KESEHATAN

Waspada! Inilah 6 Bahaya Yang Siap Mengintai Kesehatan Akibat Kebiasaan Menggigit Kuku

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Senin, 13/11/2017 01:28 WIB


Waspada! Inilah 6 Bahaya Yang Siap Mengintai Kesehatan Akibat Kebiasaan Menggigit Kuku
Om Kumis - Setiap orang tentu memiliki kebiasaan masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Banyak orang, mungkin termasuk kamu, saat sedang gugup, bosan, malu atau bahkan sedang bengong memiliki kebiasaan seperti memainkan rambut, menggigit bibir, menggoyangkan kaki, mencubit bibir, memegang kening, menepuk paha, atau juga menggigit kuku.

Kamu termasuk yang mana? Jika kamu termasuk dalam orang yang punya kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya hentikan mulai sekarang. Kenapa? Tahukah kamu ternyata kebiasaan menggigit kuku bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan tubuh kita, lho. Meski terlihat sepele, tetapi kebiasaan menggigit kuku ini juga dikenal sebagai Onychophagi ini akan sangat mengganggu karena jika tak segera dihentikan bakal membuat kesehatan kamu terancam bahaya. 

Mau tau bukti betapa berbahayanya kebiasaan menggigit kuku yang terlihat sepele itu untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak penjelasan dari Omkumis di bawah ini. Simak baik-baik ya. 

1. Infeksi

Kredit Foto: delhitopnews.com

Resiko kesehatan terbesar yang bisa kamu alami dari kebiasaan menggigit kuku adalah terkena infeksi. Meski kamu sudah mencuci tangan secara bersih, belum tentu kuman atau bakteri yang ada di bagian dalam kuku hilang. Saat kamu menggigit kuku pelindung antara kuku dan lipatan kuku pecah bakal mudah pecah. Nah, adanya celah akibat kuku yang pecah tadi bisa dengan mudah dimasuki oleh bakteri. Akibatnya jari kamu bisa terkena infeksi karena serangan bakteri dan kuman tadi.

2. Terkena radang tenggorokan dan diare

Kredit Foto: topsante.com

Apakah kamu yakin saat menggigit kuku, kuku kamu dalam keadaan bersih? Seperti sudah dijelaskan di poin nomor satu di atas, cuci tangan belum tentu bisa menghilangkan bakteri di bagian dalam kuku. Nah, saat kamu menggigit kuku, kuman dan bakteri yang ada di dalam kuku bakal dengan leluasa dan bebas masuk ke dalam mulut kamu. Saat kuman masuk ke mulut, resiko paling gampang dialami adalah timbulnya radang pada tenggorokan kamu atau bisa juga terkena diare.


3. Kutil

Kredit Foto: indiatimes.com

Kebiasaan menggigit kuku bisa menimbulkan munculnya kutil kuku. Hal ini karena adanya infeksi pada kuku seperti yang dijelaskan di poin nomor satu. Ingat, kutil bisa menyebar ke bagian tubuh lain. dan tentunya sangat mengganggu kesehatan. Kutil yang tumbuh di kuku juga bakal merusak pertumbuhan kuku dan sulit disembuhkan.

4. Merusak gigi

Kredit Foto: pinterest.com

Salah satu fungsi gigi adalah untuk memotong dan mengunyah makanan, bukan untuk memotong benda keras seperti kuku yang keras. Kuku yang berisi kuman bisa menyebabkan iritasi pada gusi dan menyebabkan gigi jadi keropos. Selain itu kebiasaan menggigit kuku bisa membuat struktur gigi berubah. Akibat menggigit kuku yang keras, gigi bisa saja bergeser dan keluar dari tempat yang semestinya. 

5. Merusak pertumbuhan kuku

Kredit Foto: wellbeingart.com

Menggigit kuku, apalagi jika terlalu keras akan membuat kuku terpotong dan tentunya tidak rapi seperti saat menggunakan gunting kuku. Akibatnya kuku yang terpotong tak beraturan tadi tumbuhnya juga tak beraturan. Bahkan bisa saja kuku tumbuh ke bawah dan menembus lapisan kulit sehingga akan terasa menyakitkan dan bisa menyebabkan infeksi.

6. Keracunan

Kredit Foto: saludario.com

Kebiasaan menggigit kuku bisa menyebabkan kamu keracunan. Terutama jika kamu termasuk orang yang suka mengecat kuku. Cat kuku tentu mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya jika tertelan. Nah, saat menggigit kuku maka senyawa kimia yang ada dalam cat kuku itu bisa tertelan dan bisa beresiko    menimbulkan keracunan.


Wah, ternyata serem ya resiko kesehatan akibat menggigit kuku. Nah, sekarang jadi tahu kan betapa berbahayanya kebiasaan menggigit kuku yang terlihat sepele itu. Mulai sekarang, hentikan kebiasaan buruk itu ya. Bagi kamu yang mau tau lebih banyak info tentang kesehatan, langsung saja klik di sini.