KESEHATAN

Waspada, Inilah 6 Bahaya Makan Terlalu Cepat Yang Mengancam Kesehatan

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Rabu, 27/12/2017 03:43 WIB


Waspada, Inilah 6 Bahaya Makan Terlalu Cepat Yang Mengancam Kesehatan
Om Kumis - Kamu pasti pernah melihat lomba makan cepat, lomba yang seru dan menarik dimana para pesertanya makan banyak dengan secepat kilat seolah tanpa dikunyah dan langsung ditelan begitu saja. Namun sebaiknya hal itu jangan dicontoh dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, karena ternyata makan terlalu cepat tidak bagus untuk dijadikan kebiasaan dan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Proses mengunyah makanan adalah proses penghancuran dan pelembutan sebelum makanan masuk ke organ pencernaan. Nah, makan dengan cepat berarti semakin sedikit makanan yang dikunyah oleh mulut. Padahal, semakin lembut makanan yang dikunyah di mulut maka kerja organ pencernaan tentu akan lebih ringan. Begitu juga sebaliknya, kerja organ pencernaan akan berat saat makanan yang masuk belum hancur atau lembut karena tidak dikunyah terlebih dahulu di dalam mulut.

Nah, jika organ pencernaan bekerja berat maka bisa memicu timbulnya masalah kesehatan. Selain itu masih ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi jika kamu makan terlalu cepat. Apa saja bahaya makan terlalu cepat? Simak penjelasan dari Omkumis di bawah ini.


1. Lidah Tergigit

Kredit Foto: flickr.com

Saat makan terlalu cepat, hal yang paling sering terjadi adalah lidah tergigit. Selain lidah yang tergigit, terkadang kulit bagian dalam pipi juga sering tergigit. Jika terjadi luka akibat tergigit, resiko terbesar adalah terkena penyakit sariawan. Bahkan tak sekedar timbul sariawan, lidah yang tergigit juga bisa menimbulkan infeksi.

2. Tersedak

Kredit Foto: viraldiario.com

Kamu pasti pernah mengalami tersedak kan? Enak nggak? Pasti tidak.  Selain lidah tergigit, hal yang sering terjadi saat kamu makan dengan cepat adalah tersedak. Hal ini wajar mengingat organ pencernaan dipaksa untuk menelan makanan dengan tekstur kasar, sehingga makanan beresiko menyangkut di tenggorokan. Saat makanan nyangkut, muncullah reaksi tersedak. Bahkan tak sekedar tersedak, makanan yang nyangkut di tenggorokan akan mengganggu pernapasan dan bisa menyebabkan kematian. Serem ya!

3. Sakit Perut

Kredit Foto:pinterest.com

Sakit perut terjadi karena adanya gangguan pencernaan. Penyebab terganggunya organ pencernaan adalah karena bekerja terlalu berat. Makanan yang belum lembut ketika masuk ke dalam organ pencernaan akan membuat organ itu bekerja ekstra. Untuk itu, jangan makan terlalu cepat supaya kamu terhindar dari resiko sakit perut seperti mulas, perut kembung, dan nyeri. Semakin lama kamu mengunyah makanan di dalam mulut, maka akan semakin lembut makanan yang mauk ke dalam perut.

4. Nafsu Makan Tidak Terkendali

Kredit Foto: buzzfeed.com

Saat mencerna makanan, organ pencernaan akan mengirimkan pesan kepada otak untuk memberitahu bahwa perut sudah penuh dan kenyang. Nah proses pengiriman pesan itu butuh waktu yang lama. Saat kamu makan dengan santai dan mengunyah makanan dengan lembut, maka ada prgan pencernaan punya waktu yang cukup untuk memberi pesan tadi ke otak. Saat kamu makan dengan cepat maka otak maka kalori akan menumpuk sebelum pesan bahwaperut kenyang itu sampai ke otak. Hal ini membuat kamu belum merasa kenyang dan terus makan.


5. Berat Badan Naik

Kredit Foto: pinterest.com

Saat nafsu makan kamu tak terkendali, maka kamu akan terus merasa lapar dan ingin terus makan. Makan dalam jumlah yang banyak dan sering bisa meningkatkan berat badan secara signifikan. Selain itu, makan terlalu cepat cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori dibanding mereka makan pelan. Banyaknya kalori yang menumpuk inilah yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan


6. Meningkatkan Kadar Stress

Kredit Foto: pinterest.com

Makan terlalu cepat menandakan bahwa kamu sedang tidak tenang. Jika kebiasaan ini terus dilakukan maka resiko stress akan meningkat, karena saat makan kamu tidak fokus pada makanan itu namun malah memikirkan hal yang lain. Berbeda dengan mengonsumsi makanan dengan tenang dan santai, maka otak juga akan ikut tenang dan bisa menurunkan kadar stress.

Nah, sobat Omkumis, itu tadi enam bahaya yang mengancam kesehatan kamu jika kamu makan terlalu cepat. Jadi, hilangkan kebiasaan buruk itu mulai sekarang. Makanlah secara perlahan supaya kamu terhindar dari enam bahaya kesehatan di atas. Dapatkan info-info dan tips menarik lainnya tentang kesehatan di sini.