KESEHATAN

7 Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Digunakan Untuk Meredakan dan Menyembuhkan Batuk

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Kamis, 21/12/2017 01:57 WIB


7 Bumbu Dapur Ini Ternyata Bisa Digunakan Untuk Meredakan dan Menyembuhkan Batuk
Om Kumis - Bagi kamu yang punya hobi memasak tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya jahe, kencur, atau kunyit. Ya, mereka termasuk bumbu dapur yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Selain sebagai penyedap rasa, beberapa bumbu dapur bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan dan juga pencetus aroma wangi dalam masakan.

Ternyata, ada beberapa bumbu dapur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan sering digunakan sebagai obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya untuk meredakan dan menyembuhkan batuk. Batuk adalah salah satu penyakit yang paling menyebalkan. Meskipun dianggap sebagai penyakit masuk dalam kategori ringan, tapi batuk bisa membuat aktivitas keseharian terganggu. Tak hanya itu, batuk seringkali membuat sang penderita nggak bisa tidur nyenyak.

Nah, saat kamu mulai terganggu dengan batuk, coba saja manfaatkan beberapa bumbu dapur untuk meredakan dan menyembuhkannya. Mau tau bumbu dapur apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk? Yuk, simak penjelasan singkat khas Omkumis di bawah ini.

1. Jahe

Kredit Foto: baomoi.com

Selain sebagai bumbu masakan, jahe juga sering dijadikan bahan untuk membuat minuman penghangat tubuh. Nah, saat batuk konsumsilah minuman jahe atau yang biasa disebut dengan wedang jahe untuk menghangatkan tenggorokan dan mengusir batuk. Caranya membuatnya pun sangat mudah, rebuslah irisan jahe hingga mendidih atau hingga air berubah warna. Kemudian minumlah selagi panas atau hangat, paling tidak 3-4 kali sehari.


2. Kunyit

Kredit Foto: diyadinnet.com

Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, kunyit juga serig digunakan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan. Ternyata kunyit juga punya manfaat ampuh untuk meredakan dan menyembuhkan batuk. Saat kamu terganggu batuk, minumlah ramuan yang terbuat dari rebusan air yang sudah dicampurkan, bubuk kunyit dengan satu sendok merica. Miumlah secara rutin hingga batuk menyebalkan itu hilang.


3.  Asam Jawa

Kredit Foto: newscrab.com

Sesuai namanya, asam jawa memiliki rasa yang asam dan kecut. Namun asam jawa termasuk bumbu dapur yang berfungsi membuat makanan tambah sedap. Dibalik rasanya yang asam itu, ternyata asam jawa ini diketahui memiliki khasiat yang ampuh untuk menghilangkan batuk. Cara membuat ramuannya juga sangat mudah. Cukup rebus asam jawa dengan sedikit air, tambahkan gula merah secukupnya untuk menyamarkan rasa asamnya dan minumlah secara rutin untuk menyembuhkan batuk yang menyebalkan itu. 


4. Kencur

Kredit Foto: manfaatjahemerah.com

Selain menjadi bumbu penyedap makanan, kencur dikenal sebagai bahan baku jamu tradisional. Bumbu dapur ini juga sering digunakan untuk menyembuhkan batuk secara alami. Cara membuat ramuan obat dari kencur juga sangat gampang. Parutlah kencur, kemudian rebuslah hingga mendidih, kemudian saring dan buang ampasnya sebelum meminumnya. Tambahkan dengan jahe untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kayu Manis

Kredit Foto: pixabay.com

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, kayu manis dikenal bisa dijadikan obat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kayu manis diketahui sangat ampuh untuk mengatasi  batuk kronis. Kayu manis berkhasiat menghangatkan tenggorokan dan tubuh serta bermanfaat meningkatkan energi tubuh sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi dan menyembuhkan batuk. 

6. Belimbing Wuluh

Kredit Foto: matajurnal.com

Belimbing wuluh sering digunakan sebagai bumbu penyedap sayur asam. Belimbing ini memang rasanya luar biasa kecut atau asam, namun dibalik itu belimbing yang sering dijadikan asinan ini sangat manjur dijadikan obat untuk mengusir batuk yang membandel. Cara membuat ramuannya adalah dengan memarut belimbing wuluh terlebih dahulu, kemudian peraslah dan campurkan dengan sedikit garam. Minumlah secara rutin untuk mengusir batuk.

7. Bawang Putih

Kredit Foto: treatcure.com

Bawang putih adalah bumbu dapur penyedap segala jenis makanan. Ternyata bawang putih juga sangat ampuh untuk mengatasi batuk membandel. Bawang putih memiliki sifat hangat dan pedas, sehingga sangat ampuh dalam mengatasi batuk yang disertai rasa gatal di tenggorokan. Bahkan bawang putih diketahui mampu mengatasi batuk dan infeksi tenggorokan dalam waktu yang singkat. Ada berbagai cara memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan batuk, misalnya dengan mengunyahnya secara perlahan, atau merebusnya bersama gula batu dan kemudian meminumnya

Wah, ternyata banyak sekali manfaat bumbu dapur selain sebaagi penyedap masakan ya. Saat kamu batuk, manfaatkan saja tujuh bumbu dapur di atas untuk mengatasainya. Semoga tips dari Omkumis ini bermanfaat untuk kita semua, dan jangan lupa selalu jaga kesehatan ya. Dapatkan info dan tips menarik lainnya seputar kesehatan di sini.