KESEHATAN

Penting! Inilah 5 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 22/11/2017 00:41 WIB


Penting! Inilah 5 Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Berolahraga
Om Kumis -
Kita semua tahu bahwa olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, oleh karena itu biasakan diri untuk selalu berolahraga. Sempatkan waktumu untuk  berolahraga meski harimu penuh kesibukan yang menyita waktu. Nah, setelah berolahraga, apa yang kamu rasakan? Selain rasa capek, biasanya muncul rasa lapar. Ya, saat berolahraga tubuh akan kehilangan banyak nutrisi dan energi sehingga wajar jika terbit rasa lapar usai melakukan aktivitas fisik. Tubuh butuh asupan makanan yang dapat menambah atau menggantikan energi yang hilang saat berolahraga dan membuat tubuh pulih dengan cepat.

Namun ternyata tak semua makanan aman untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Kamu harus pintar dan jeli dalam memilih makanan untuk dikonsumsi setelah berolahraga. Tahukah kamu, meskipun terdengar sepele, tapi asupan makanan setelah berolahraga itu jauh lebih penting ketimbang makan di waktu lain. Alih-alih jadi sehat dan bugar, kesalahan dalam memilih makanan justru akan membuat tubuh kesulitan untuk mengembalikan enrrgi yang hilang saat berolahraga.

Lalu apa saja makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi setelah berolahraga? Berikut ini Omkumis akan berikan alasannya dengan penjelasan singkat. Yuk, simak baik-baik di bawah ini.

1. Daging merah

Kredit Foto: likeni.info

Hindari mengonsumsi semua jenis daging merah etelah olahraga. Meskipun rasanya lezat, daging merah pantang dimakan usai melakukan aktivitas fisik. Hal ini karena daging merah sulit untuk dicerna. Selain itu dagig merah mengandung lemak jenuh yang tinggi, sehingga makan daging merah bisa berpotensi membuat pembuluh darah tersumbat.

2. Sayuran mentah

Kredit Foto: manfaatbuahsehat.com

Sayuran adalah makanan yang menyehatkan karena memiliki banyak vitamin dan kandungan zat-zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tuubih. Tapi meski segar, sayuran mentah pantang dimakan usai berolahraga karena tubuh memerlukan makanan yang kaya nutrisi dan vitamin untuk menggantikan energi dan nutrisi yang berkurang saat berolahraga. Nah, makan sayuran mentah saja tak cukup untuk mengembalikan energi. Tubuh perlu makanan yang kaya serat dan protein yang lebih dari sayuran mentah saja.

3. Camilan asin

Kredit Foto: natursan.net

Makanan ringan alias camilan dengan rasa asin yang gurih memang enak dikonsumsi kapan saja. Namun hindarilah makan snack asin setelah berolahraga. Tahukah kamu, makan camilan asin dan gurih usai berolahraga justru dapat mengganggu keseimbangan mineral dan air dalam tubuh.

4. Coklat

Kredit Foto: newsbeast.com

Siapa sih yang nggak suka coklat? Selain enak, coklat juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Namun, coklat ternyata jadi makanan yang nggak boleh dimakan setelah berolahraga. Coklat nggak memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah berolahraga dan tingginya kandungan kalori dalam coklat justru akan membuat olahraga yang akan kamu lakukan sia-sia.


5. Roti putih

Kredit Foto: dailyhunt.in

Makanan selanjutnya yang nggak boleh dimakan setelah berolahraga adalah roti putih. Roti putih juga tidak memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh setelah berolahraga. Seperti diketahui, roti putih terbuat dari pati yang ketika dikonsumsi akan diubah menjadi gula dengan sangat cepat. Selain itu kandungan karbohidrat pada roti putih juga sangat tinggi sehingga berpotensi menimbulkan tumpukan lemak berlebih pada tubuh.


Wah, ternyata nggak boleh sembarangan memilih makanan setelah berolahraga ya. Telitilah memilih menu makanan supaya olahragamu nggak sia-sia. Semoga informasi dari Omkumis ini bermanfaat untuk sobat Omkumis tercinta. Salam olahraga! Dapatkan informasi menarik lainnya tentang kesehatan, di sini.


Trending

  • {{ trend.numb }}