KESEHATAN

Menakjubkan! 12 Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Menjadi Obat

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 15/11/2017 18:29 WIB


Menakjubkan! 12 Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Menjadi Obat
Om Kumis - Fungsi utama bumbu adalah memberi rasa, aroma dan warna khas pada masakan. Namun, ternyata bumbu dapur seperti kunyit, jahe, lengkuas, dan bumbu lainnya tak hanya sekedar berfungsi sebagai penyedap masakan saja lho. Tahukah kamu, aneka bumbu dapur itu bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Khasiat aneka bumbu dapur untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit itu sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Berbagai riset dan penelitian untuk membuktikan khasiat bumbu dapur untuk kesehatan juga telah banyak dilakukan di jaman modern, dan memang aneka bumbu dapur itu terbukti ampuh untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan kini banyak obat herbal diproduksi dengan bahan baku bumbu dapur.

Lalu apa saja bumbu dapur yang bisa diimanfaatkan untuk dijadikan obat? Yuk, langsung saja simak rangkuman khas Omkumis di bawah ini. Simak baik-baik ya.

1. Kunyit

Kredit Foto: pinterest.com

Kunyit bermanfaat untuk melezatkan masakan sekaligus menjadi pewarna makanan alami. Ternyata kunyit punya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Kunyit bermanfaat untuk meringankan radang, penurun panas atau demam, mengobati luka, mencegah infeksi, menurunkan tekanan darah, meringankan gatal karena cacar air, mengatasi masalah pencernaan, memperlancar ASI, hingga mengatasi diabetes.

2. Bawang merah

Kredit Foto: LinkedIn.com

Bawang merah sudah sering digunakan sebagai obat sejak jaman dulu. Bawang merah sering dijadikan obat untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Bawang merah sangat ampuh digunakan untuk melancarkan buang air kecil maupun besar, mengatasi batuk dan pilek pada bayi, mengatasi perut kembung, menurunkan demam,mengurangi tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.


3. Bawang Putih

Kredit Foto: superfood-master.com

Bawang putih adalah bumbu dapur untuk menambah rasa gurih pada masakan ini mengandung sumber vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh seperti fosfor, kalium, natrium, magnesium, dan besi. Bawang putih dikenal ampuh menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu bawang putih juga sering digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol, pengencer darah, meredakan asam lambung, mencegah kanker, dan  membantu menghambat proses penuaan dini.


4. Jahe

Kredit Foto: pinterest.com

Jahe tak hanya bermanfaat sebagai penyedap rasa makanan, melainkan juga sering dimanfaatkan untuk jadi minuman penghangat. Jahe diketahui mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, B1, C dan juga protein. Jahe bisa juga dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah mual dan muntah, menyembuhkan batuk, sakit kepala, rematik, mengatasi perut kembung, melancarkan peredaran darah, menurunkan kolesterol, dan juga sebagai obat anti alergi.

5. Kencur

Kredit Foto: topsante.com

Selain menjadi bumbu penyedap makanan, kencur dikenal sebagai bahan baku jamu tradisional. Kencur juga sering dijadikan obat untu mengatasi batuk dan sakit tenggorokan, obat penambah nafsu makan dan mengatasi sakit kepala.


6. Serai

Kredit Foto: Imgrum.org

Serai atau yang sering disebut dengan sereh adalah bumbu penyedap rasa yang juga sering dijadikan untuk minuman penghangat dan penyegar. Ternyata serai juga bisa dijadikan obat untuk mengobati gangguan pencernaan, mengobati infeksi pada kulit, menghilangkan jerawat, dan meningkatkan fungsi system syaraf.

7. Daun Salam

Kredit Foto: flowerian.com

Daun salam digunakan sebagai penyedap makanan karena memiliki aroma yang khas. Daun salam diketahui mengandung minyak atsiri dan ekstrak etanol yang bisa dijadikan obat untuk mengatasii jamur dan jgua sebagai anti bakteri. Daun salam juga dikenal ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan juga menjadi obat penyakit diare dan sakit maag.

8. Kayu manis

Kredit Foto: rakuten.co.jp

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, kayu manis dikenal bisa dijadikan obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kayu manis diketahui sangat ampuh untuk menurunkan kadar gula darah, mengatasi infeksi kandung kemih, menurunkan kadar kolesterol, mengatasi demam, mengatasi  batuk kronis, sinus, meredakan perut kembung, menurunkan berat badan, mencegah kanker, dan juga
untuk mengendalikan diabetes.

9. Lengkuas

Kredit Foto: pinterest.com

Lengkuas atau laos menjadi bumbu yang nikmat saat kita membuat ayam goreng lengkuas. Selain itu lengkuas juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, obat reumatik, dan kembung.


10. Pala

Kredit Foto: sjinternasional.com

Pala dikenal sebagai rempah-rempah untuk bumbu penyedap masakan. Selain sebagai penyedap rasa, pala juga bisa dijadikan obat yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Pala juga ampuh untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

11. Merica

Kredit Foto: pinterest.com

Merica adalah bumbu dapur yang memberi rasa pedas dalam masakan. Ternyata merica juga ampuh untuk dijadikan sebagai obat untuk mengatasi berbagai masalah seperti penyakit asma, mengatasi bau keringat, menyegarkan badan, meringankan rematik, dan juga bisa meringankan sakit kepala.

12. Cabe

Kredit Foto: thepicta.com

Cabe adalah bumbu dapur yang memberi rasa pedas dalam masakan. Meski pedas, ternyata cabe bisa dijadikan obat yang baik untuk kesehatan. Cabe dapat dijadikan obat untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu juga bisa dijadikan obat untuk mengurangi sinusitis, pereda pilek dan hidung tersumbat, pereda demam, menurunkan kadar kolesterol, dan juga antibiotik alami.


Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat lain dari bumbu dapur. Selain sebagai penyedap makanan, ternyata bumbu dapur bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi masalah kesehatan. Dapatkan info-info menarik lainnya tentang kesehatan, kuliner, dan gaya hidup hanya dengan klik di sini.