KESEHATAN

Menakjubkan! Dibalik Rasanya Yang Pahit, Manfaat Teh Tawar Ternyata Manis!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 30/10/2017 01:18 WIB


Menakjubkan! Dibalik Rasanya Yang Pahit, Manfaat Teh Tawar Ternyata Manis!
Om Kumis - Teh adalah salah satu minuman paling populer di Indonesia dan juga di dunia. Indonesia sendiri dikenal sebagai salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Ya, teh disukai oleh banyak orang karena memang rasanya yang enak dan  cocok diminum kapan saja. Selain rasanya yang enak, minuman yang satu ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Hal ini karena dalam teh terdapat kandungan zat yang baik untuk kesehatan seperti flouride, kalsium, kafein, dan masih banyak lainnya.

Namun tahukah kamu, manfaat teh untuk kesehatan akan lebih maksimal jika diminum tanpa menambahkan gula. Meski rasanya manis dan lebih sedap, tapi menambahkan gula pada teh justru akan mengurangi manfaat teh itu sendiri. Teh tawar, sebutan populer untuk teh tanpa gula memang rasanya tawar sesuai namanya dan bahkan cenderung pahit. Tapi dibalik rasanya yang pahit itu, ternyata manfaat teh tawar sangat manis lho. Nggak percaya? Nih simak manfaat luar biasa teh tawar di bawah ini.

1. Melancarkan peredaran darah

Kredit Foto: wellbeingart.com

Teh memiliki kandungan zat flavonoid yang bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan rutin minum teh tawar, resiko pembuluh darah tersumbat akan semakin kecil.

2.  Menjaga kesehatan gigi

Kredit Foto: updatenews.today

Dalam teh terdapat zat flouride yang sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya plak serta berbagai macam bakteri di gigi. Tambahan gula pada teh justru bisa menyebabkan kerusakan gigi. Teh juga mengandung senyawa antimikroba yang berfungsi menguatkan gigi.

3. Mencegah kanker

Kredit Foto: playbuzz.com

Rutin minum teh tawar akan membuat kamu terhindar dari kanker karena teh tawar mengandung epigalio catechin gallate yang bisa berperan sebagai pembunuh berbagai sel kanker. Selain itu teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan senyawa polifenol yang juga bermanfaat dalam mencegah atau mengobati penyakit kanker.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Kredit Foto: paleofornewbies.com

Minum teh tawar secara teratur juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah karena teh memiliki kandungan Mangan yang berfungsi menjaga kadar gula dalam darah berada dalam posisi normal. Rutin minum teh tawar membuat kamu terhindar dari diabetes yang salah satu penyebabnya adalah keelbihan kadar gula dalam darah.

5. Menjaga kesehatan tulang

Kredit Foto: afamily.vn

Teh memiliki kandungan asam amino yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Asam amino bermanfaat untuk juga membantu pembentukan protein dalam membetuk tulang. Selain itu teh juga memiliki vitamin D yang tinggi sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan tulang.

6. Mencegah penyakit jantung

Kredit Foto: vov.vn

Minum teh tawar secara rutin bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung.Seperti dijelaskan pada poin nomor 4, teh sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga kesehatan jantung akan terjaga. Selain itu teh tawar mengandung sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kredit Foto: vital.de

Dalam teh terkandung senyawa polifenol katekin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu rutin minum teh tawar juga sangat bermanfaat untuk menjaga pencernaan tetap sehat karena dalam teh terkandung zat tanin yang cukup tinggi.


8. Menurunkan berat badan

Kredit Foto: boredcat.life

Rutin minum teh tawar, terutama teh hijau bermanfaat membantu untuk menurunkan berat badan sehingga sangat baik untuk kamu yang sedang diet. Hal ini karena teh tanpa tambahan gula tidak mengandung kalori. Minumlah setidaknya 3-4 cangkir teh tawar hijau sehari untuk mendapatkan badan yang langsing.


Nah itu tadi manfaat menakjubkan dari teh tawar. Jadi, nggak usah merasa malu lagi  memesan teh tawar saat jajan di warung makan atau restoran. Menambahkan gula atau krimer justru menghilangkan manfaat baik dari teh. Dapatkan informasi menarik lainnya tentang kesehatan hanya di sini.