KESEHATAN

Meski Enak, Hindari 4 Minuman Ini Sebelum Berolahraga

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Selasa, 14/11/2017 10:34 WIB


Meski Enak, Hindari 4 Minuman Ini Sebelum Berolahraga
Om Kumis - Kesehatan menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan. Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga, oleh karena itu sempatkan diri dan luangkan waktu untuk tetap berolahraga setiap hari meski kamu sedang sibuk.

Sebelum berolahraga, tentunya tubuh kita butuh suntikan energi agar nggak lemas. Hal ini bisa didapatkan dari asupan makanan atau minuman. Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan banyak keringat. Nah, supaya tubuh nggak mengalami dehidrasi maka kamu wajib mencukupi kebutuhan cairan dengan asupan air baik sebelum dan sesudah berolahraga. Tapi ternyata nggak semua jenis minuman boleh dikonsumsi sebelum berolahraga, lho.

Memilih minuman yang tepat sebelum berolahraga akan menentukan performa, karena ada beberapa minuman yang jika kamu minum   sebelum berolahraga justru akan membuatmu nggak maksimal melakukan olah tubuh. Nah, mau tau apa saja minuman yang sebaiknya dihindari sebelum berolahraga? Yuk, simak penjelasan khas Omkumis di bawah ini.

1. Soda

Kredit Foto: lifemartini.com

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi memang menyegarkan. Tapi ternyata minuman yang menyegarkan itu harus dihindari sebelum berolahraga. Minuman ini justru bisa menyebabkan dehidrasi karena adanya kandungan sodium yang mengeluarkan cairan dari sel-sel tubuh. Selain itu karbonasi pada minuman soda juga bisa membuat perut jadi sakit dan kembung. Minuman yang mengandung pemanis buatan ini juga memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga bisa membuat gula darah tidak stabil, juga bisa menyebabkan kepala jadi pusing bahkan migrain dan membuat emosi jadi tidak stabil



2. Minuman Mengandung Susu

Kredit Foto: Tutastan.com

Siapa yang nggak suka susu? Tapi minum susu sebelum olahraga justru akan membuat olah tubuh kamu nggak optimal. Minum susu sebelum olahraga bisa membuat membuat perut nggak nyaman karena produksi gas dalam tubuh yang meningkat. Penyebabnya adalah kandungan protein, karbohidrat dan lemak yang tinggi pada susu memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh. Susu sebaiknya diminum
setelah olahraga.


3. Sari Buah

Kredit Foto: Thinkstock

Minum sari buah memang sangat menyegarkan, tapi ternyata minum sari buah sebelum berolahraga justru membuat tubuh terasa tak bertenaga. Hal ini bisa terjadi karena sari buah mengandung banyak gula yang berasal dari sirup jagung yang tinggi fruktosa sehingga menyebabkan gula darah tak stabil, naik turun dengan cepat. Selain itu kandungan pemanis buatan dalam sari buah bisa menyebabkan obesitas, kerusakan liver, dan mengganggu metabolisme.


4. Alkohol

Kredit Foto: newtrade.com.br

Minuman beralkohol bukanlah pilihan yang baik untuk dikonsumsi baik sebelum maupun setelah berolahraga. Jika kamu mengonsumsi minumal beralkohol sebelum melakukan olah tubuh, tubuh kamu terancam mengalami dehidrasi. Selain itu minuman beralkohol juga memberi efek buruk terhadap keseimbangan tubuh.


Setuju nggak kalau minuman di atas berasa enak di mulut? Tapi sebaiknya kamu jangan minum empat jenis minuman di atas sebelum berolahraga ya karena aktivitas olah tubuh kamu malah bisa nggak optimal. Dapatkan info-info menarik lainnya tentang kesehatan dan juga tips-tipsnya di sini.

Baca juga: