KESEHATAN

Sering Menahan Kencing? Waspadai 7 Bahaya dan Resikonya Ini

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 31/12/2017 23:52 WIB


Sering Menahan Kencing? Waspadai 7 Bahaya dan Resikonya Ini
Om Kumis - Buang air kecil alias kencing adalah sebuah proses pembuangan kotoran dan sisa – sisa pencernaan yang sudah selesai disaring dan dibersihkan oleh tubuh melalui pengeluaran urin. Hal ini merupakan proses alami dan harus dilakukan setiap hari dengan frekuensi tertentu sehingga semua limbah dalam tubuh bisa keluar melalui urin atau air seni. Proses pembuangan urin yang lancar ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. 

Namun  pada kenyataannya banyak orang, mungkin termasuk kamu, sering menahan kencing karena berbagai alasan biarpun sudah kebelet. Entah karena macet di jalan, sedang melakukan pekerjaan yang tak bisa ditunda, dan berbagai alasan lainnya. Terkadang proses menahan kencing ini bisa dalam waktu yang lama. Kamu tahu nggak, bahwa kebiasaan menahan kencing terlalu lama bisa menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan kamu?

Kalau kamu terus-terusan menahan kencing, tanpa kamu sadari kamu terancam oleh berbagai penyakit yang berujung pada komplikasi. Serem kan? Nah, mulai sekarang tinggalkan kebiasaan buruk itu supaya kamu terhindar dari ancaman penyakit. Lalu apa bahayanya jika kita terlalu sering menahan kencing? Melalui penjelasan di bawah ini Omkumis akan sampaikan betapa berbahayanya dan beresikonya jika kamu menahan kencing terlalu lama. Simak baik-baik ya.


1. Nyeri Perut dan Pinggang

Kredit Foto: ansa.it

Kamu yang terlalu lama menahan kencing pasti pernah merasakan betapa sakit dan nyerinya perut atau pinggang saat menahan kencing. Waspadalah, nyeri itu juga bisa disebabkan oleh adanya batu ginjal dalam tubuh kamu.


2. Batu Ginjal

Kredit Foto: pinterest.co.uk

Terlalu lama menahan kencing akan menyebabkan penumpukan urin didalam ginjal. Urin yang meumpuk itu akan menggumpal dan mengeras sehingga bisa menjadi batu. Inilah yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Semakin lama didiamkan maka akan mengakibatkan batu ginjal semakin sulit untuk dipecahkan.


3. Infeksi Ginjal

Kredit Foto: pinterest.com

Seperti sudah dijelaskan di atas, proses terbentuknya batu ginjal bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk kamu yang sering menahan kencing. Jika batu ginjal ini tak segera dihancurkan, dan kamu masih sering menahan kencing maka bakteri yang bersarang di ginjal akan merajalela dan mengakibatkan terjadinya infeksi pada ginjal. Salah satu ciri ginjal yang sudah terinfeksi bakteri adalah timbulnya asa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil, serta adanya pendarahan saat kencing.


4. Gagal Ginjal

Kredit Foto: yasemin.com


Ketika ginjalmu sudah terinfeksi dan kamu masih saja melakukan kebiasaan menahan kencing, maka bahaya besar akan mengintai kamu. Ginjal kamu bisa rusak dan tak berfungsi normal atau yang sering disebut dengan gagal ginjal. Hingga saat ini penyakit gagal ginjal sangat sulit untuk disembuhkan dan termasuk penyakit yang mematikan. Amit-amit!


5. Anyang-Anyangan

Kredit Foto: amadothailand.com

Apakah kamu pernah merasakan ingin kencing terus-terusan, tapi air kencing yang keluar hanya sedikit? Selain itu ada rasa sakit dan nyeri saat kencing? Itulah yang dinamakan dengan ‘anyang-anyangan’. Penyakit ini memang tidak berbahaya namun sangat menyebalkan. Selain itu anyang-anyangan adalah penanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih. Nah, masih mau menahan kencing?


6. Infeksi saluran kemih

Kredit Foto: pinterest.com

Terlalu lama menahan kencing akan menyebabkan berkumpulnya bakteri di kandung kemih. Saluran kemih atau uretra adalah tabung yang mengangkut urin dari kandung kemih ke luar . Nah, semakin lama urin ditahan maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan bakteri yang akan menyebabkan infeksi pada saluran kemih


7. Mengganggu Organ Pencernaan

Kredit Foto: lifescript.com

Seperti sudah dijelaskan di awal, proses pembuangan urin yang lancar ini menandakan bahwa sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh bekerja dengan baik dan normal. Nah jika kamu masih sering menahan kencing maka organ-organ pencernaan seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing bakal terganggu fungsinya.Terganggunya organ pencernaan tentunya akan menyebabkan terganggunya proses pencernaan dalam tubuh. Menahan kencing terlalu lama membuat proses pencernaan menjadi tertunda karena kotoran yang seharusnya dibuang masih tertahan.


Wah, ternyata banyak banget bahaya dari menahan kencing terlalu lama. Meski terlihat sepele, ternyata resiko sangat membahayakan. Mulai sekarang, hilangkan kebiasaan buruk menahan kencing terlalu lama ya sobat Omkumis. Dapatkan info-info dan tips menarik lainnya seputar kesehatan, di sini.