perut terasa lapar, meski sebenarnya perut tidak dalam keadaan benar-benar lapar.

Nah, itu tadi beberapa kebiasaan buruk yang harus kamu hindari saat makan supaya kamu nggak cepat lapar lagi. Kalau mau baca tips-tips menarik lainnya seputar kesehatan, klik saja di sini.