KESEHATAN

Ini Dia 7 Buah Penurun Gula Darah Yang Paling Ampuh

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 18/11/2017 01:30 WIB


Ini Dia 7 Buah Penurun Gula Darah Yang Paling Ampuh
Om Kumis - Kadar gula darah yang normal pada tubuh penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh. Namun tingginya kadar gula di dalam darah bisa membuat orang menderita penyakit diabetes. Kamu tentu sudah tahu bahwa diabetes adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain. Menurut data, diabetes adalah penyakit pembunuh nomor tiga di dunia setelah stroke dan jantung koroner. Timbulnya diabetes seringkali disebabkan karena gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat.

Banyak cara dilakuka oleh orang-orag untuk mencegah dan menyembuhkan diabetes,. Salah satu cara paling ampuh untuk menurunkan kadar gula darah supaya tidak terkena diabates adalah dengan menjalankankan pola hidup sehat, misalnya dimulai dengan mengomsumsi makanan dan minuman  sehat. Salah satu contoh makanan sehat itu tentu saja adalah buah. Tahukah kamu bahwa denga  rajin mengonsumsi beberapa jenis buah terbukti bisa menurunkan kadar gula darah yang menjadi faktor utama pemicu diabetes.

Mau tau buah apa saja yang bermanfaat sebagai penurun gula darah? Langsung saja simak penjelasan ringan dan khas dari Omkumis di bawah ini. Yuk, simak baik-baik ya.

1. Apel

Kredit Foto: thinkfreshpmb.co.za

Apel dikenal sebagai buah dengan seribu manfaat, bahkan ada idiom yang mengatakan dengan memakan sebutir apel setiap hari maka akan menjauhkan dari berbagai macam penyakit. Apel juga sangat berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Apel mengandung asam galacturonic yang terdapat pada pektin juga terbukti dapat menurunkan kadar insullin dalam tubuh dan mencegah naiknya kadar gula darah. Bahkan makan dua buah apel setiap hari diyakini bisa  mempercepat proses penyembuhan penyakit diabetes.

2. Pir

Kredit Foto: daily-sun.com

Pir diketahui sebagai buah yang kaya akan serat, memiliki sifat antioksidan dan terkandung berbagai vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah pir juga dikenal sebagai buah penurun kadar gula darah dalam tubuh. 

3. Buah kiwi

Kredit Foto: rssrradiance.com

Buah kiwi diketahui sebagai buah kaya serat serta penurun gula darah yang ampuh. Buah kiwi disarankan untuk sering dikonsumsi oleh penderita  penyakit kencing manis karena buah kiwi mengandung zat inositol atau B8 yang bermanfaat untuk mengobati penyakit kencing manis. Makanlah buah kiwi secara rutin sehingga kadar insulin dalam tubuh selalu terkendali.

4. Jeruk bali

Kredit Foto: megachudnute.sk

Jeruk bali diketahui sebagai buah yang sangat efektif dan ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta membantu mengontrol kadar gula darah. Jeruk berukuran besar ini mengandung kalsium, fosfor, dan juga senyawa naringenin yang terbukti dapat meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin serta mengontrol kadar gula dalam darah.

5. Ceri

Kredit Foto: letspepapp.com

Meskipun berukuran kecil, buah ceri memiliki baneryak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah ceri memiliki kandungan berbagai macam vitamin dan juga dikenal sebagai antioksidan. Buah ceri diketahui sangat efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah karena memiliki kandungan zat  anthocyanin yang bisa meningkatkan produksi insulin secara cepat dan juga mencegah kenaikan kadar gula darah.

6. Alpukat

Kredit Foto: youthvillageng.com

Alpukat dikenal sebagai makanan kaya akan serat dan mengandung lemak tak jenuh tunggal atau yang sering disebut dengan lemak baik. Alpukat dikenal sangat bermanfaat sebagai buah penurun gula darah dalam tubuh yang ampuh. Kandungan lemak baik dalam alpukat mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan juga bisa mengatur serta mengendalikan kadar gula dalaam darah agar tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

7. Buah mengkudu

Kredit Foto: gambartop.com

Buah mengkudu dikenal memiliki rasa yang pahit. Namun dibalik rasa pahit tersebut, buah mengkudu memiliki manfaat besar sebagai buah penurun kadar guka darah yang ampuh dan efektif. Minum jus mengkudu satu kali sehari secara rutin dapat menjaga kadar gula darah tetap normal dan mampu menurunkan kadar gula secara signifikan pada penderita diabetes tipe 2.

Sobat Omkumis, itu tadi tujuh jenis buah yang sangat ampuh dan efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Jangan bosan untuk selalu makan buah ya, supaya kesehatan kamu juga selalu terjaga dan jauh dari segala macam penyakit. Semoga informasi dari Omkumis berguna untuk sobat Omkumis. Dapatkan info menarik lainnya tentang kesehatan di sini.

Baca juga: