KESEHATAN

7 Cara Mudah Mencegah Sakit di Musim Hujan Ini Terbukti Ampuh!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 25/10/2017 00:12 WIB


7 Cara Mudah Mencegah Sakit di Musim Hujan Ini Terbukti Ampuh!
Om Kumis - Cuaca menjadi salah satu faktor yang menyebabkan orang menjadi sakit, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini. Sudah bukan hal yang aneh ketika banyak orang gampang sakit saat musim hujan. Perubahan cuaca menjadi dingin terutama saat turun hujan membuat tubuh beresiko terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari flu, diare hingga demam berdarah mengintai kesehatan. Flu, batuk, pilek, dan demam, adalah penyakit yang paling sering menyerang manusia saat musim hujan.

Lalu bagaimana caranya kita tetap sehat di musim hujan dan terhindari dari segala macam penyakit itu? Tenang, berikut ini Omkumis akan membagikan tips tentang cara mudah yang terbukti ampuh untuk mencegah sakit saat musim hujan. Yuk, simak baik-baik di bawah ini ya.

1. Banyak minum air putih

Kredit Foto: usvnews.com

Dinginnya udara saat musim hujan bikin banyak orang malas minum karena nggak merasa haus. Padahal ini adalah kebiasaan yang salah. Meski dingin dan nggak merasa haus, kamu harus tetap minum untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Selain mencegah agar tidak mengalami dehidrasi, air juga bekerja sangat baik untuk membantu menurunkan suhu tubuh serta melunturkan racun yang ada di dalam tubuh. Jadi, meski nggak haus kamu harus tetap minum air putih setidaknya 1,5 liter setiap hari.


2. Konsumsi minuman hangat

Kredit Foto: bustle.com

Mengonsumsi minuman hangat adalah cara terbaik untuk menghangatkan tubuh dan melawan dingin saat musim hujan. Saat kamu merasa kedinginan, hal itu menadakan bahwa suhu tubuh kamu menurun yang bisa membuat daya tahan menurun. Nah, meneguk minuman hangat adalah solusi jitu untuk menaikan suhu tubuh secara cepat hingga mencapai kembali titik normal suhu tubuh. Sediakan minuman hangat kesukaan kamu untuk melawan dingin. Jika bingung ingin minum apa, Omkumis sarankan untuk mencoba minuman tradisional yang pernah kami bahas di sini: "Hangat dan Sedap! 7 Minuman Tradisional Khas Indonesia Ini Cocok Diminum Saat Musim Hujan."


3. Konsumsi makanan berkuah hangat

Kredit Foto: dramafever.com

Selain mengonsumsi minuman hangat, ada baiknya kamu juga mengonsumsi makanan berkuah yang hangat. Selain enak, hal ini juga bisa untu menaikkan suhu tubuh untuk melawan dingin. Sebaiknya kamu pilih makanan sehat seperti sup panas yang berisi berbagai makanan bergizi seperti sayur, wortel, dan kacang. Selain menghangatkan, tentunya rasanya juga lezat.

4.Konsumsi Vitamin C

Kredit Foto: searchherbalremedy.com

Tetap jaga asupan makanan bergizi selama musim hujan, terutama yang mengandung Vitamin C. Pasokan vitamin C yang cukup bagi tubuh, bisa membuat tubuh kebal terhadap penyakit. Konsumsilah lebih banyak makanan seperti sayur dan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi agar terhindar dari penyakit yang mengintai saat musim hujan.

5. Jaga kebersihan tangan

youbabyandi.com

Meski terlihat sepele, mencuci tangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan saat musim hujan. Biasakan mencuci tangan secara rutin untuk menghilangkan kotoran dan bakteri di tangan yang bisa memicu timbulnya sakit flu dan batuk. Saat musim hujan seperti sekarang ini tubuh lebih rentan terhadap gangguan penyakit salah satunya akibat bakteri yang menempel  di tangan.

6.Segera mandi dan keramas setelah kehujanan

Kredit Foto: net.hr


Setelah tubuh terkena guyuran air hujan alias kehujanan, segera mandi dan keramas hingga bersih. Selain membersihkan tubuh, mandi setelah kehujanan tujuannya adalah untuk menaikkan suhu tubuh dan membuat suhu tubuh kembali stabil. Oleh karena itu ada baiknya kamu mandi pakai air hangat.

7. Olahraga

Kredit Foto: upsocl.com

Semua orang tahu tentang manfaat olahraga untuk kesehatan. Nah, musim hujan seperti sekarang ini jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Kamu tetap bisa olahraga dan mengeluarkan keringat dengan berolahraga di dalam ruangan. Meski musim hujan, kamu tetap harus berolahraga secara rutin supaya badan tetap bugar dan sehat sehingga terhindar dari segala macam penyakit.

Nah, itu tadi tips dari Omkumis tentang cara mudah untuk mencegah sakit saat musim hujan. Semogaq tips di atas bermanfaat untuk Sobat Omkumis. Dapatkan tips-tips menarik lainnya tentang kesehatan di sini.

Baca juga: