KESEHATAN

Luar Biasa! Inilah 7 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Tahu

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 15/11/2017 11:05 WIB


Luar Biasa! Inilah 7 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Yang Wajib Kamu Tahu
Om Kumis - Darah adalah salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia dan tidak ada yang bisa menggantikan darah manusia. Tahukah kamu, setiap tahunnya ada jutaan orang yang butuh transfusi darah demi kelangsungan hidup mereka. Nah, salah satu cara untuk membantu menyelamatkan hidup mereka adalah dengan menjadi pendonor darah. Donor darah menjadi salah satu kegiatan sosial yang positif, mulia dan  bermanfaat untuk keselamatan hidup orang lain.

Banyak orang yang takut untuk menjadi pendonor darah karena takut jarum suntik sehingga memilih mengabaikan kegiatan donor darah. Tapi sadar nggak, setetes darah yang kamu donorkan bisa menjadi pertolongan yang sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Tahukah kamu, ternyata manfaat donor darah tak hanya dirasakan oleh orang yang menerimanya saja, melainkan juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh pendonornya. 

Lalu apa saja manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh pendonornya? Yuk, simak penjelasan ringan dan khas dari Omkumis di bawah ini. Simak baik-baik ya.

1. Melancarkan Aliran Darah

Kredit Foto: pinterest.com

Salah satu indikasi tubuh sehat adalah lancarnya aliran darah dalam tubuh. Nah, donor darah bisa membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh. Donor darah secara teratur juga bisa menurunkan kekentalan darah. Semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh maka semakin besar pula kemungkinan terjadinya sumbatan pembuluh darah.


2. Melindungi jantung

Kredit Foto: qulfeyes.net

Salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung adalah karena aliran darah dalam tubuh yang tak lancar dan terlalu kentalnya darah dalam tubuh. Salah satu fungsi jantung adalah  memompa darah untuk dialirkan ke tubuh. Semakin kental darah dalam tubuh maka kerja jantung akan berat dan beresiko terkena gangguan. Seperti sudah dijelaskan di poin pertama di atas, salah satu cara untuk memperlancar aliran darah dan mengurangi kekentalan darah dalam tubuh adalah dengan melakukan donor darah. akan menjadi lebih sehat dan jauh dari gangguan dan kelainan jantung. Nah, itulah kenapa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki resiko lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung


3. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah (Regenerasi Sel Darah Merah)

Kredit Foto: mitchellsfrontpage.com

Darah pun perlu regenerasi supaya tetap segar dan membuat badan sehat. Dengan mendonorkan darah secara rutin dapat membantu merangsang produksi sel-sel darah baru. Saat donor darah tentu sel darah merah yang ada dalam tubuh pendonor akan berkurang. Hal ini akan merangsang sumsum tulang belakang untuk memproduksi sel-sel darah merah yang baru dan segar untuk menggantikan yang hilang saat donor darah.


4. Menurunkan Level Zat Besi Dalam Darah

Kredit Foto: theactivetimes.com

Melakukan donor darah secara teratur bisa membantu menurunkan level zat besi dalam darah. Tingginya level zat besi dalam darah akan meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung dan juga kanker. Oleh karena itu, lakukan donor darah secara teratur.


5. Mencegah Kanker

Kredit Foto: magito.ir

Seperti sudah dijelaskan pada poin nomor 4 di atas, salah satu manfaat dari donor darah adalah membantu menurunkan level zat besi dalam darah. Salah satu faktor yang bisa memicu terkena kanker adalah tingginya zat besi dalam darah, sehingga dengan turunnya zat besi tentu akan menurunkan resiko terkena kanker. Dengan rutin melakukan donor darah maka kamu akan beresiko lebih sedikit terkena berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker tenggorokan.

6. Menurunkan Berat Badan

Kredit Foto: womanshape.ru

Apakah kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan dan tetap gagal? Ada baiknya kamu mencoba menurunkan berat badan dengan melakukan donor darah. Mendonorkan darah membuat kalori dalam tubuh terbakar. Oleh karena itu dengan mendonorkan darah secara teratur maka artinya kamu juga sedang  membakar kalori dalam tubuh secara teratur sehingga berat badan kamu juga akan turun.

7. Panjang Umur

Kredit Foto: wofollow.com

Ternyata donor darah juga bisa memperpanjang umur, lho. Melakukan donor darah secara teratur bisa mencegah penuaan dini. Seperti dijelaskan di poin nomor 4 di atas, donor darah bisa membantu menurunkan level zat besi dalam darah. Zat besi  dalam jumlah banyak diketahui mengandung radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini. Selain itu donor darah secara teratur akan membantu kulit melakukan regenerasi secara sempurna sehingga mencegah timbulnya keriput. Donor darah juga bisa membuat kadar stress menurun dan membuat pikiran lebih rileks. Badan yang sehat dan pikiran yang tenang tentu akan membuat kamu panjang umur.


Wah, ternyata banyak sekali manfaat dahsyat yang didapat dari donor darah ya. Nah, mulai sekarang buang jauh-jauh rasa takut akan jarum suntik yang bikin kamu enggan melakukan donor darah. Dengan menjadi pendonor, kamu nggak cuma menolong orang lain lain melainkan juga menolong diri kamu sendiri untuk selalu sehat. Mau tau info menarik lainnya tentang kesehatan? Klik saja di sini.