KESEHATAN

Waspada, Inilah 5 Bahaya Yang Mengintai Jika Tidur Terlalu Lama

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 08/12/2017 22:47 WIB


Waspada, Inilah 5 Bahaya Yang Mengintai Jika Tidur Terlalu Lama
Om Kumis - Tidur yang cukup dan berkualitas penting untuk kesehatan tubuh kita. Kurangnya waktu tidur mempunyai dampak buruk pada kesehatan dan membuat tubuh rentan terserang berbagai penyakit. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk istirahat dan harus tidur sekitar 6-8 jam setiap hari untuk memulihkan kondisi tubuh setelah seharian beraktivitas. Tahukah kamu, tidur cukup setiap malam membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi alias mengeluarkan racun yang terbentuk dalam tubuh.

Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup supaya badan selalu bugar dan terhindar dari resiko  terkena penyakit. Lalu bagaimana kalau kita terlalu lama tidur? Ternyata tak hanya kurang tidur yang membahayakan kesehatan, namun tidur terlalu lama juga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Lho, kok bisa? Ya, menurut berbagai penelitian, terlalu lama tidur bisa membuat tubuh rentan terserang berbagai penyakit mulai dari penyakit ringan hingga mematikan. Wah, serem banget ya. Yuk, ketahui bahaya akibat kelamaan tidur di bawah ini. Simak baik-baik ya.

1. Melemahkan Fungsi Otak

Kredit Foto: happycenter.com.tr

Setelah beraktivitas sepanjang hari, bukan hanya tubuh saja yang lelah tapi otak juga merasa lelah. Tubuh dan otak perlu istirahat dalam waktu yang cukup sehingga otak menjadi segar dan rileks. Namun terlalu lama tidur justru bisa memperlambat fungsi sel otak dan beresiko  membuat otak tidak bekerja dengan maksimal. Salah satu hal yang sering terjadi  adalah terjadinya penurunan konsentrasi penurunan daya ingat.

2. Sakit Punggung

Kredit Foto: pinterest.com

Sadar gak, nyeri punggung bisa terjadi hanya karena kamu kelamaan tidur. Minimnya aktivitas yang di lakukan tubuh dalam waktu lama bisa menimbulkan rasa nyeri. Saat kamu tidur terlalu lama, tentu semua bagian tubuh minim aktivitas dan cenderung diam dalam waktu lama. Semakin lama kamu tertidur maka rasa nyeri di punggung lebih mudah timbul. 

3. Penyakit Jantung

Kredit Foto: arkouda.gr

Kamu pasti tahu betapa berbahayanya penyakit jantung, Serangan penyakit jantung bisa disebut sebagai penyaki pembunuh nomor satu. Nah, sudah banyak  penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa tidur lebih dari 9 jam sehari meningkatkan resiko terkena serangan penyakit jantung. Sementara waktu tidur yang normal adalah 6-8 jam per hari.

4. Obesitas

Kredit Foto: baxcha.com

Tidur terlalu lama bisa meningkatkan risiko obesitas alias kenaikan berat badan yang berlebihan. Hal ini karena tidur terlalu membuat tubuh kamu otomatis tidak bergerak aktif dalam waktu yang lama sehingga lebih sedikit kalori dalam tubuh yang terbakar. Tubuh yang kurang gerak juga membuat lemak lemak yang ada di dalam tubuh tetap menumpuk dan tidak terbakar.

5. Diabetes

Kredit Foto: pinterest.com

Salah satu faktor yang bisa membuat kadar gula dalam tubuh meningkat adalah karena pola tidur yang tak teratur. Seperti halnya dengan orang yang kurang tidur, terlalu lama tidur juga bisa meningkatkan potensi risiko terkena diabetes. Bahkan menurut sebuah penelitian, orang yang tidur terlalu lama memiliki resiko terkena diabetes tipe dua dibanding mereka yang lebih singkat waktu tidurnya.

Wah, ternyata serem juga ya akibat kalau kita kelamaan tidur. Sekali lagi aturlah pola tidur secara teratur setiap harinya supaya kamu tidak terserang lima masalah kesehatan di atas. Bagi kamu yang masih ingin mendapatkan info-info dan tips seputar kesehatan, klik saja di sini. 

Baca juga: