KESEHATAN

Sadar Gak, 5 Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Bisa Bikin Gigi Rusak Lho

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Sabtu, 09/12/2017 23:00 WIB


Sadar Gak, 5 Kebiasaan Buruk Sehari-hari Ini Bisa Bikin Gigi Rusak Lho
Om Kumis - Fungsi utama gigi adalah untuk menggigit dan mengunyah makanan. Selain itu, memiliki deretan gigi yang bersih dan indah juga menunjang penampilan serta menambah kepercayaan diri. Oleh karena itu kesehatan gigi dan mulut harus selalu terjaga. Jika kamu pernah merasakan betapa tersiksanya saat dilanda sakit gigi, maka kamu akan mulai menyadari betapa pentingnya punya gigi yang bersih dan sehat.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan gigi,mulai dari rajin menggosok gigi,hingga rajin ke dokter gigi. Begitu pula sebaliknya ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab rusaknya gigi. Salah satu faktor utama penyebab rusaknya gigi adalah kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat dan membahayakan yang bahkan  tanpa disadari bisa merusak gigi.

Lalu, kebiasaan sehari-hari seperti apa yang bisa menyebabkan gigi jadi rusak? Daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan singkat khas Omkumis di bawah ini, Baca sampai habis ya.

1. Menggosok gigi terlalu keras

Kredit Foto: kuaibao.com

Tahukah kamu, meskipun rajin gosok gigi tapi jika dengan cara yang salah jsutru bisa bikin gigi kamu rusak,lho. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan saat gosok igi adalah menggosok gigi terlalu keras. Menggosok gigi terlalu keras, apalagi menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras bisa menghilangkan enamel pelindung gigi secara permanen. Akibatnya, gusi akan menipis dan memicu gigi sensitive serta merusak gigi.

2. Pakai tusuk gigi

Kredit Foto: pinterest.co.uk

Fungsi tusuk gigi adalah untuk membersihkan sisa makanan yang menyelip di gigi. Bagi yang giginya bolong, tusuk gigi menjadi senjata utama untuk mencungkil makanan yang menyelip. Namun jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka beresiko akan merusak gigi. Membersihkan sisa makanan dengan tusuk gigi bisa menyebabkan pendarahan pada gusi dan juga pengikisan enamel pelindung gigi. Bahaya penggunaan tusuk gigi pernah Omkumis bahas dalam artikel:

3. Menggeretakkan gigi

Kredit Foto: pinterest.com

Banyak orang, mungkin termasuk kamu, memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi, terutama saat tidur. Tahukah kamu kebiasaan ini juga bisa membuat gigi rusak. Menggertakkan gigi alias menggesekken gigi atas dan gigi bawah bisa menyebabkan sakit pada sendi rahang, dan rusaknya enamel pelindung gigi.

4. Membuka sesuatu pakai gigi

Kredit Foto: wisebread.com

Apakah kamu sering menyobek kemasan plastic dengan gigi? Atau malah membuka tutup botol dengan gigi? Jika iya, segera hentikan kebiasaan itu. Kebiasaan itu jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan gigi retak atau malah pecah.

5. Menggigit barang

Kredit Foto: baomoi.com

Banyak orang yang punya kebiasaan menggigit sesuatu seperti pensil untuk meredakan ketegangan pikiran. Mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk itu .Barang yang masuk ke mulut itu belum tentu bersih sehingga beresiko membawa kuman masuk ke mulut dan menyebabkan iritasi pada mulut dan juga menyebabkan gigi rusak. Menggigit-gigit barang juga bisa menyebabkan gigi jadi retak atau pecah.

Sobat Omkumis, itu tadi beberapa kebiasaan buruk sehari-hari yang tanpa kita sadari bisa menyebabkan rusaknya gigi. Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk di atas supaya kesehatan gigi terjaga, bebas dari segala macam penyakit. Dapatkan info-info menarik lainnya tentang kesehatan di sini.

Baca juga: