KESEHATAN

Dibalik Baunya Yang Menyengat, Ternyata Jengkol Memiliki 7 Manfaat Menakjubkan!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Jumat, 29/12/2017 00:30 WIB


Dibalik Baunya Yang Menyengat, Ternyata Jengkol Memiliki 7 Manfaat Menakjubkan!
Om Kumis - Apakah kamu salah satu penggemar jengkol? Ya, jengkol memang sangat nikmat setelahdiolah menjadi semur, rendang, balado, hingga keripik. Namun bagi kebanyakan orang, makan jengkol sangat menyebalkan dan mengganggu karena aroma mulut yang menyengat dan nggak sedap. Bahkan banyak orang yang merasa malu atau nggak pede setelah makan jengkol.

Namun tahukah kamu bahwa dibalik baunya yang menyengat tersebut, terkandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika kita rutin mengonsumsi jengkol. Bahkan, jengkol bisa disebut sebagai buah ajaib. Dalam jengkol diketahui mempunyai kandungan berbagai vitamin, asam jengkolat, mineral, dan serat yang tinggi, dimana semua nutrisi itu sangat bagus dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, mulai sekarang jangan malu lagi untuk makan jengkol karena dibalik baunya yang nggak sedap itu ternyata jengkol memiliki khasiat ampuh untuk kesehatan. Mau tau apa saja manfaat jengkol untuk kesehatan? Simak penjelasan singkat khas Omkumis di bawah ini.

1. Mencegah Anemia

Kredit Foto: thepicta.com

Jengkol diketahui kaya akan zat besi. Nah, jika tubuh kita kekurangan zat besi maka produksi sel-sel darah merah akan berkurang dan bisa mengakibatkan anemia alias kekurangan darah merah. Dengan mengonsumsi jengkol maka kekurangan produksi sel darah merah di dalam tubuh bisa dicegah.

2. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kredit Foto: viralxfiles.com

Jengkol memeiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Bahkan kandungan protein dalam jengkol ternyata jauh lebih tinggi  dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai. Protein tinggi  ini sangat bermanfaat dalam pembentukan jaringan dalam tubuh.


3. Melancarkan Peredaran Darah

Kredit Foto: emaze.com

Kandungan mineral pada jengkol bisa membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar. Rutin mengonsumsi jengkol sangat bagus karena bisa mencegah penyempitan pembuluh darah. Selain mencegah penyempitan pembuluh darah, mineral dalam jengkol bisa melebarkan pembuluh darah yang menyempit.


4. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Kredit Foto: medgid.com

Penyakit jantung koroner diakibatkan karena aliran darah ke jantung yang tidak lancar karena penyempitan pembuluh darah. Salah satu zat yang bisa mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah adalah asupan mineral yang cukup. Dalam jengkol terkandung mineral yang tinggi sehingga bisa mencegah dan mengatasi penyempitan pembuluh darah. Selain itu mengonsumsi jengkol membuat pembuangan urine menjadi lancar yang sangat berguna untuk para penderita penyakit jantung.


5. Anti Oksidan

Kredit Foto: pinterest.com

Dalam jengkol terkandung vitamin A dan vitamin C dengan kadar cukup tinggi. Kedua vitamin itu dikenal sebagai antioksidan yang ampuh. Mengonsumsi jengkol dengan rutin membuat tubuh terbebas dari zat radikal bebas.

6. Mencegah Diabetes

Kredit Foto: somanao.com

Diabetes timbul karena tidak terkontrolnya gula darah. Kandungan asam dan mineral dalam jengkol bisa mengontrol kadar gula dalam darah. jengkol memang mengandung gula, namun gula dalam jengkol akan berubah menjadi energi atau tambahan tenaga sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.


7. Melancarkan Pencernaan

Kredit Foto: baomoi.com

Jengkol mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Lancarnya pencernaan dipengaruhi oleh banyak tidaknya serat yang kita konsumsi. Mengonsumsi jengkol membuat pencernaan menjadi lancar.


Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat jengkol untuk kesehatan. Meskipun baunya menyengat, ternyata manfaatnya sedap. Nah, mulai sekarang nggak usah malu lagi ya makan jengkol. Semua demi kesehatan kita. Dapatkan info-info menarik dan tips seputar kesehatan, di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}