KESEHATAN

Inilah 5 Minuman Pengganti Kopi Yang Ampuh Untuk Usir Kantuk. Wajib Coba!

 I Hanta Dri
I Hanta Dri,
Minggu, 07/01/2018 14:42 WIB


Inilah 5 Minuman Pengganti Kopi Yang Ampuh Untuk Usir Kantuk. Wajib Coba!
Om Kumis - Apa jawabanmu ketika ditanya tentang minuman apa yang bisa mengusir kantuk? Jawaban pertama pastilah: kopi! Ya, kopi memang dikenal sebagai minuman pengusir rasa kantuk. Mengawali pagi dengan menyeruput secangkir kopi panas dan menyesap secangkir kopi di sore hari untuk menghilangkan kantuk sudah menjadi rutinitas yang hampir tak pernah terlewatkan bagi sebagian orang. Minum kopi saat ini bukan lagi sekedar untuk menghilangkan haus dan mengusir kantuk saja, melainkan sudah menjadi budaya.

Selain sebagai pengusir rasa kantuk, minum kopi secara rutin juga bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari pencegah depresi, menurunkan resiko kanker, meningkatkan metabolisme tubuh, hingga mencegah parkinson, dan masih banyak lagi manfaatnya. Namun tetap harus disadari bahwa ada beberapa dampak buruk jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kopi. Terganggunya fungsi jantung, naiknya tekanan darah adalah sebagian kecil efek buruk yang ditimbulkan oleh konsumsi kafein yang berlebih.

Jika sudah demikian, maka tak ada cara lain selain harus mengurangi konsumsi kafein, yang artinya harus mengurangi minum kopi. Duh, mana bisa? Ya, bagi para pecandu kopi tentu sulit untuk meninggalkan kebiasaan dan kenikmatan menyesap kopi. Namun jika alasan minum kopi hanya untuk menghilangkan kantuk saja, sudah saatnya kamu mengurangi kecanduan kopi dengan beralih mengonsumsi minuman pengganti kopi yang juga bisa mengusir rasa kantuk ini. Yuk, langsung simak penjelasan khas Omkumis di bawah ini.


1 . Cokelat Panas

Kredit Foto: pinterest.com

Cokelat panas bisa menjadi minuman alternatf untuk menggantikan kopi. Sesaplah nikmatnya dark chocolate untuk mengusir rasa kantuk yang menyerang. Di dalam dark chocolate terkandung zat besi, kafein, dan magnesium yang ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Mengonsumsi dark chocholate bisa membuat strees kamu berkurang dan tekanan darah menjadi turun. Selain itu secangkir cokelat panas juga bisa memperbaiki mood kamu untuk menjalani aktivitas.

2. Susu Cokelat 

Kredit Foto: drhealthbenefits.com

Banyak orang yang beranggapan bahwa minum susu cokelat bikin ngantuk. Ternyata susu cokelat yang diminum saat masih hangat juga bisa untuk mengusir rasa kantuk, lho. Tahukah kamu, dalam susu cokelat diketahui terkandung zat dopamin yang merupakan stimulan untuk melawan datangnya rasa kantuk. Minum susu cokelat bikin badan jadi segar kembali.


3. Teh Hijau

Kredit Foto: pinterest.com

Teh hijau alias green tea adalah minuman pengganti kopi yang aman untuk dikonsumsi. Di dalam teh hijau terkandung kafein yang jumlahnya lebih sedikit dari biji kopi, sehingga rasa kantukmu akan terusir seperti saat kamu mengonsumsi kopi. Selain itu teh hijau mengandung antioksidan alami serta mempunyai khasiat menurunkan berat badan.


4. Yoghurt

Kredit Foto: pinterest.com


Selain nikmat dan segar, ternyata yoghurt bisa dijadikan sebagai minuman pengusir kantuk. Dalam yoghurt terkandung gula alami dan protein yang dapat membuat tubuh lebih segar. Apalagi jika kamu mengkonsumsi yoghurt dingin, pasti lebih segar. Selain itu, probiotik bakteri dalam yoghurt juga sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan.


5. Teh Mint

Kredit Foto: pinterest.com

Seperti halnya teh hijau, teh mint juga berkhasiat untuk menghilangkan rasa kantuk. Saat kamu minum secangkir teh mint, rasa kantuk kamu akan hilang dan kamu akan diliputi oleh rasa tenang karena aroma mint yang dihasilkan minuman ini. Teh mint juga berguna untuk mencegah kelelahan sehingga badan kamu akan terasa segar dan tidak mengantuk.


Wah, ternyata banyak juga ya minuman selain kopi yang bisa untuk mengusir rasa kantuk. Nah, bagi kamu yang ingin mengurangi kopi atau bahkan sudah nggak boleh minum kopi karena masalah kesehatan, lima minuman lezat di atas bisa jadi alternatif pengganti kopi. Selamat mencoba! Dapatkan informasi dan tips-tips bermanfaat seputar kesehatan, di sini.

Trending

  • {{ trend.numb }}